Wednesday, March 21, 2012

If I Stay


If I Stay
 
Sinopsis :
Mia memiliki segalanya: keluarga yang menyayanginya, kekasih yang memujanya, dan masa depan cerah penuh musik serta pilihan. Kemudian, dalam sekejap semua itu terenggut darinya.
Terjebak antara hidup dan mati, antara masa lalu yang indah dan masa depan yang tidak pasti, Mia menghadapi satu hari penting ketika ia merenungkan satu-satunya keputusan yang masih dimilikinya – keputusan terpenting yang akan pernah dibuatnya.

---------------------------
Review :

Aku yang bisa dikatakan jarang sekali membaca buku terjemahan, bahkan mungkin ini buku terjemahan pertama yang aku baca ditahun ini >,< pada halaman-halaman awal masih terasa kurang bisa menikmati ceritanya, seperti ada terjemahan yang membuat mengganjal saat membacanya.

Tapi semakin kebelakang, mungkin karena sudah mulai terbiasa, bisa juga menikmati cerita yang disuguhkan. Walau mungkin karena “terlambat menikmati” itu akhirnya kurang dapet feelnya, yang kalo dilihat dari pembicaraan temen-temen yang sudah baca duluan, buku ini begitu mengharukan.

Terlepas dari itu semua, aku suka dengan ide novel ini. Walau pas akhirnya nangkep gimana cerita ini jadi teringat film Just Like Heaven. Tentang roh yang meninggalkan jasadnya tapi belum bisa dikatakan meninggal.

Mia Clark, harus menjalani perjalanan yang mungkin begitu aneh. Ketika ia bersama keluarganya melakukan sebuah perjalanan, mereka mengalami kecelakaan. Ayah, Ibu, juga adiknya meninggal dunia. Sedangkan Mia sendiri masih belum pasti, ia tergeletak koma di Rumah Sakit. Saat ia koma inilah, rohnya berada di luar jasadnya dan mengetahui semua yang terjadi selama ia terbaring koma.

Selain menceritakan dari sudut pandang Mia tentang apa yang terjadi selama dia koma, buku ini juga bercerita tentang masa lalu yang terkenang. Tidak berurutan memang apa yang terkenang, tetapi disajikan begitu pas oleh Gayle Forman.

Cerita ini memang begitu mengharu biru, ketika kerabat Mia juga kekasihnya Adam seperti harus menemui Mia dan meyakinkan Mia untuk membuat sebuah keputusan. Bertahan atau menyerah, tetap tinggal atau pergi.
Satu hal yang memang tampak mengganggu dalam cerita ini, hubungan antara Mia dan Adam, yang diceritakan bahwa mereka masih SMA tetapi entah mengapa hubungan itu begitu dalam. Ini juga salah satu ciri novel terjemahan yang membuat aku kurang begitu suka, yaitu kebiasaan yang kadang kurang begitu bisa diterima hati. Hehehe. :)

Jadi aku kasih 3 bintang dari 5 bintang, untuk sebuah kenangan juga pilihan yang tak mudah untuk diambil oleh Mia, maupun Adam. :D

Judul : If I Stay
Penulis : Gayle Forman
Tebal : 199 Halaman.
Penerbit : Gramedia
ISBN : 9789792266603 

4 comments:

  1. setujuuuu... novel terjemahan memang terkadang kurang pas di hati.. :D
    aku dah membaca if i stay.. ceritanya memang bagus. tapi di awal-awal, pikiranku masih meraba-raba, belum begitu sreg dengan gaya bercerita ala orang luar :D

    ReplyDelete
  2. aku malah suka mbak cerita tarjemahan terutama ciklit

    ReplyDelete
  3. Mia hall deh mbak. Mia clark yg di SBY kan ya.. Sdkt koreksi :D

    ReplyDelete