Thursday, June 19, 2014

Blog Tour : People Like Us


Judul : People Like Us
Penulis : Yosephine Monica
Penerbit : Haru
Tebal : 330 Halaman
Cetakan : Pertama, Juni 2014
ISBN : 978 602 7742 35 2

Sinopsis :

Akan kuceritakan sebuah kisah untukmu.
Tentang Amy, gadis yang tak punya banyak pilihan dalam hidupnya.
Serta Ben, pemuda yang selalu dihantui masa lalu.

Sepanjang cerita ini, aku akan dibawa mengunjungi potongan-potongan kehidupan mereka.
Tentang impian mereka,
tentang cinta pertama,
tentang persahabatan,
tentang keluarga,
juga tentang… kehilangan.

Mereka akan melalui petualangan-petualangan kecil, sebelum salah satu dari mereka harus mengucapkan selamat tinggal.

Mungkin, kau sudah tahu bagaimana cerita ini akan tamat.

Aku tidak peduli.
Aku hanya berharap kau membacanya sampai halaman terakhir.

Kalau begitu, kita mulai dari mana?

***

Apa jadinya, ketika akhirnya kamu berhadapan langsung dengan orang yang diam-diam kamu suka? Dulu, sebelum dia menghilang kamu sempat bertukar sapa dengannya. Namun sekarang saat akhirnya kamu bertemu kembali dengannya ternyata dia sama sekali tak mengingatmu.

Tak ada yang lebih enak jika harus memilih kamu merasa jauh darinya karena memang kamu tak tahu dimana dia berada, ataukah dia berada didepanmu namun dia tidak mengingatmu bahkan menganggapmu tak ada.

Lalu apa jadinya, ketika kamu mengetahui ada orang yang sedang menguntitmu. Orang yang bahkan sama sekali tak kamu kenal itu selalu ada dimanapun kamu berada, walau mungkin terkesan kebetulan.

Tak ada yang lebih baik untuk dijadikan pilihan, apakah dikuntit terus oleh orang ataukah akhirnya tau bahwa orang yang menguntitmu itu tak lagi ada karena ia sakit parah.

Mungkin itu sedikit hal yang dirasakan oleh Amy dan Ben.

Amy yang sempat “kehilangan” Ben akhirnya bisa “menemukannya kembali, namun dia tak memiliki keberanian untuk langsung menyapa Ben. Dia takut bahwa Ben tidak mengingatnya, dan ternyata Ben memang tak mengingatnya.

Namun kesempatan Amy untuk akhirnya dekat dengan Ben ada di depan mata. Saat Amy divonis mengidap kanker, saat itulah teman-temannya berusaha “membawa” Ben kehadapan Amy.

Sedang Ben, yang tak mengingat Amy yang dulu, menganggap Amy adalah penguntitnya yang aneh, dan ia berusaha menghindari Amy. Namun kemudian yang terjadi Amy memang tak lagi menguntitnya, tetapi justru dia yang “terpaksa” bertemu dengan Amy.

Saya suka dengan cara penulis membawakan cerita ini, terutama untuk setiap “narasi” diawal setiap bab. Membuat saya lebih mudah memahami setiap perpindahan setting waktu dan sudut pandang, walau penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Cerita dalam buku ini sebenarnya cukup kompleks, selain masalah cerita cinta, juga bagaimana kisah keluarga mereka, bagaimana kedekatan Ben dengan keluarganya, bagaimana Ben menghadapi masa lalunya. Mungkin bisa dibilang Ben akhirnya dapat menghadapi semua masalahnya tanpa ia sadari semua berkat Amy. Hubungan Ben dengan Amy yang mungkin bisa dibilang terlampau singkat dengan awal seperti terpaksa, ternyata bisa membuat hidup Ben (juga Amy) berubah.

Genre untuk buku ini tetaplah romance, karena memang buku ini merupakan salah satu pemenang kontes “100 Days of Romance” yang diadakan oleh Penerbit Haru. Namun novel Yosephine Monica ini juga menyelipkan tema “Sick-Lit” dalam buku ini. Tema Sick-Lit menurut saya merupakan tema dengan salah satu tokohnya yang harus berjuang menjalani dan mempertahankan hidupnya, melawan penyakit yang sedang diidapnya.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan saya tentang tema Sick-Lit, dari beberapa buku yang pernah saya baca dengan tema Sick-Lit (DeaLova, My Sister Keeper, Montase, Surat Kecil Untuk Tuhan, Cinta Pertama dan People Like Us).

Bahwa walau mungkin memang cerita berkisah tentang tokoh utama, tetapi bahwa peran pembantu juga begitu penting. Seperti dalam novel People Like Us, bagaimana sahabat Amy berusaha membawa Ben datang menemui Amy.
:: Hal yang menarik, karena sesungguhnya yang dibutuhkan oleh seseorang bukanlah belas kasihan atau simpati berlebihan, tetapi bagaimana kita menggandeng mereka untuk menjalani harinya kedepan, bukan meratapi apa yang sedang terjadi.
Kadang bukan obat-obatan yang paling membuat Amy menderita. Kadang itu hanyalah respons orang banyak, bahkan kadang pikiran Amy sendiri yang membuatnya semakin menderita. Itu membuatnya tidak takut pada kematian, tapi semakin takut pada kehidupan.
Kadang kau tidak butuh petualangan di hutan yang mendebarkan atau perjalanan menuju belahan dunia lain untuk merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Kadang kau hanya perlu satu orang dan rasanya kau sudah bisa menggapai seluruh dunia dengannya.

