Saturday, November 7, 2015

The Lunar Chronicles - Cinder

Apakah kalian tahu dongeng Cinderella? Yup, dongeng sepanjang masa tentang seorang gadis yang memiliki ibu tiri dan saudara tiri yang awalnya begitu baik namun ketika ayahnya meninggal ia dijadikan tak ubahnya pelayan di rumahnya sendiri.

Pernah membayangkan jika Cinderella adalah manusia cyborg? Yup, manusia dengan sebagian tubuhnya adalah mesin, manusia setengah robot.

Jika cinderella adalah cyborg pasti kalian bertanya-tanya bagaimana jalan dengan ibu peri, bagaimana dengan pangeran. Penasarankan?


Judul : The Lunar Chronicles - Cinder
Penulis : Marissa Meyer
Penerbit : Spring

Sinopsis :

Humans and androids crowd the raucous streets of New Beijing. A deadly plague ravages the population. From space, a ruthless lunar people watch, waiting to make their move. No one knows that Earth’s fate hinges on one girl.

Cinder, a gifted mechanic, is a cyborg. She’s a second-class citizen with a mysterious past, reviled by her stepmother and blamed for her stepsister’s illness. But when her life becomes intertwined with the handsome Prince Kai’s, she suddenly finds herself at the center of an intergalactic struggle, and a forbidden attraction. Caught between duty and freedom, loyalty and betrayal, she must uncover secrets about her past in order to protect her world’s future.

****

Cinder, seorang mekanik handal yang tinggal bersama ibu dan dua saudara angkatnya. Ayah yang telah mengangkatnya telah meninggal sehingga ia dijadikan layaknya pelayan di rumahnya sendiri. Walau salah satu saudara angkatnya begitu baik padanya, namun tetap saja perlakuan ibu angkatnya membuatnya tak tahan lagi dan membuatnya merencanakan untuk kabur. Waktu yang tepat untuk rencana kaburnya sudah ada di depan mata, yaitu ketika kerajaan mengadakan pesta dansa dan mengundang semua rakyat di negeri itu. Tentu saja oleh ibu angkatnya Cinder tetap diperbolehkan untuk ikut pergi dengan memberikan syarat-syarat yang tak masuk akal yang tentunya sulit untuk Cinder penuhi. Maka saat semua keluarganya pergi ke pesta dansa ia memutuskan saat itulah yang tepat untuk dirinya kabur.

Namun banyak kejadian yang terjadi sebelum akhirnya rencananya itu dapat dijalankan. Diawali dengan datangnya Pangeran Kai ke bengkel tempat Cinder biasa bekerja. Cinder yang begitu rendah hati menutupi kalau dirinya adalah seorang cyborg dari Pangeran Kai. Yup, Cinder adalah seorang cyborg, dimana sebelah tangan dan kakinya berupa mesin, begitu juga otaknya yang memungkinkan dia untuk mengolah data dengan cukup memintanya, ia bagai google berjalan. Karena di masa itu cyborg bisa dikatakan sebagai warga kelas bawah.

Selain bertemu dengan Pangeran Kai, Peony saudara angkat Cinder yang baik padanya tiba-tiba terserang penyakit yang mematikan yang tengah melanda Negeri tersebut ketika sedang bersamanya. Karena itu ia yang disalahkan oleh ibu angkatnya dan akhirnya mengirimnya sebagai relawan untuk penelitian pencarian obat untuk penyakit yang tengah melanda Negeri tersebut. Dan ditempat penelitian tersebut akhirnya dia sering bertemu dengan Pangeran Kai.

Cerita ini bersetting di masa perang dunia ke empat, dan masa itu dunia hanya terbagi menjadi enam Negara. Dan bumi tengah berhadapan dengan dunia bulan. Yup, bulan telah berpenghuni, dan Ratunya memiliki kemampuan untuk memanulasi pikiran orang lain. Ratu Bulan tengah mengadakan negosiasi dengan bumi, dan salah satunya dengan kerajaan New Beijing, tempat Cinder berada. Dalam negosiasi tersebut Ratu Bulan mengincar kedudukan sebagai istri Pangeran Kai. Terlebih ketika akhirnya Ayah dari Pangeran Kai, Raja New Beijing, akhirnya meninggal karena serangan wabah penyakit. 

Pangeran Kai, yang harus menggantikan Ayahnya dibuat bingung dengan negosiasi ini. Di satu sisi dia ingin menyelamatkan warganya, namun di sisi lain menikahi Ratu bulan bisa membawa dampak yang tak jauh buruk.

***

Kisah Cinder ini dari awal cukup menarik dan membuat penasaran. Mulai dari bagaimana rencana Cinder untuk membantu saudara angkatnya Peony, sampai apa sikap yang akan diambil oleh Pangeran Kei.

Ada kejutan-kejutan kecil disetiap sisi cerita yang membuat saya tak bosan untuk membacanya. Walau mungkin kalau cukup jeli juga akan menemukan beberap spoiler dari cerita ini untuk menebak apa yang akan terjadi selanjutnya.

Suka dengan bagaimana hubungan Cinder dengan Pangeran Kai, walau Cinder langsung menyukai Pangeran Kei ketika datang ke tempat kerjanya, namun perkembangan hubungan mereka dikemas cukup menarik dan juga lucu.

Pengembangan dari cerita Cinderella sendiri cukup memukau dengan lompatan jaman, benar-benar diluar ekspektasi bahwa dunia Cinderella yang digabungkan dengan dunia cyborg menjadi begitu menarik.

Cerita ini tentunya tidak berdiri sendiri, akan ada 3 buku lain yang juga mengambil tema dari dongeng yang berbeda. Buku Cinder ini akan di terbitkan oleh Penerbit Spring, dan disusul tiga buku lainnya Scarlet, Cress dan Winter.

Aaaak, jadi nggak sabar nunggu buku selanjutnya.


No comments:

Post a Comment