Thursday, November 1, 2012

Danur


Judul : Danur
Penulis : Risa Saraswati
Penerbit : bukune
Tebal : 208 Halaman
ISBN : 9786022200192



Sinopsis : 
Jangan heran jika mendapatiku sedang berbicara sendirian atau tertawa tanpa seorang pun terlihat sedang bersamaku. Saat itu, mungkin saja aku sedang bersama salah satu dari lima sahabatku.

Kalian mungkin tak melihatnya…Wajar. Mereka memang tak kasat mata dan sering disebut… hantu. Ya, mereka adalah hantu, jiwa-jiwa penasaran atas kehidupan yang dianggap mereka tidak adil.

Kelebihanku dapat melihat mereka adalah anugerah sekaligus kutukanku. Kelebihan ini membawaku ke dalam persahabatan unik dengan lima anak hantu Belanda. Hari-hariku dilewati dengan canda tawa Peter, pertengkaran Hans dan Hendrick-dua sahabat yang sering berkelahi- alunan lirih biola William, dan tak lupa: rengekan si Bungsu Jahnsen.

Jauh dari kehidupan “normal” adalah harga yang harus dibayar atas kebahagiaanku bersama mereka. Dan semua itu harus berubah ketika persahabatan kami meminta lebih, yaitu kebersamaan selamanya. Aku tak bisa memberi itu. Aku mulai menyadari bahwa hidupku bukan hanya milikku seorang….

Namaku Risa. Aku bisa melihat “mereka”. Dan “mereka”, sesungguhnya, hanya butuh didengar.


***

Kisah tentang seorang gadis yang memiliki kelebihan bisa melihat dan berkomunikasi dengan makhluk yang tidak bisa dilihat manusia lain pada umumnya. Berawal dari pertemanannya dengan makhluk-makhluk tak terlihat yang berada di rumahnya saat ia masih kecil. Tetapi karena janjinya sendirilah akhirnya ia "ditinggalkan" oleh "sahabat-sahabat"-nya itu.

Sebelum menceritakan tentang bagaimana persahabatan itu, sedikit cerita tentang bagaimana makhluk-makhluk itu menjadi makhluk yang kebanyakan oleh orang disebut sebagai hantu. Mereka adalah lima orang anak yang harus meninggal dengan cara tidak wajar.

Ketika persahabatan itu terputus karena janji yang teringkari, perjalanan gadis itu bisa dibilang tidak lagi mudah. Ia berusaha untuk mulai mengacuhkan kelebihannya itu. Tetapi dengan begitu sepertinya hidup yang dijalani sering kali tidak mengenakkan.

Hingga akhirnya ia membuat sebuah lagu yang menceritakan tentang sahabat-sahabat masa kecilnya. Dia berharap bahwa ia dapat melihat mereka kembali walau hanya sebentar. Lirik yang begitu dalam menggambarkan sebuah kerinduan.

***

Aku terkadang suka membaca atau mendengarkan cerita-cerita yang berbau horor *kalau lagi nggak takut sie, hehe* dan ketika BBI mengadakan #postingbareng #Gothic itu adalah salah satu kesempatan untuk mencari reverensi buku-buku bagus bertema horor.

Kebanyakan buku yang direview teman-teman BBI adalah buku terjemahan, tapi ada satu buku yang menarik dan ternyata lokal. Danur, di review oleh Sulis. Langsung dech baca reviewnya dan jadi makin pengen baca bukunya.

Dari review Sulis memang udah cukup dijelaskan kalau buku ini mungkin akan jauh dari unsur seram. Dan memang seperti itu. Yang ada ikut merasakan kesedihan atau bisa di bilang miris terlebih saat cerita tentang bagaimana ke lima anak itu hingga akhirnya menjadi hantu. Walau mungkin ada bagian yang menunjukkan bahwa hantu tak semuanya baik dan penampilannya tak wajar tetapi entah kenapa Risa menggambarkannya tak bisa membuat aku membayangkan sosok-sosok aneh itu.

Suka dengan cara Risa menuturkan ceritanya, mengalir dan membuat aku seakan berkenalan langsung dengan "sahabat-sahabat"nya itu. Bisa ikut merasakan kesedihan juga kerinduan yang dialaminya saat akhirnya kelima "sahabat"nya itu pergi menjauh darinya.

Dan paling suka adalah ketika Risa diganggu oleh hantu lain ternyata "sahabat-sahabat"nya itu masih melindunginya, walau akhirnya mereka tetap tak berkomunikasi tapi seperti menunjukkan bahwa walaupun marah "sahabat"nya masih melindunginya.

3 bintang untuk kisah Risa dan "sahabat-sahabat"nya ^^

6 comments:

  1. ak juga baru pertama ini baca tulisannya Risa dan ternyata nggak mengecewakan :)
    rasanya pengen kenalan sama hantu cilik Belanda, mereka kok kayaknya imut gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nggak follow twitternya sie, tp kalo malam jum'at kadang suka mantengin twitnya yg kadang berbau horror :D

      dan ya, aku tertarik ama hantu2 itu tp juga nggak ngarep bisa kenal dan bisa melihat sie >,<

      Delete
  2. Ini penulisnya apakah sama dengan yang nyanyi lagu berjudul Story of Peter? Lagunya juga bercerita tentang teman2 tak terlihatnya. Lagunya unik. Keren banget. CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bener... lagunya emang unik :) aku jg suka

      Delete
  3. Ini masuk fiksi atau nonfiksi sih? Duh walaupun dibilang ngga serem, kalau bacanya malam2 kayaknya merinding juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dilihat ini kisah nyatanya dia, jd masuk non fiksi kli ya An...

      aku bacanya pas siang jd ya gitu deh :p

      Delete