Catatan saya lainnya tentang buku dengan tema Sick-Lit adalah bagaimana penulis ingin menunjukkan sebuah perjuangan untuk menghadapi sesuatu yang bisa dikatakan mau tak mau harus diterima dan dijalani.
:: Perjuangan yang dihadirkan oleh penulis ini bisa menjadi penguat bagi mereka yang mungkin saat membacanya sedang mengalami, bahwa mereka tidak sendiri menghadapi cobaan. 
Aku akan mati. Kau juga akan mati. Kita semua akan mati. Hanya saja, kita tidak perlu bertaruh untuk tahu siapa yang akan mati lebih cepat.  
Aku ingin dikenang, aku ingin dicintai. Tapi aku juga ingin kalian melanjutkan hidup.
Tetapi kemudian yang kerap kali dihadirkan juga dalam buku dengan tema ini adalah ending yang dibilang bahagia juga tidak, sedih sekali juga tidak. Karena walau mungkin banyak yang menjadikan kematian sebagai akhir dari cerita, tetapi juga dihadirkan bahwa selam hidup sang tokoh tidaklah sia-sia.
:: Entahlah, bagi saya seperti menghadirkan kebahagiaan sesaat, dan kemudian bisa jadi ending dengan kematian itu membuat pembaca yang mungkin sedang mengalaminya menjadi kembali putus harapan. Walau memang semua tergantung dari bagaimana masing-masing pembaca menyikapinya.

Mungkin baiknya ketika membaca buku-buku dengan tema Sick-Lit, pastikan perasaan sedang tidak sedang down. ;)

Sepertinya itu beberapa hal yang menjadi catatanku dari beberapa buku dengan tema Sick-Lit khususnya People Like Us yang aku baca.

>> 4 / 5 Bintang untuk perjalanan Amy dan juga bagaimana semuanya mengubah diri Ben ;)

Dan sekarang, saatnya GiveAway!!!

Ada 2 buku (The Chronicles of Audy 4R & SeoulVivor) dari penerbit HARU yang akan aku bagian juga sampul kain (People Like Us) dari EmGreenLabel untuk 2 orang pemenang.

Pertanyaan saya untuk GA kali ini : “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”

Caranya cukup mudah.
1. Follow PenerbitHaru via twitter dan atau Like FP PenerbitHaru di FB
2. Tuliskan jawaban dari pertanyaan di atas (juga alamat email & twitter) di kolom komentar.
3. Tuliskan juga alamat email & twitter kamu, serta buku apa yang kamu inginkan dari 2 buku yang aku sebut di atas.
4. Sebarkan GA ini bisa melalui twitter dan atau FB. (paling tidak 1x selama GA berlangsung, jika melalui twitter mention juga akunku @noninge)

GA ini hanya berlangsung selama 1 minggu, pemenang akan saya umumkan tanggal 27 Juni 2014.

* * * *


Selain GA dari blog ini, dalam rangka BlogTour ada GiveAway FINALE dengan hadiah :

1. Paket buku Haru 
2. iPad Cover People Like Us dari Emerald Green Label 
3. Tote Bag dari Emerald Green Label

Caranya :
  1. Kamu harus ngikutin Blog Tour People Like Us dari awal sampai terakhir.
  2. Di setiap akhir postingan blog dari para blogger ini, akan menyediakan huruf-huruf yang merupakan bagian dari sebuah KATA yang harus kamu kumpulkan dan simpan baik-baik.
  3. Kamu harus menyusun semua huruf-huruf tersebut kedalam satu image, membentuk KATA hingga jelas apa yang ada disana.
  4. Post image tersebut di wall fanpage Haru, sertakan kesan-kesan kamu terhadap Blog Tour People Like Us ini.
Berikut adalah bagian puzzle yang harus kalian kumpulkan (dan akan dihapus pada tanggal 5 Juli)



Berikut adalah list tanggal post Blog Tour People Like Us dimana kalian bisa menemukan huruf-huruf yang harus dikumpulkan ;)


16 Juni 2014: Zelie Petronella @ Book-Admirer
17 Juni 2014: Stefanie Sugia @ Bookie-Looker
18 Juni 2014: Luckty @ Luckty si Pustakawin
19 Juni 2014: Non Inge @ Bacaan Inge
20 Juni 2014: Ira Elvira @ Ira Membaca
21 Juni 2014: Atria Dewi Sartika @ My Little Library
22 Juni 2014: Siti Robiah A'dawiyah @ Review Siro
23 Juni 2014: Ocemei @ Ocemei's Little World
24 Juni 2014: Ratri Anugrah Sari @ The Awesome Nerd
25 Juni 2014: Oky Septya @ Kumpulan Sinopsis Buku
26 Juni 2014: Ask Author - Stefanie Sugia @ Bookie-Looker
27 Juni 2014: Ask Author - Ira Elvira @ Ira Membaca
28 Juni 2014: Ask Author - Ratri Anugrah @ The Awesome Nerd

76 comments:

  1. Aku Lebih pengen Baca People Like Us sih soalnya aku pengen tau cara penulis mengajak kita membaca novel ini sampai akhir padahal kan pasti udah tau endingnya. Pengen tau Kejutan" yg akan diberikan penulis apalagi di Novel ini banyak banget Pesan moralnya

    twitter : @okta_s3233pm
    fb : Aquh arum
    Email : arum.okta12@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah... Buku ini memang layak banget dibaca deh, walau sayangnya bukan buku ini yang jadi hadiah untuk GA kali ini >.<

      Delete
  2. * Lelaki terindah : buku tentang seorang Gay yg pertama kali aku baca. Yg bikin terharu itu pas bagian dimana kudua tokoh Gay inu berusaha menceritakan bahwa dia penyuka sesama jenis kepada orang tuanya. Jd kebayang wajah kecewa orang tuanya dan bayangin aja gimana perasaan ortu mereka saat tau anaknya Gay * Nefertari sang ratu Heretik kalo novel ini aku terharu itu melihat perjuangan Nefertari yg keluarganya tewas karena kebakaran dan dia harus hidup sendiri terlebih keluarganya di cap sebagai kaum Heretik ( sesat ) . Twitter : @okta_s3233pm
    Fb : Aquh Arum
    email : arum.okta12@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lelaki Terindah aku juga sudah baca, memang paling nyelekit bagian dimana mereka harus menghadapi keluarga mereka masing-masing ya...

      Untuk nefertari, jadi pengen baca bukunya deh... ;)

      Makasi usah ikutan GA kali ini...

