Tuesday, January 31, 2012

Ti Amo, Tia Amoria

Ti Amo,
Tia Amoria


Novel terbaru dari Karla M. Nashar. Di novel terbarunya ini, menurut saya sedikit berbeda daripada novel sebelumnya. Memang masih bertemakan cinta seperti yang lalu, tetapi di novel ini Karla lebih menggali lebih dalam dari sisi emosi di tiap karakter utamanya.

Selain itu, ada beberapa bagian dari cerita di mana Karla mengajak pembaca untuk menebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi. Walau memang sedikit mudah di tebak, tapi tetap melalui cerita-cerita yang disajikan tidak lantas membuat pembaca bosan.

Walau ending yang diberikan memang happy ending seperti yang banyak terjadi, tetapi tetap ada kejutan sebelum cerita benar-benar berakhir. Disitu menurut saya membuatnya menjadi nilai lebih dari novel ini.

***
Bercerita tentang seorang perempuan mapan, bernama Tia. Ia yang karena masa lalunya menjadi tak percaya lagi pada makhluk yang bernama laki-laki, tentu tidak percayanya dalam hal cinta. Ia memiliki sebuah janji pada dirinya sendiri, akan tetap sendiri tanpa laki-laki dalam hidupnya. Ia hanya hidup bersama seorang gadis kecil bernama Alila, dan seorang pengasuh, Bi Lesti.

Tia yang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Bali akhirnya memboyong Alila dan Bi Lesti untuk ikut dan tinggal di Bali. Dan disinilah cerita bermula. Ketika Alila bertemu dengan seorang lelaki bernama Marco Dante.

Tetapi semua tak berjalan seperti kebanyakan cerita, dimana mereka bertemu dan jatuh cinta. Tidak seperti itu. Banyak kejadian yang mereka lalui, malah awal-awal perkenalan mereka banyak kejadian yang akhirnya membuat Tia menjadi anti pati pada Marco.

Sedang tentang Marco, diceritakan tentang lelaki yang tengah patah hati karena ditinggalkan oleh tunangannya satu bulan sebelum acara pernikahan yang mereka rencanakan. Marco yang kembali ke Bali untuk melanjutkan pekerjaan yang sudah dua tahun ditinggalkannya sejak pernikahannya yang gagal bertemu dengan Tia, yang ternyata tinggal di bawah unit tempat tinggalnya.

Banyak kejadian lucu yang disuguhkan dalam novel ini. Lucu yang membuat kita tertawa tapi juga gemas, karena kejadian-kejadian itu akhirnya membuat kita bertanya-tanya bagaimana akhirnya hubungan Tia dan Marco. Karena untuk saya, dari awal baca sudah menebak bahwa nantinya Tia akan jatuh cinta pada Marco, atau sebaliknya atau mereka saling jatuh cinta. Tapi cerita yang menggiring pembaca sampai pada tahap itulah yang membuat novel ini menarik.

Selain tentang Tia dan Marco ada beberapa cerita yang menjadi bumbu dari perjalanan mereka. Bumbu yang akhirnya membuat cerita semakin menarik. Tentang Alila, tentang bagaimana masalalu Tia dan Marco mempengaruhi hubungan mereka, dan konflik-konflik yang tidak diduga sebelumnya.
Suka dengan novel ini, karena banyak menyajikan hal-hal menohok untuk saya. Ha-hal yang sangat mungkin terjadi di kehidupan nyata.

Seperti apakah benar kita sudah move on dan tidak terpuruk pada masa lalu? Jika melihat pada Tia, ia yang merasa sudah dapat menjalani hidupnya yang sekarang dengan baik dan merasa masa lalunya tidak menghalangi jalannya ternyata ia tidak benar-benar move on. Ia hanya menjalani harinya tapi masa lalu tetap membayang, karena ia tidak bisa berkompromi pada apapun yang masih bisa dikaitan dengan masa lalunya. Dan hal seperti ini, tidak sedikit saya temukan disekitaran saya.

Juga tentang sebuah pengorbanan. Kadang kita merasa sudah berkorban, tetapi benarkah itu sebuah pengorbanan atau sebuah egoisme diri?

Empat bintang untuk novel terbaru karya Karla M. Nashar ini. ^^

Thx to Tezar A.Y
My Secret Santa ^^

Judul: Ti Amo, Tia Amoria
Penulis: Karla M. Nashar
Penerbit: Gramedia
Tebal: 341 halaman
ISBN: 9789792274097

11 comments:

  1. Iya, entah kenapa novel ini lebih sendu dan mellow daripada novel Karla M. Nashar biasanya~ dan gaya bahasanya juga agak berubah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, aku kira aku aja yg ngerasain hehehe...
      Dia ngegambarinnya detail banget dan narasinya panjang, laen dari yang sebelumnya, itu sie menurutku :)

      Delete
  2. terima kasih sama-sama, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi banyak loh mas santa :D

      aku nggak banyak nyantumin tentang acara SS karena udah aku bahas di http://bacaaninge.blogspot.com/2012/01/from-santa.html ^^/

      Delete
  3. yub, buku ini lbh sendu, bgs tp ak lbh suka yg love hocus pocus, lbh kocak, hehe. jadi inget kalo blm ngreview buku ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tunggu review versimu ya Sulis...

      Yup, aku juga suka yang love hocus pocus walau lebih terkesan nggak mungkin hihihi :D

      Delete
  4. Wah penasaran, moga okky jadi jadiin buku ini buat ajang giveaways :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama penasaran juga... dan iya, bukunya dijadikan giveaway sama oky... semoga menang :)

      Delete
    2. ayoooo... pada ikutan giveawaynya Oky :D biar penasarannya terbayarkan :D

      Delete
  5. aku udah baca dan review juga buku ini. memang spt bukan gaya Karla yg biasanya menulis dg lincah dan kocak. tapi secara keseluruhan bagus.

    ReplyDelete
  6. jdi penasaran sprti apa isi buku itu....

    ReplyDelete