Monday, February 13, 2012

Fantasy Fiesta 2011

Fantasy Fiesta 2011
Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011

  
Ini mungkin buku pertama dengan genre fantasi buatan anak negeri yang aku baca, tadinya aku membayangkan akan mendapatkan cerita seperti layaknya dongeng dengan peri, penyihir,atau bahkan cerita semacam alien atau robot. Tetapi dengan membaca buku ini satu lagi yang akhirnya aku ketahui, bahwa cerita fantasi itu bukan hanya dongeng, tapi semua cerita fiksi yang diluar batas akal tetapi dengan alur yang dapat diterima itu adalah fantasi. Ahhhh... berasa jadi orang bodoh :D

Jadi mengetahui hal itu, mungkin saja ini sebenarnya bukan buku cerita fantasi pertama yang aku baca :D

Karena ini berupa cerita pendek, jadi aku akan mengulasan satu persatu judul. 

1. Bentala Imaji

Awal baca, sempet bingung dan sempat bertanya dimana letak fantasinya yah… sampai akhirnya memutuskan baca ulang hehehe…  dan baru ngeh! *lemotnya dirikuuuu*

Bentala imaji, satu cerita yang menggambarkan bahwa kita harus berusaha untuk meraih mimpi. Tidak hanya sekedar pandai bermimpi atau merajut imajinasi. Tapi dengan terus berusaha dan tidak mudah untuk menyerah.

Pesannya dalem, dan dituturkan dalam sebuah cerita yang menarik. Walau awalnya bikin sedikit bingung. Hehehe ^^

2. Bhupendra Gagan

Satu kata, KEREN!

Bercerita tentang titah raja Bhupendra Gagan yang awalnya terdengar konyol dan tidak masuk akal. Mengubah kebiasaan yang telah tertanam sejak lahir sudah pasti sangat sulit sekali. Tapi dengan ancaman terbunuh, mau tak mau semua penduduk sebuah negeri mematuhinya. Titah itu membuat banyak sekali nyawa melayang, dan karenanya banyak juga dendam yang tertanam karena kehilangan orang-orang tersayang.

Tapi kemudian, waktu berlalu dan ternyata titah itu menghasilkan banyak kebaikan bagi negeri tersebut. Hal yang sulit untuk dipercayai, tapi itulah yang terjadi. Dan tidak hanya itu, sang rajapun *Bhupendra Gagan* juga harus kehilangan orang-orang terkasihnya karena titahnya itu sendiri.

Kisah yang menurut aku lebih seperti legenda. Yang membuat aku bilang keren adalah makna yang tersimpan dari cerita itu seperti menjadi alarm untuk pembacanya, bahwa semua yang kita rasa menjadi milik kita sebenar-benarnya bukanlah milik kita, tapi milik dari Sang Empunya segala ^^

3. Dongeng Kanvas

Cerita yang benar-benar mengajak untuk berfantasi, tentang gadis buta *hanya melihat warna hitam* yang dapat melukis dengan begitu indah. Awalnya ia melukiskan apa yang bisa disentuhnya melalui semua indra perasa yang ia miliki. Hingga akhirnya ia mendapatkan tantangan untuk melukis tentang peri! Peri yang menurutnya tak nyata dan hidup di dalam negeri dongeng. Hingga satu waktu, ia benar-benar bersentuhan dengan dunia peri. Dan ia akhirnya dapat menaklukkan tantangan itu.

Cerita tidak hanya berakhir pada berhasilnya gadis buat menaklukkan tantangan. Tapi masih ada kejutan diakhir cerita, ini yang aku suka ^^

4. E (EPSILON)

Baca paragraf-paragraf pertama, yang kebayang pertama film xXx karena penggambaran kantor bawah tanah di lahan pertanian, kemudian X-Men dari penggambaran tokoh yang bisa membakar melalui pengelihatannya.