      Delete
  3. Buku atau lebih tepatnya novel,yup! ada satu novel yg benar-benar bisa membuatku dan juga kaka ku banjir airmata saat membacanya.Novel itu berjudul 3600 detik.Kenapa? Karena cerita ini bertema Sick-Lit dan berakhir dengan sad ending.
    Sepasang kekasih yang tidak ditakdirkan hidup bersama.Si cowok --yang telah berjasa mengubah hidup ceweknya menjadi lebih baik-- meninggal diakhir cerita.Menuju akhir cerita pun,sebenernya sudah bisa mengoyak perasaan pembacanya.Saat itu,si cowok sempat tiada hingga akhirnya dia bisa bernapas kembali berkat bantuan alat-alat medis.
    Yaahh~ Pokoknya sedih banget deh.

    Email : rizki_oktavia@ymail.com
    Twitter : @rizKorea
    Buku yg diinginkan : SeoulVivor *lumayanlah utk jadi panduan travel kalo suatu saat nanti bisa ke Korea* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah... Spoiler gak tuh hehehe... Aku belum baca 3600 detik, jadi penasaran nih...

      BTN, makasih udah ikutan GA kali ini...

      Delete
  4. Nama : Nuriyanni R
    Twitter : @RianiJauzaa
    Email : nuriyanni@gmail.com

    Aku tertarik dgn “The Chronicles of Audy 4R” katanya bagus, apalagi tokoh utamanya seumuran denganku, jd penasaran pengen baca bgmn cerita Audy yg tinggal di rmh aneh dg 4 bersaudara yg aneh pula :D
    Jawaban :
    Aku selalu berusaha utk tdk terbawa emosi terlalu dlm ketika membaca buku. Tapi bkn brrti ga ad buku yg bs bikin aku nangis. Salah satu buku yg nggak kusangka bs membuatku meneteskan air mata adalah “Hafalan Shalat Delisa” karya Darwis Tere Liye. Yup, cerita yg yg terinspirasi dr kisah nyata yg dialami oleh salah satu korban Tsunami di Aceh, dadaku terasa sakit saat menahan agar mataku tak menjatuhkan air mata. Tapi aku tak bisa menahannya, kubiarkan mataku menangis hingga hatiku lega tak bersisa. Membayangkan jk aku dlm posisi Delisa adl hal yg sgt memilukan, cerita yg mengharukan. Selain itu aku jg pernah menangis saat membaca karya Tere yg berjudul “Bidadari- bidadari Surga” air mataku memang tak keluar sebanyak saat membaca “HSD” tapi cerita tsb cukup menyentuh relung hati, dimana perjuangan seorg kakak tiri yg tak diketahui oleh adik2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karya Tere Liye memang TOP ya... Untuk hafalan surat delisa saya baru nonton filmnya, tapi juga jadi makin penasaran dengan bukunya. >.<

      Terima kasih sudah mengikuti GA kali ini

      Delete
  5. Aku menangis waktu baca buku Gone with the Wind karangan Margaret Mitchell, sewaktu anak kesayangan Scarlett dan Rhett,yaitu Bonnie jatuh dari kuda. Kematian yang tragis dan membuat hubungan kedua orangtuanya renggang. Juga saat sahabat Scarlett, yaitu Melanie meninggal dunia karena badannya yang lemah dan sakit-sakitan. Scarlett diam-diam mencintai suami Melanie, tapi Melanie satu-satunya sahabatnya dan Melanie sangat mencintai Scarlett. Bahkan Melanie rela menyerahkan suaminya (Ashley) kepada Scarlett. Benar-benar hubungan yang rumit dan membuat sedih :( Ashley pun melamar Scarlett tapi Scarlett menolaknya. Pada akhirnya, Scarlett memilih untuk mencintai Tara, tanahnya, yang tidak akan pernah menyakiti dirinya. Kisahnya bagus banget dan menceritakan perjuangan seorang Scarlett yang penuh semangat dengan kelakuan yang tidak sesuai pada zamannya.

    E-mail : siscawiryawan@ymail.com
    Twitter : @siscacook
    FB : Sisca Wiryawan

    Link share :
    twitter.com/siscacook/status/479452889295765504
    facebook.com/toko.bross/posts/647098442047519

    Buku yang diingini : The Chronicles of Audy 4R

    Trims banyak =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gone With the Wind buku yang menarik, tapi belum kesampaian untuk baca buku itu >.< ah! jadi penasaran...

      Terima kasih sudah mengikuti GA kali ini

      Delete
  6. Pertannyaan : buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”

    Jawaban : yaitu 3600 dari charon dimana perjuangan sih leon untuk bertahan hidup dengan kelainan jatung sejak kecil. Aku menangis karena perjuangannya sih leon yang tanpa henti walaupun ia harus keluar-masuk rumah sakit. Sick-lit dalam novel ini yang membuat menguras air mata,karena perjuangannya melawan kesakitan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email : vira.natasyah@yahoo.co.id
      Twitter : @vira_natasyah
      Novel yang diinginkan : SeoulVivor hehe

      Delete
    2. Ah, buku ini sepertinya menguras air mata banyak orang ya...

      Btw, terima kasih sudah mengikuti GA kali ini ;)

      Delete
  7. "buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”

    Buku/ novel yang sudah berhasil membuat saya menangis adalah, 3600detik, autumn in paris, the truth about forever, my sister keeper, dan masih banyak lagi :D
    Dari buku yang udah aku sebutin diatas, alasan kenapa aku menangis karena, dari buku-buku yang aku sebut itu semua termasuk "sick-lit" dan "romance". Aku selalu merasa terharu dan sedih ketika membaca cerita perjuangan seseorang dari penyakitnya dan bagaimana "pasangan"nya itu juga memperjuangan cinta dan kasih sayang mereka. Banyak sekali nilai-bilai yang terkandung dicerita itu, bagaimana kita memanfaatkan waktu yang tinggal sedikit bersama "pasangan" kita, mensyukuri waktu yang sudah kita lewatkan dan juga mengikhlaskan kepergian mereka. Karena disetiap pertemuan pasti ada perpisahan, dan di dalam buku-buku itu perpisahan mereka menyakitkan namun manis untuk dikenang. itulah alasanku :D

    Akun Twitter : @NoeladeRatr
    Email : noeladehananugraha@yahoo.com / noeladeratrih@gmail.com
    Buku yang aku inginkan : SeoulVivor

    Semoga saya beruntung ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup benar banget tuh... Perpisahan mereka menyakitkan namun manis. Setuju banget deh!

