Wednesday, August 23, 2017

Yawning is Delicious

Mimpi adalah bunga tidur, namun pernah kah kamu bermimpi yang terasa begitu nyata? Tetapi dalam mimpi itu kamu seakan hanya menjadi penonton. Layaknya pembaca yang 'melihat' kehidupan dari sisi cerita orang pertama.

Memiliki mimpi seperti itu, seakan kita dipaksa merasakan kehidupan orang lain yang mungkin saja jauh berbeda dengan kehidupan kita sebenarnya. Dan itulah yang terjadi pada Lee Kyeong dan Da Woon, tokoh utama dalam novel Yawning Is Delicious.
Judul : Yawning is Delicious
Penulis : Kang Ji Young
Penerjemah : Putu Primana Adnyana
Penerbit : Haru
Tebal : 336 Halaman
ISBN : 9786026383013
Cetakan pertama, Juni 2017
Sinopsis

Lee Kyeong
Aku bermimpi aneh kemarin. Tubuh gemukku menjadi langsing. Wajahku berubah menjadi cantik. Tapi semua kejadian ini terasa sangat. Yata. Rasanya bukan seperti mimpi. Aku melihat, mendengar, dan merasakan langsung, seolah memang aku yang terjebak di dalam tubuh itu.
Tanggal di situ menunjukkan musim panas tahun lalu.

Da Woon
Aku bermimpi aneh kemarin. Mimpi menjadi perempuan jelek yang gendut dan pendek. Aku pergi bersama beberapa paman ke suatu tempat dan sibuk bersih-bersih. Membersihkan tempat kenadian pembunuhan. Korbannya... apa itu AKU?
Tanggal di situ menunjukkan musim dingin tahun depan.
***
Kisah pertukaran tubuh mungkin sudah lumayan banyak diangkat dalam sebuah cerita, entah itu novel ataupun film.  Seperti yang terbaca dari sinopsis, kedua tokoh utama itu bertukar tubuh ketika mereka tidur, karena mereka merasakannya seperti mimpi. Mereka hanya dapat melihat, mendengar dan merasa tetapi tidak dengan mudah mengendalikan otak tubuh yang membuatnya terperangkap.

Awalnya mereka tak mengerti bahwa tubuh yang memerangkap mereka satu sama lain akan bertemu disatu titik, dengan benang merah yang awalnya seakan tak masuk akal. 

Berawal dari Lee Kyeong yang bekerja di perusahaan yang bergerak dibto dang jasa pembersihan, melakukan pekerjaan disebuah kamar studio yang harus dibersihkan setelah ditemukan sesosok mayat yang telah meninggal kurang lebih 10 hari. Awalnya tak ada yang aneh dengan pekerjaan itu, hingga akhirnya setelah beberapa kali bermimpi aneh Lee Kyeong mengetahui bahwa kamar studio yang ia bersihkan itu adalah tempat gadis yang memerangkap dirinya ketika ia sedang tidur.

Lee Kyeong pun tau kalau gadis itu, Da Woon, juga akan berada dalam tubuhnya ketika Da Woon tertidur. Awalnya pertukaran tubuh ini saya kira guna membantu agar Da Woon tidak sampai terbunuh/bunuh diri, namun banyak hal mengejutkan yang sedikit demi sedikit terkuak.

Dimulai deri tentang jati diri Da Woon, bagaimana Da Woon menghadapi mimpi anehnya hingga akhir yang sedikit menjadi datar karena saya rasa klimaks justru terdapat di seperempat cerita menjelang akhir. 

4/5 bintang untuk hal menegangkan yang ditawarkan dari mimpi dua gadis ini.

No comments:

Post a Comment