Petualangan tentang seorang anak dengan kelebihan dapat membakar benda apa saja didepannya ketika emosinya memuncak. Ditangani oleh kelompok agen rahasia agar ia mampu mengendalikan kekuatannya itu. Tetapi ternyata letak konflik bukan disitu, ada kejutan-kejutan sebelum akhir cerita. Dan itu menyenangkan, walau endingnya mungkin aku rasa sedikit nggantung ya >,<

5. Enam Belas Menit

Cerita dengan judul Enam Belas Menit ini langsung ngingetin aku ama film If Only. Jika di film itu pengulangan kejadian hanya satu kali, tapi di cerita ini pengulangan itu terjadi berkali-kali.
Tentang seorang suami, yang melihat istrinya meninggal secara mendadak. Dan ketika ia tidak terima dengan apa yang terjadi, ia seperti terbangun dari mimpi dan mendapati kejadian yang sama. Hingga akhirnya kejadian itu berulang terus. Ia sadar telah mengulangi kejadian selama 16 menit sebelum istrinya meninggal, dan selama 16 menit itu ia terus mencari cara untuk menyelamatkan nyawa istrinya. Sampai kapan? Nah disitulah cerita ini menggantung >,<

6. Hari Terakhir Ishan

Kalau untuk cerita ini, begitu baca dan menangkap maksud dari cerita yang keinget salah satu komik *lupa judulnya :D* Tentang, seorang gadis yang ditakdirkan lahir dan nantinya menjadi penyelemat rakyatnya dengan jalan mengorbankan diri dengan menjelma menjadi pohon yang menopang dunia tempat rakyatnya tinggal.

Konfliknya adalah ketika gadis tersebut mengenal yang namanya cinta. Ia menjadi berat dalam menjalani takdirnya itu. Endingnya, sebenarnya mengharapkan sesuatu yang berbeda dan mengejutkan, tapi untuk cerita ini endingnya bagiku sedikit mudah ditebak. :)

7. Hikayat Pungguk Merindukan Bulan

Kalau kita tahu bahwa kalimat "pungguk merindukan bulan" adalah sebuah peribahasa, tetapi di cerita ini kalimat tersebut bisa diartikan yang sebenarnya. Adalah makhluk rimba (pungguk) yang akhirnya bertemu dengan makhluk luar angkasa. Makhluk luar angkasa yang akhirnya tinggal bersama dengan si pungguk, namun pada akhirnya makhluk itu harus pergi juga. Dan disinilah bagaimana cerita pungguk menjalani hidupnya kemudian.

8. Kembali ke Morova

Salah satu cerita horor di buku ini, yang awalnya tidak mengira bahwa ini adalah cerita horor. Awalnya bercerita tentang seseorang yang kembali ke suatu tempat setelah perang usai (bukan tempat tinggalnya, tetapi tempat kekasihnya berada) dan sebelum sampai ia sudah tergeletak di pinggir rel kereta dan semua barang yang dibawanya telah tidak ada.

Kemudian ia memutuskan untuk jalan kaki (berlari) menuju kota tujuannya. Sesampainya di sana kejutan demi kejutan ia dapatkan. Hingga kejutan terakhir adalah bahwa sebenarnya dirinya sudah meninggal dunia.

Cara penulis menenpatkan kejutan-kejutan diakhir cerita cukup menarik walau ada yang mudah tertebak, yaitu alasan mengapa ia kembali ke kota tersebut. :D

9. Kisah Sang Kerudung Merah

Layaknya dongeng yang sudah ada sebelumnya, kisah kerudung merah yang diceritakan di sini juga sama. Tentang seorang gadis yang menggunakan kerudung masuk ke dalam hutan dan diserang oleh serigala. Hanya saja yang berbeda di sini adalah cerita yang tersembunyi mengapa ia sampai masuk ke dalam hutan dan tentang siapa sebenarnya serigala yang menyerangnya.

Menarik, menjadikan cerita anak-anak sebagai ide tetapi menambahkan sesuatu yang bisa menjadikannya sebagai cerita yang berdarah-darah. :)

10. Leyl-Hasrat Bebas

Bercerita tentang manusia-bintang, makhluk yang bisa berubah dari manusia menjadi binatang dan sebaliknya. Hasrat Bebas disini adalah saat manusia keturunan manusia binatang pada waktunya harus memilih antara menjadi manusia atau manusia binatang.

Cerita yang dipaparkan tentang memilih keinginan hati yang kadang bertentangan dengan keinginan kelompok. Ketika pilihan diambil pasti ada konsekuensinya, dan itu yang akan dihadapi.  Endingnya mungkin menggantung namun kita diberikan kejutan tersendiri.