      BTN, terima kasih sudah mengikuti GA kali ini

      Delete


  8. Email : farahfahma179@gmail.com
    Twitter : @FarrMaSi

    novel pertama yang bikin aku nangis berjudul Goodbye Happines. ceritanya itu si cowok suka sama cewek tapi ngga ngomong. dia sampe rela ambil jurusan yang sedikit berbeda sari keinginannya hanya untuk bisa bersama si cewek di korea. si cewek juga lama-lama suka sama si cowok. kemudian, si cowok itu kecelakaan dan ninggal. arwah si cowok itu masih terus beri semangat si cewek dan.. Ahh ! pokoknya bikin aku nangis dehh. kalo aku ceritain aku bisa-bisa nangis lagi hihihi :D

    aku penginnya The Chronicles of Audy 4R ^^

    link share : https://twitter.com/FarrMaSi/status/479477765452738560

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaaah... Aku juga suka dengan Goodbye Happines!!!

      Btw, makasi sudah mengikuti GA kali ini

      Delete
  9. Sebenarnya aku tipe orang yg sensitif jadi mudah sekali terbawa perasaan klo baca buku, hehehe :p
    Salah satu buku yg bikin aku menangis terharu adalah Kujemput Engkau di Sepertiga Malam karya Peggy Melati Sukma, karna setiap kalimat yg terangkai benar" indah dan bermakna :) Aku salut sama ketegaran mbak peggy hingga akhirnya dia menemukan kedamaian hatinya dan mampu melewati masa" sulit yg dihadapinya serta menjadi seorang muslimah yg sesungguhnya :)

    Email : aanaa929@gmail.com
    Twitter : @Ana_On3
    FB : Ana Rosdiana

    Buku yg diinginkan : The Chronicles Of Audy 4R

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajah, buku itu masih menjadi salah satu wistlist kuuuu...

      Makasi ya susah mengikuti GA kali ini

      Delete
  10. Buku yg sudah membuatku menangis cukup banyak, karena aku tergolong orang yg gampang meresapi cerita jd kalo cerita nya sedih dikit aja nnti aku pasti nangis. Aku mau sebutin beberapa buku yg menurutku ceritanya emang bener2 menyedihkan yg enggak cengeng pun pasti dibuatnya nangis.
    *Pertama, Autumn in Paris
    Ending novel ini bener2 gak ssuai tebakanku. Aku sampai dibuat nangis berkali-kali. Aku sdikit bingung apakah novel ini trmsh sick-lit atau enggak tp menurutku mmng trgolong sick-lit.
    *Kedua, 3600 Detik
    Bt yg prnh baca novel ini atau lihat filmnya pasti tahu gimana kisah cinta antara Sandra dan Leon. Aku berharap mreka bs bersama tp balik lg ke jenis novel ini yg tergolong sick-lit endingnya mmng menyedihkan sprti novel sick-lit kebanyakan. Hiks...poor Sandra
    *Ketiga, Surat Kecil Untuk Tuhan
    Sedih. Satu kata untuk menggambarkan kisah Keke dalam novel ini. Baca novel dan lihat film nya berkali-kali pun msh bikin aku sedih. Apalagi kisah novel ini based on a true story :'(. Kakak yg juga udh baca novel ini psti nangis kan? :(

    ------
    Untuk novelnya aku mau "The Chronicles of Audy 4R". Alasannya karena banyak yg recommend novel ini. Selain itu dari review yg aku baca novel ini memang bagus. Alasan lain ini karya kak Orizuka, aku pengen bgt baca karya dia. Novel karya Kak Orizuka bnyk yg memuji bagus.

    Email: dinararisandy@gmail.com
    Twitter: @Dinar_Arisandy

    ReplyDelete
  11. Kak, mau tambahin satu novel lagi. Ini hampir kelupaan karena udh lama bgt bacanya. Karya Gayle Forman judulnya If I Stay.
    Novel ini bener-bener bikin nangis padahal baru halaman awal-awal. Aku shock bgt wktu baca musibah kecelakaan yg dialami keluarga Mia apalagi deskripsi ttg kondisi kedua orang tua dan adik Mia stlh kecelakaan sukses bikin aku miris bgt bacanya. Ceritanya sangat bagus menurutku. Mia yg mengalami koma stlh kecelakaan hrs menerima kenyataan bahwa dia satu-satunya yg hidup. Mia dlm novel ini diceritakan roh nya keluar dia bs melihat orng2 skitarnya yg bgtu khawatir trhdp dirinya. Mengharukan melihat perjuangan Mia untuk tinggal atau prgi sprti ikut merasakannya aku nangis :'(
    Yg bikin aku gak kalah sedih aku blm baca lanjutan novel If I Stay ini :(

    Buku pilihannya tetep, The Chronicles of Audy 4R

    email: dinararisandy@gmail.com
    twitter: @Dinar_Arisandy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener, waktu baca Surat Kecil untuk Tuhan sempat mewak juga...

      Banyak juga ya novel yang buat kamu nangka hehehe, sedia tissue yang banyak ya #eh

      Makasi ya sudah ikut GA kali ini ;)

      Delete
  12. Novel I For You dan 3600 detik. keduanya mengusung sick-lit. yang I For You sakitnya von Willeboard (kalo ngga salah) dan 3600 detik apa gitu, bedanya 3600 detik endingnya adalah kematian, seedangkan I For You masih hidup. part paling sedih adalah saat Cessa minta maaf sama teman-temannya, terus dia tuh banyak yang ngga suka karena penyakitnya yang dirahasiain. di 3600 detik pas perjalanan ke rumah sakit. well, itu bikin nangis. honest.

    Bukunya Seoulvivor, aku belum pernah baca itu :)

    thanks.

