Tuesday, September 12, 2017

Blogtour : The Sun Is Also A Star

Apa jadinya ketika kamu harus meninggalkan kota tempat kamu tinggal, karena kesalahan orang lain? Itu saja pasti sudah sulit, apalagi ternyata orang yang kamu cintai disana.

Atau, apa yang kamu rasakan ketika semua orang terdekatmu seakan tak mendukungmu, sedang tiba-tiba kamu menemukan orang yang walau bertolak belakang denganmu tetapi mengerti akan dirimu. Dan dia harus meninggalkanmu?

Itu kisah yang terjadi pada Natasha dan Daniel dalam buku ini.

Judul : The Sun Is Also A Star
Penulis : Nicola Yoon
Penerjemah : Airien Kusumawardani
Penerbit : Spring
Tebal : 384 Halaman
ISBN : 978 602 60443 65

Sinopsis

Natasha : Aku hanya seorang gadis yang hanya percaya pada sains dan fakta. Peduli setan dengan takdir, atau cita-cita yang tak akan pernah jadi nyata. Aku jelas-jelas bukan gadis yang bisa jatuh cinta pada seorang pemuda yang kutemui secara acak di jalanan Kota New York. Belum lagi ketika keluargaku akan dideportasi kembali ke Jamaika dalam hitungan dua belas jam. Jatuh cinta, tidak akan pernah menjadi bagian dalam kisahku.

Daniel : Aku selalu menjadi anak yang baik, siswa yang baik, menjalani ekspektasi orangtuaku yang tinggi. Tidak pernah menjadi memimpi, apalagi penulis puisi. Tapi saat aku melihat gadis itu, aku melupakan semuanya. Sesuatu tentang Natasha membuatku berpikir bahwa takdir memiliki sesuatu yang luar biasa ... bagi kami berdua.

***

Diawali dengan kisah Daniel, imigran dari Korea Selatan, yang musim seminya diawali dengan tidak baik dikarenakan kakaknya, Charlie, yang dikeluarkan dari Harvard University. Dikeluarkannya Charlie ternyata membawa dampak yang cukup besar pada Daniel. Orang tuanya yang selama ini fokus pada karier Charlie kini mulai berpindah pada dirinya. Daniel 'diminta' untuk menjadi Dokter. Dan cerita dimulai di hari saat Daniel akan melakukan wawancara penerimaan mahasiswa.

Selain Daniel disisi lain juga ada cerita tentang Natasha, imigran dari Jamaika, yang karena kesalahan yang dilakukan oleh ayahnya maka ia dan keluarganya harus meninggalkan Amerika. Mereka ternyata menjadi imigran gelap, selama ini mereka baik-baik saja karena tidak pernah berurusan dengan pihak berwajib. Dan semua menjadi berbeda karena ayahnya yang tertangkap saat mengemudikan mobil dengan kondisi mabuk. Dan cerita Natasha dimulai di hari saat ia handak memperjuangkan kemungkinan ia tidak dideportasi.

Daniel dan Natasha bertemu di hari mereka akan mengurus kepentingannya masing-masing. Apakah mereka bertemu begitu saja dan kemudian berpisah dengan tujuan yang berbeda? Toh mereka tak saling kenal.

Ternyata itu tak terjadi. Seperti yang dituliskan pada sinopsis, Daniel tertarik pada Natasha walau mereka tak saling kenal sebelumnya. Karena ketertarikan itulah ia akhirnya bisa mengajak Natasha minum. Dan kisah keduanya dimulai

***

Hal menarik dari buku ini adalah karena penulis menggunakan sudut pandang orang pertama, dan ia menggunakannya pada masing-masing tokoh. Seakan kita diajak untuk memahami sudut pandang dari Daniel maupun Natasha. Yang lebih menariklagi adalah mereka bisa dikatakan dua pribadi yang berbeda. Piawainya penulis (dan juga penerjemah, tentunya) membuat membaca buku ini menjadi tetap enak dan tak terlalu membingungkan.

Kisah Daniel dan Natasha ini tak melulu tentang romance, walau kisah cinta mereka disajikan dengan sangat mulus, tak tergesa-gesa. Hingga saya sendiri sempat mengabaikan bahwa kisah inihanya mengisahkan kisah mereka yang hanya satu hari. Kereeen! Buat saya yang juga menonjol dalam cerita di buku ini adalah tentang masalah keluarga. Bagaimana Daniel dan Natasha dalam hubungannya dengan keluarga masing-masing.

Percakapan-percakapan antara Daniel dan Natasha tak kalah menarik terlebih ketika dijabarkan melalui sudut pandang masing-masing tokoh. Saya suka dengan tokoh Natasha, yang bisa dibilang sebelum bertemu Daniel ia termasuk orang yang cukup melindungi dirinya, terlebih hatinya, dan ditunjukkam bahwa ia gadis yang cukup tangguh.

Selain dari sudut pandang Daniel dan Natasha, ada beberapa tokoh juga yang diceritakan dari sudut pandang mereka masing-masing. Ini yang membuat buku ini semakin tampak unik dan menarik.

Dibuat penasaran bagaimana kisah Daniel dan Natsha selanjutnya? Apakah Natasha mendapat jalan keluar dari masalahnya? Dan bagaimana dengan cita-cita Daniel.

Aaaaah, sebaiknya kalian baca sendiri dan nikmati kebersamaan Daniel dan Natasha, yang buat saya layak mendapatkan 4/5 bintang.

Belum punya? Yuk ikutan GA yang diadakan mengiringi blog tour ini.

Kamu cukup kunjungi bloghost lain dari blogtour ini, dan kumpulkan kepingan huruf yang nanti ya bisa kamu rangkai menjadi kata. Dan jawabannya nanti bisa kamu ikutkan di final giveaway di FP Penerbit Spring. Dan di post review ini ada 2 kepingan huruf :

      

Kunjungi juga :

4 comments:

  1. Bagus reviewnya, jd makin penasaran sama bukunya๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  2. Kehidupan Natasha dan Daniel kok kayane riweh banget ya...ancaman deportasi dan tuntutan orang tua. WOW!!

    ReplyDelete
  3. Wah! Nama tokoh cowonya sama dengan nama anak sulungku!^^
    Jadi makin penasaran dengan kisahnya Daniel dan Natasha. Hihihi.
    Eniwei, review kali ini terasa lebih detail ketimbang review pertama di blog Kak Yessie

    ReplyDelete