11. Menuju Akhir Masa

Menarik. Itu satu kata untuk cerita ini. Bercerita tentang seorang yang mengalami kecelakaan, dan setelah itu ia bertemu dengan Iblis dan Malaikat. Iblis menawarkannya untuk kembali menjalani dunianya, dengan satu perjanjian. Intinya ia harus memilih antara menjual jiwanya pada Iblis atau meninggal dengan penuh kedamaian.

Dalam cerita ini, ingin menunjukkan bagaimana ketika amarah menguasai diri dan harus mengambil keputusan, serta bagaimana setiap keputusan akan menghasilkan konsekuensi tersendiri.

Dengan kejutan di ending lebih memberi nilai lebih untuk cerita satu ini. :)

12. Misteri Pulau Goudian

Kisah petualangan seorang kapten kapal dalam mencari sebuah pulau, sebuah pulau yang tak kasat mata. Cerita diawali dengan seorang kapten yang akhirnya menjadi berubah setelah menemukan pulau tersebut, ia kembali ke negaranya dengan keadaan semua awak kapalnya tewas terbunuh. Dan kapten tersebut mengakui dialah yang bertanggung jawab atas kematian awak kapalnya.

Hingga akhirnya, seorang kapten baru yang juga merupakan murid dari kapten yang akan dihukum mati karena membantai anak buahnya itu mendapatkan tugas yang sama, mencari pulau Goudian. Dari cerita kapten baru inilah terungkap apa yang sebenarnya terjadi.

Pesan yang disampaikan begitu mendalam belum lagi yang benar-benar dituliskan diakhir cerita.

13. Neil/Lien

Bercerita tentang seorang anak yang dianggap aneh karena berbicara sendiri. Awalnya aku mengira ini cerita tentang anak yang berkepribadian ganda, ternyata bukan seperti itu. Ia seperti memiliki seorang kembaran yang hidup dalam tubuhnya dan tidak mempengaruhi atau mengontrol tindakan anak tersebut. Jadi berbeda dengan kepribadian ganda.

Yang menarik adalah ketika awalnya mengira bahwa bayangan yang berbisik itu tidaklah nyata, ternyata suatu ketika bayangan itu menjelma menjadi suatu yang nyata, tetapi hanya dapat dilihat melalui cermin, dan bayangan itu menyelamatkan anak tersebut dari seorang yang bermaksud jahat.

Yang aku suka adalah kalimat : “Hanya saat sesuatu hilang, seseorang mengingat lebih banyak hal baik tentangnya, dan merasa sedih serta menyesal.” :)

14. Noel

Manusia menciptakan manusia, bisakah? Cerita ini mengingatkan pada film terminator, tetapi kemudian ini bukan robot yang berbentuk manusia, tetapi menciptakan manusia melalui penggabungan ilmu pengetahuan dan ilmu magis. Tetapi apa yang terjadi ketika manusia menciptakan manusia? Itu yang coba ditunjukkan melalui cerita ini.

Ending yang sedikit mengambang, tetapi tetap memberi sesuatu yang berbeda.

15. Oris

Membaca cerita ini, yang pertama keinget adalah cerita upik abu atau cinderella, yang berbeda jika upik abu harus tinggal dengan ibu tiri cerita ini harus tinggal dengan bibi dan pamannya yang ingin mengambil alih harta peninggalan. Oris, bukanlah anak yang harus tinggal bersama bibinya, tetapi ia seekor kucing. Yang ternyata bukan kucing biasa. Kucing yang nantinya akan menyelamatkan si “upik abu” dari kesengsaraannya. :)

16. Petra

Seperti disebutkan dalam tulisan pertama bahwa cerita ini adalah kompanyon untuk buku seri Xar & Vichattan. Buku yang belum aku punya dan belum aku baca. :) Tetapi untuk menikmati cerita pendeknya ini tidak harus sudah membaca bukunya, walau awalnya nama-nama yang tertera begitu rumit untuk disebutkan, bagiku :D

Bercerita tentang Kuil Xar dan pemilihan ketuanya.Kuil Xar yang terdapat dua disiplin yaitu Es-Xar dan Ka-Xar. Tidak disebutkan tentang perbedaan dua disiplin tersebut, maupun pertentangan antara keduanya. Hanya disebutkan bahwa Pemimpin dua disiplin itu tidak dapat membaur (mungkin diartikan menikah) dengan Pemimpin dari kuil Xar, juga tidak bisa membaur antar pemimpin disiplin.