    Arfina.tiara123@gmail.com
    @ipinkaramel

    ReplyDelete
  13. Novel yang bikin aku nangis itu Novel ' Ayah Mengapa aku berbeda ' , kakak pasti tau kan novelnya ? Walaupun enggak sicklit tapi pas endingnya terharu banget dan mengeluarkan air mata . Ayahnya meninggal + pacarnya juga meninggal .. Shock banget soalnya mereka meninggal di waktu yang berdekatan ..
    Aku terharu banget .....

    Aku pengin novel The Chronicles of Audy 4R kak , soalnya penasaran nih sejak dulu .. Semoga menang :) ;)

    Nama : sandra febry adriani
    Twitter : @sandra129499os
    Email : littlesaengie@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Buku yang sudah membuatku menangis?

    Thirteen Reasons Why, karena kisah Hannah agak mirip dengan kisahku, sama2 dibully. Bedanya aku mampu keluar dari lubang gelap pembullyan, beda dengan Hannah yang lebih memilih mengkahiri hidupnya. Aku kasihan sama Hannah, kasihan juga sama si Clay, dia menyukai Hannah dan ingin menyelamatkannya tapi sudah terlambat. Duh, buku itu bikin aku tersedu-sedu pokoknya :'(

    Kalau aku menang, aku pengen dapat The Chronicles of Audy 4R, katanya sih buku itu keren :)

    Nama : Windy Agustin
    Email : windyagustin8@gmail.com
    Twitter : @windyagustin8

    ReplyDelete
  15. buku I For You dari Orizuka, novel ini sick-lit, berhasil membuat air mata langka ini keluar. Ceritanya, si Cessa nih dijauhi sama teman-temannya, soalnya dia itu dispesialin banget sama sekolah. Padahal si Cessa punya penyakit, ya gitu lah ceritanya

    Aku pengennya buku Seoulvivor, soalnya belum baca buku itu, kalo Audy aku udah pernah baca dan punyna bukunya

    Zeni Tri Lestari
    @Zeni_TL
    zeni.lestari12@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Adinda Putri Citradewi
    @Adindaputri29D
    adindaputri29@yahoo.com/ putri149@gmail.com

    Buku yg buat aku nangis?
    Buku I For You-nya Orizuka sama The Invention Of Hugo Cabret-nya Brian Selznick. Sebenarnya aku itu tipenya orang yang nggak gampang terbawa (I'm honest). Tapi habis baca kedua buku itu. OMG the feelss.
    I For You kalau diliat dari sinopsis nya biasa aja. Tapi setelah baca sampai selesai, tak bisa menahan rasa sesak didada. Bener-bener ajib nih buku. Tokoh utamanya Cessa itu dianggap spesial oleh teman-temannya, karena dia selalu ditemani oleh sosok pangeran tampan bernama Benji. Dibalik semua itu ternyata Cessa mengidap penyakit semacam hemofilia, aku aja baru tahu penyakit itu habis baca bukunya, yaitu Von Willebrand Disease. Cessa takut untuk menceritakan penyakitnya kepada teman-temannya, karena takut mereka jijik padanya. Penyebab Cessa dan Benji selalu berdua dimanapun, karena mereka memiliki golongan darah yang langka, AB Negatif. Setelah itu, yahh pokoknya gitu dehh.
    Kalau TIOHC, ya memang ceritanya agak ke misteri dan sejarah perfilman. Tetapi justru yg bikin aku terharu itu, perjuangan panjang anak yatim piatu berumur 12 tahun yang ingin mencari kehidupan yang layak bernama Hugo Cabret. Dialah sang tokoh utama. Banyak rintangan yang harus ia hadapi, tapi dia menghadapinya dengan cara yang dewasa. Aku sumpah kagum sama tokoh satu ini. Bukunya juga sudah difilmkan tahun 2011 lalu. Kedua duanya pun sama bagusnya, walaupun ada yang berbeda.
    Udah itu aja yahh...
    Ini link sharenya
    https://twitter.com/Adindaputri29D/status/479464007963648000
    Oh iya buku yang kuinginkan itu The Chronicles Of Audy 4R, soalnya pengarangnya Orizuka sihh...
    Dimenangin ya... please...

    ReplyDelete
  17. Bismillah, saya ikutan :3

    pertanyaannya sama ama blog kemarin XD, jadi jawaban saya terpaksa sama ya kak :D, cuma ini satu buku yang bikin saya nangis:

    Mata Mutiara karya Hamzah Puadi Ilyaz

    buku tentang anak jalanan :) saya memang lebih menyukai pembicaraan mengenai dunia sosial gt, banyak cerita anak jalanan yang saya gak ketahui. dari sini saya tahu seringnya kematian menghantui anak jalanan. dimata saya anak jalanan banyak yang tertawa dan tersenyum saat mengamen tapi kita ga tau ternyata setelah pulang mengamen banyak hal yang mereka harus khawatirkan. cerita ini bikin saya tambah peduli dengan anak jalanan. mampu membuat saya juga ingin mendedikasikan diri pada anak jalanan sama seperti tokoh utamanya. ayo kita jadi volunteer untuk kehidupan yang lebih baik! XD


    e-mail: adephia119@gmail.com
    twitter: @Dephiil119
    fb: Dephil Phia

    aku pengen buku 4R aja, sebenernya mau SeoulVivor juga tapi disuru milih satu XD
    gapapa nanti saya jalan-jalan aja ke korea sendiri, tapi kalo nyasar gmna? XD nahloh ini semua author yang tanggung jawab XD

    haha sekian makasi, Wassalam :3

    ReplyDelete
  18. Buku yang membuatku menangis? Sebetulnya banyak. Haha... The Truth About Forever, I for You, Assalammualaikum Beijing, Satria November, dll. Kebanyakan sick-lit bikin aku nangis, atau minimal berhasil bikin aku berkaca-kaca. (pengecualian untuk yang penulisannya amburadul ya)

    Kalau novel yang bukan sick-lit, salah satu yang bikin aku nangis itu Moribito II: Guardian of the Darkness. Saat Balsa akhirnya dapat fakta kalo orang yang selama ini membantunya ternyata diam-diam menganggap Balsa beban, rasanya jleb banget.... Padahal Balsa berhasil bertahan sejauh ini karena dia. *pukpuk Balsa*

    Untuk buku non fiksi, paling sukses bikin aku nangis kayaknya 'Follow Your Passion'. Itu jleb banget. Apalagi bacanya di perjalanan ke kantor, tempat passionku harus mengendap. Berkaca-kaca di sepanjang jalan dan mesti melipir ke mushola buat nangis sejenak sebelum kerja. Ahaha... (.__.)

