Saturday, December 1, 2012

Syarat Jatuh Cinta






Judul : Syarat Jatuh Cinta
Pengarang : Marin Josi & Purba Sitorus
Penerbit : GagasMedia
Tebal Buku : 237 Halaman
ISBN : 9789797805746



Sinopsis :

Tak ada yang bisa menjamin cinta selalu akan berujung bahagia. Seringnya, mencintai membuatmu patah hati. Terluka. Meneteskan air mata bagi cinta yang berbalik dan meninggalkanmu.

Tapi pernakah kau mencintai seperti yang aku alami?

Mencintai dalam sakit. Mengubah diri demi orang yang bahkan tak memalingkan wajahnya sedikit pun padamu. Hatiku berdarah dan aku masih saja mencintainya. Bahkan, setiap malam aku masih menyempatkan diri untuk berdoa... supaya dia selalu bahagia.

Ini cinta yang bodoh. Ya, aku tahu itu. Tapi aku akan terus bertahan, terus mencintainya - hingga dia mengundangku masuk ke dunianya...

================================================

Alana, seorang gadis yang berbadan gemuk, memiliki hobby makan dan baca novel-novel romantis. Suatu hari saat akan mengikuti bimbingan belajar, ada kondisi "darurat" yang membuat Alana dan Fio, sahabatnya, bingung. Tetapi kemudian ada seorang anak lelaki ganteng, Asta, membantu menyelesaikan persoalan mereka. Dari situlah Alana kemudian jatuh hati padanya.

Alana yang awalnya tak begitu serius dalam hal pelajaran menjadi lebih tekun, semua itu ia lakukan agar dapat memasuki SMA yang sama dengan Asta. Hingga akhirnya walau dengan nilai yang terbilang pas-pasan Alana bisa masuk sekolah yang sama dengan Asta.

Apakah kemudian semua berjalan seperti khayalan Alana yang membayangkan hubungannya dengan Asta akan seperti novel-novel romantis yang ia baca?

Ternyata semua yang terjadi diluar dugaan Alana. Hingga akhirnya ia harus berusaha mati-matian untuk dapat menjadi pasangan Asta walau dengan begitu ia harus merelakan hobby makannya dan berdiet ketat.

***
Awalnya cukup aneh dengan judul ini, 'syarat jatuh cinta'. Biasanya kita sering mendengar, bahwa cinta itu tanpa syarat, tanpa alasan. Ternyata mungkin juga tanpa kita sadari syarat itu memang ada, alasan itu memang ada.

Mungkin sudah banyak cerita yang menyuguhkan ide tentang orang (yang dianggap) jelek atau cupu atau bodoh jatuh cinta dengan orang yang rupawan dan keren. Seperti halnya cerita tentang Alana, sebenarnya mungkin ia tidak bisa dibilang bodoh tetapi karena ketertarikannya akan pelajaran tidak sebesar ketertarikannya pada novel atau makanan maka ia tak begitu berusaha untuk mendapatkan yang terbaik.

Hingga akhirnya ia menemukan apa yang menjadi motivasinya, Asta. Demi untuk bisa bersama Asta, Alana berjuang belajar dengan sungguh-sungguh. Mungkin ini menunjukkan bahwa sebenernya Alana bisa, hanya saja selama ini usahanya tidak maksimal.

Kemudian tentang Asta, lelaki yang digambarkan keren dan pandai secara tak langsung melekat juga predikat sombong dan suka memandang rendah orang yang tidak sama pintar atau keren seperti dia. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Alana.

Apa yang dilakukan Alana, mungkin membuat orang berpikir bahwa tindakannya itu adalah hal yang bodoh. Mengorbankan banyak hal demi untuk bersama seseorang yang bahkan memandangnya saja mungkin tidak. Tetapi mungkin kita hanya tak mengerti selama kita tak berada di posisi Alana, mungkin kita hanya menjadi lebih beruntung tak merasakan apa yang dirasakan Alana.

Tetapi,pertemuan antara Alana dan Asta tidak hanya mengubah Alana seorang, tetapi secara tak langsung juga mengubah Asta.


1 comment:

  1. mbak ini peringkatnya berapa nih? maksudnya nilai kemenarikannya heheheee

    ReplyDelete