Nah dari peraturan tersebutlah timbullah konflik, bukan konflik yang menentang peraturan itu, tetapi ketika dua anggota Xar yang awalnya ingin membaur ternyata salah satunya melakukan tindakan yang tidak dapat dimengerti oleh semua anggota yang lain.

Endingnya, bagi aku sedikit menggantung, atau sebenarnya dapat ditemukan didalam bukunya ya… Hmmm.

17. Selamanya Bersamamu

Sebuah cerita cinta yang cukup unik. Tentang penguasa kegelapan, yang kalah dan di tahan oleh penguasa cahaya. Kisah cintanya terdapat pada saat ia di tahan, ia harus terpenjara dalam pengawasan seorang yang begitu menggilainya. Seseorang yang melakukan apapun untuk dapat bersamanya. Yup, seorang yang terobsesi akan cinta. :)

18. Selamat datang di Wonderland

Tentang sebuah sebuah dunia bernama wonderland. Jika mendapati kata wonderland pasti yang terpikir adalah dunia yang indah dan menyenangkan banyak permainan menarik tetapi berbeda dengan dunia yang satu ini. Perbedaannya adalah permainan yang menarik di sini karena semuanya adalah nyata, jika terdapat monster-monster dan akan terjadi luka maka semua itu benar-benar terjadi bukan hanya sebuah permainan.

Seorang yang dulunya hidup di bumi sebagai preman akhirnya karena sebab tertentu tinggal di wonderland. Ia sangat ingin keluar dari dunia itu, karena menurutnya semua yang ada di situ tidaklah waras. Ia tidak ingin menjadi salah satu dari mereka. Sampai dengan satu kejadian yang mengubah semuanya. Seru!! :)

19. Tukang Sapu

Bercerita tentang seorang tukang sapu dan segala pikirannya, hingga ada seorang pemuda yang menghampirinya untuk berbincang. Dari sinilah terkuak siapa sebenarnya si tukang sapu ini.
Banyak hal menarik di tuliskan dalam cerita ini. Ada satu baris kata yang aku suka “Mentalis menengah bawah dengan kemampuan finansial menengah atas merupakan kombinasi paling buruk.”

Dan ending yang benar-benar memberi kejutan tersendiri, suka banget!

20. Wanita Pembisik


Berkisah tentang penyihir yang ingin menjadi wanita pembisik. Ia melakukan perjanjian dengan seorang wanita pembisik, jika ia telah dapat menuntaskan dendamnya maka ia dapat menjadi wanita pembisik.


Banyak hal ia hadapi sebelum akhirnya ia menguasai ilmu sihirnya, dan sebelum akhirnya bertemu dengan wanita pembisik. Hingga akhirnya ketika ia akan membalaskan dendamnya sesuatu yang mengejutkan terjadi. Dan itu menjadi ending yang mengejutkan diakhir cerita.

Jika membaca sebuah novel pada akhir setiap babnya kita mengharapkan sesuatu yang akhirnya membuat kita membaca bab berikutnya. Maka untuk sebuah cerita pendek, yang diharapkan pada akhir cerita adalah twist. Sesuatu yang tidak di duga oleh pembaca selama membaca cerita tersebut. Dan dari buku ini, beberapa judul memberikan kejutan-kejutan terbaiknya.


Membaca tulisan para jurinya, sepertinya bisa memahami mengapa yang memenangkan kontes adalah 17 peserta tersebut. :) 

Tiga bintang untuk Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011 ini ^^


Judul : Fantasy Fiesta 2011, Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011
Penulis : Para Juri dan 17 Pemenang Kontes Fantasy Fiesta 2011 
Tebal : 325 Halaman.
Penerbit : Andhika Pustaka
ISBN : 9789791999351

8 comments:

  1. jadi, 3 cerpen fave yg sama denganku apa aja nih? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sama :
      Bhupendra Gagan
      Menuju Akhir Masa
      Misteri Pulau Goudian
      Dua yang lain :
      Dongeng Kanvas
      Tukang Sapu

      Delete
  2. Sankyu komen dan repiunya Mbak Inge! m(_ _)m

    ReplyDelete
  3. tiga bintang, kalau paling banyak berapa bintang mbaak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiga bintang dari lima bintang dek... :)
      ngikut bintang yg ada di Goodreads(dot)com :D

      Delete