    Di antara dua buku di atas, aku pilih SeoulVivor karena udah punya Audy 4R~ :D

    Nama : Nurul Maulidia
    Twitter : @y_fantazer
    Email : yusa.haruna@gmail.com

    ReplyDelete
  19. “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”

    Buku yang buat saya nangis banyak hehe. Tapi, saya menangis bukan karena perasaan cinta/rasa sakit hati si tokoh utama, kebanyakan saya nggak nangis gara-gara itu. Saya lebih sering nangis gara-gara tokoh sampingannya yang berjuang untuk orang lain, saya selalu melirik tokoh-tokoh sampingan yang seringkali menginsipirasi.
    Salah satu buku itu adalah Cheeky Romance, saya nangis saat adik bagian tokoh utama yang begitu care pada kekasihnya yang jelas-jelas hamil bukan anaknya sendiri, itu nangis gara-gara dia mengganggap bayinya itu anaknya. Banyak sih yang bikin nangis sebenernya, berkaca-kaca sih lebih tepatnya.
    Kalo nangis karena tokoh utama, saya nangis baca Montase. Hm, saya nangis waktu Rayyi nyampek di Jepang dan ternyata Haru tetep mati. *jadi mewek lagi*
    Udah itu yang menurutku berkesan.

    Email : anantaprama@yahoo.co.id
    Twitter: @PutriPramaa
    Buku yang saya inginkan : Saya ingin dua-duanya sih, hehehe. Tapi lebih pengen SeoulVivor^^

    ReplyDelete
  20. Buku yang bisa bikin aku nangis itu salah satu buku dari Penerbit Haru juga kak. judul buku nya itu Dandelion Wish.
    Gak tau kenapa, aku sedih aja saat baca dibagian Tokoh Utama Pria (Cheng Feng) yang hilang ingatan, dan Ingatan nya kembali disaat tokoh utama cewek (Dr. Bai) dan Cheng Feng saling mencintai, saat itu ternyata sii cowok udah punya tunangan. beeeh gak kebayang tuh sakit nya gimana. aku nangis saat baca dibagian itu.. :'(
    Karena aku mungkin salah satu orang yang terkena haru syndrome jadi sampai sekarang aku hanya menginginkan buku-buku yang diterbitkan Penerbit Haru.

    Saat ini aku mau buku The Chronicles of Audy 4R :)
    Aku belum punya buku itu.

    Nama : Lusi Gusma Ningsi
    Twitter : @uchylusiy
    E-mail : uchylusiy@gmail.com

    Link share : https://twitter.com/uchylusiy/status/479537807543631872

    ReplyDelete
  21. Pertanyaan untuk GA kali ini : “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”
    Heeemmm… sejauh yang aku ingat,, ada beberapa buku yang buat aku nangis meski endingnya happy ending  diantaranya:
    1. After D-100
    Cerita sepasang suami-istri yang tidak bisa mempunyai anak. Sang istri yang sangat mencintai suaminya lebih dari apapun, meski sang suami bertindak acuh tak acuh. Tetapi dibalik sifat acuh tak acuh itu, ada perhatian yang teramat sangat dalam kepada sang istri. Sang suami yang memiliki rahasia kelam semasa muda, dia memendamnya sendiri. Usaha2 mempertahankan rumah tangganya, dan tangis sang istri meski terluka tapi ada rasa tidak tega meninggalkan suaminya… itu konflik yg cukup menguras air mata saya :’) lalu, kata2 di chapter terakhir… bab dimana anak (adopsi) mereka menceritakan kejadian yg tidak enak di sekolah kepada ayah (sang tokoh utama pria) nya, sungguh scene yang menyentuk :’)
    2. Sunshine Becomes You
    Mungkin, ini novel sick-lit pertama yang aku baca… tokoh utama wanitanya mengidap sakit jantung dan meninggal pada akhirnya. To be honest ya… sebenernya gak suka baca novel dengan sad ending, tapi karna teman dengan suka rela meminjamkan novelnya ini ke aku, ya apa salahnya di baca? Eehh lah kok berakhir menyedihkan seperti ini >< I CANT !!!! I DISLIKE SICK-LIT STORY T^T tapi aku akui, jalan ceritanya seru. :D Cuma ya itu, endingnya bikin nangis T^T
    3. Autumn In Paris
    Ini novel lama yang baru aja selesei aku baca kemarin (18-juni-2014) hehehehehee.. dulu temen pernah ngewanti-wanti (memperingati) untuk siap-siap tissue kalo seandainya aku baca novel ini. Udah punya feeling bakal ada yang bikin nangis.. dan ternyata emang bener >< kalo yang tadi cwek nya yang meninggal.. ini yang cowok >< dkjasbcdhnasjuidha dan yang bikin nyesek dan nangis amat sangat itu, si cowoknya rela pergi karena hubungan cinta di antara mereka itu TIDAK seharusnya ada T^T mereka saling mencintai, hingga mereka dipertemukan oleh kenyataan bahwa mereka saudara kandung >< dkasjhncdfioayhsdujw

    Email: dewipujiliestary@gmail.com
    Twitter: @dewi_liestary
    Buku yg ak inginkan itu ... can i choose both?? hhehhehe i cant rite? well kalau gtu.. ak pilih "SeoulVivor".. aku selalu suka buku2 yang ada koreanya :D

    ReplyDelete
  22. “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”

    AUTUMN IN PARIS karya ILANA TAN…
    SUNSHINE BECOMES YOU karya ILANA TAN..
    3600 DETIK karya CHARON…
    Ketiganya bkin nangis di akhir” cerita…. Klo tkoh utamanya pisah, apalgi pnybnya karena kematian pasti bkin nangis….

    email : ayuarista805@yahoo.co.id
    twitter : @AyuArista16
    buku yang dinginkan dari 2 buku di atas = The Chronicles of Audy 4R….. penasaran pengen baca banyak yg bilang bagus :D

    ReplyDelete
  23. Pertanyaan: " “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?"

    Jawaban: Alamat e-mail : biancanitta@gmail.com
    twitter: @biancanitta
    Buku Surat Kecil Untuk Tuhan, karena melihat penderitaan Keke sangat sedih:') setiap dia pacaran pasti kena penyakitnya lagi:'') dan salut sama sahabat-sahabatnya Keke mereka perhatian dan sayang banget sama Keke:')

    Aku akan memilih buku SeoulVivor, kenapa? Karena aku k-pop dan katanya membahas pengalaman dan info-info menarik mulai dari persiapan, info destinasi wisata umum hingga ke hallyu spotatau lokasi-lokasi wisata khusus:Dkeren tuh kayanya;;)Serasa dikorea:Dv

    ReplyDelete
  24. Banyak sih buku yang membuat saya nangis. Tapi belum ada yang berkesan. Jadi, nangisnya hanya sekadar kebawa ceritanya si penulis aja. Belum ada yang bener-bener menusuk kalbu hehehe..

    Saya ini orangnya pelupa. Jadi kalo gak berkesan, beda, penting, dll gak bakalan saya ingat. Oia, dan saya gak suka baca terjemahan. Habis translatenya gak jelas, kadang ngawur, kadang juga ambigu, dan sebagainya. Saya gak pernah bisa bertahan baca terjemahan lebih dari 15 lembar. Dan pasti gak bakalan dibaca sampai kapan pun. Kecuali klo dari awal translatenya bagus dan bacanya enak gak sampek pusing2 gitu. Padahal banyak novel luar yang bagus :( Tapi... itulah saya heheheh

    Btw, hadiahnya menggiurkan sekali tuh *lap iler*

    iin.sitimuthmainnah@yahoo.co.id | @iindetya

    ReplyDelete
  25. buku/novel yang sudah berhasil membuat aku menangis sebenarnya banyak tapi salah satunya adalah selembar daun momiji karya Arizu Kazura yang bergenre romance,sick-lit berhubungan dengan cinta segitiga antara Ryoco,Yamada dan Akihiko,tentang rahasia besar yang terungkap selama belasan tahun bahwa Ryoco bukanlah anak kandung dari orang tuanya, di hadapan dengan sakit kanker darah dan ia mencintai Yamada yang tak lain adalah saudaranya karena mereka seayah T.T

    dari penawaran di atas saya memilih Seoul Vivor <3 soalnya saya suka hal" yg berbau kpop :D

    twitter : @diyan402
    email : diyanarkyu@gmail.com
    share link : https://twitter.com/diyan402/status/479559468833718272

    ReplyDelete
  26. Novel yang membuatku sempat mengeluarkan air mata adalah 3600 detik. Penulis membuat alur ceritanya yg mudah dipahami, konflik yang membuatku terharu. Benar2 novel yg mengharukan bagi saya. Salam kenal ya,mbak =)

    Twitter : @ririnkgs
    Fb: chintya ririn
    Email : chintyaririn2@gmail.com
    Saya ingin mendapatkan buku seoul vivor :)) trims

    ReplyDelete
  27. Banyak buku/ novel yang membuatku menangis. Tapi salah satunya adalah novel "Hafalan Sholat Delisa" karya Tere Liye. Novel ini mengaduk-aduk perasaan. Menceritakan tentang Delisa anak yang ceria, si bungsu yang memiliki banyak saudara dan orangtua yang sangat menyayanginya. Kebahagiaannya ternyata harus terenggut seketika saat sebuah bencana Tsunami melanda tempat tinggalnya. Delisa kehilangan segalanya, keluarganya, salah satu kakinya, dan semangatnya.
    Sungguh sedih rasanya membaca novel ini, seakan-akan ikut hadir merasakan kepedihan Delisa. Novel ini sukses membuat saya menangis tersedu-sedu (padahal bacanya di perpustakaan kampus) sampai-sampai membuat orang melihat saya dengan tatapan aneh. :D


    Buku yang aku inginkan adalah Seoul Vivor >> siapa tahu suatu saat aku bisa pergi ke Korea dan buku ini jadi paduannya. :D

    twitter: @kurniahidayati_
    email: emailnia92@gmail.com

    ReplyDelete
  28. Twitter: @DewiTriantini
    FB: Dewi Triantini
    E-mail: dewi_anime@yahoo.com
    Linkshare: https://twitter.com/DewiTriantini/status/479578355864305664

    Salah satu novel yang udah buat aku nangis itu bukunya Kak Orizuka yang judulnya I For You. Ini novel keren banget, jempol banget deh (y) Biasanya aku jarang kalo baca novel sampe nangis segitunya, dan novel ini salah satu yang udah memecahkan rekor itu xD Kenapa? Karena ceritanya itu lohh, kena banget >< Setelah baca-baca lagi, ternyata aku suka cerita yang bergenre sick-lit, kaya novelnya Kak Orizuka yang satu ini. Walaupun ceritanya klise, mellow* gitu, tapi justru itu yang buat aku suka~ Makanya aku pengen banget baca People Like Us ini, kan ceritanya satu genre juga, hehehe :D

    Sebenernya sih pengen novel People Like Us-nya, hahaha xD Tapi kalo disuruh milih antara dua novel yang disediain(?) aku milih SeoulVivor. Karena aku udah punya The Chronicles of Audy 4R, hehe :D Tapi kalo ada yang V2 aja, tapi kan belum ada --,-- Jadi aku pilih SeoulVivor Kak ^^

    ReplyDelete
  29. Nama : Saskia Putri
    Twitter : @sasgyu
    Email : sasgyu@gmail.com

    Buku yang bikin aku nangis?
    I FOR YOU - baca I FOR YOU tuh rasanya ngena banget ke hati. Sedih aja sama kisah cinta Surya & Cessa yang kayaknya rumit banget, padahal mereka masih SMA. Sedih juga sama Cessa yang cinta sama Surya, tp suryanya malah ga respect.

    That Summer Breeze - nah, aku nangis pas baca novel ini bukan gara-gara Ares meninggal, tapi jutsru gara-gara adegan Ares sama Ayah. Entah kenapa, rasanya sedih banget pas baca Ares yang jelas2 lagi sakit justru dibentak ayah & dipukul ayah. Aku ngebayangin gimana kalo aku di posisi Ares.

    MONTASE. - aku nangis pas bagian Rayyi makan internet. Mengingat masa2nya dengan Haru. Apalagi makin jerit jerit pas baca tulisan yg nancep banget ini. "Suapan yang kedua ini sangat asin. Bukan asin karena garam, melainkan karena air mata."

    Buku yang aku pengen? Dua2nya gaboleh ya kak?? Wkwkwk. Aku pengen 4R aja deh, kayaknya seru sampe dibikin sequelnya. ^^
    Oke, wishing me luck deh!

    ReplyDelete
  30. Buku yang bikin aku nangis yang paling aku ingat adalah Autumn in Paris T__T Awalnya nggak terima kenapa ceritanya bisa begitu. Padahal tokoh cewek sama cowoknya udah bahagia bersama sampai akhirnya sebuah fakta memisahkan mereka. Yang bikin aku nangis adalah bagian disaat sebuah kecelakaan menimpa salah satu tokoh dibuku ini. Sampai sekarang, aku masih berkaca-kaca kalau membaca part itu berulang kali.

    Dian Maharani
    @realdianmrani93
    dianmaharani833@yahoo.com
    Buku yang diinginkan: Dapat salah satu dari keduanya nggak apa-apa :D Kalau emang dipaksa memilih *eakkk* aku pilih The Chronicles of Audy 4R :D

    Makasih Giveaway-nya mbak.. Wish me luck o:)

    ReplyDelete
  31. Nama: Farah
    twitter: @_wolfhara
    e-mail: aurelliamaudyna@gmail.com
    link share: https://twitter.com/_wolfhara/status/479596384312516611
    Buku yang diinginkan: Audy 4R

    Buku yang sudah membuatku menangis ada banyak banget. Tapi, dari sekian banyak buku itu, ada 4 buku yang paling berkesan buatku, yaitu: I Will Always Love You, Delirium, Sunshines Becomes You, dan You are The Apple of My Eye.

    1) I Will Always Love You - Ini cerita tentang pengorbanan seorang ayah untuk anaknya yang mengidap penyakit kanker. Ceritanya sedih banget, dari sini aku tahu gimana kasih sayang seorang ayah yang teramat dalam dan rela melakukan apa saja demi anaknya asal anaknya bahagia. Termasuk, mengorbankan kebahagiaannya sendiri dan menukarnya dengan kesengsaraan selamanya.

    2) Delirium - Pasti sudah ada banyak orang yang tahu deh tentang cerita ini. Yang bikin aku nangis adalah, pas bagian akhir dari cerita. Tepatnya pas Lena bilang "Ingat. Aku mencintaimu dan mereka tak bisa mengambilnya dariku." :') Dari sini aku belajar bahwa cinta sejati itu bukan hanya sekadar kata.

    3) Sunshines Becomes You - Meskipun ada yang bilang kejadiannya agak klise, tapi pas Mia ngomong dalam tape itu bikin aku nangis. Enggak tau kenapa, tapi rasanya nyesek banget. Terlebih karena tokoh cowoknya nama Alex. Aku pernah punya sesuatu momen yang tidak mengenakkan dgn org yg punya nama itu. Hehe.

    4) You Are The Apple Of My Eye - Kenapa aku nangis? Karena jarang banget ada cowok yang kayak Ke Jingteng. Terus, endingnya juga bikin kita ngerasa perasaan hampa yang enggak ada obatnya. Gara-gara novel ini, aku nangis kejer dan langsung nonton filmnya di youtube meskipun enggak pakai subtittle. Dan, habis itu aku nangis lagi.

    Semoga aku beruntung. Pilih aku ya kakakk *kedip2*

    ReplyDelete
  32. nama : Ken Astri D.
    twitter : @orion____
    email : ken.orion91@gmail.com
    link share : https://twitter.com/orion____/status/479629816161792000

    Jujur saya tipe-tipe yang susah nangis kalau baca novel, paling banter sih cuma sedih hehehe~ Tapi saya ada satu judul yang paling bikin saya nyesek dan butuh keberanian(?) untuk baca ulang novel itu. Novel karangan Orizuka-senpai yang judulnya "The Truth About Forever". Tau sih kalo bau-baunya(?) akan sad ending, sick-lit mah biasanya gitu. Tapi gak nyangka kalau Orizuka-senpai mengakhiri ceritanya dengan cara seperti itu. Belum lagi sepanjang cerita novel, dua tokoh utama (Yogas dan Kana) dibikin galau terus huhuhu~ sugoi lah!!

    Untuk GA ini, saya pilih "The Chronicles of Audy 4R". Mau baca karya Orizuka-senpai lagi hehehe~
    Thank you untuk giveaway nya, Kak :))

    ReplyDelete
  33. Buku yang membuatku sampai menangis cukup banyak, tapi yang paling membekas adalah:

    1. Autumn in Paris - Ilana Tan
    Mungkin banyak yang menangis pas membaca buku ini. Karena apa? Kisah cintanya sangat tragis dan menyedihkan. Bayangkan saja dua orang yang saling mencintai ternyata adalah kakak-beradik. Mereka harus ikhlas menerimanya walaupun sangat terpukul. Belum lagi kematian yang dialami si Tatsuya, pasti menjadi cobaan yang berat bagi Tara. *spoiler* Benar-benar mengajarkan kalau kita tidak bisa menyalahkan takdir, hanya bisa menerima semuanya dengan ikhlas jika sudah terjadi.

    2. Our Story - Orizuka
    Buku ini menceritakan tentang kehidupan anak-anak yang dianggap "sampah masyarakat". Aku sangat terharu membacanya. Bagaimana bisa orang-orang disekitar mereka tega menghina mereka sehingga menyebabkan mereka tak lagi mau mengejar cita-cita mereka? Bagaimana bisa mereka tetap bertahan dengan kondisi seperti itu? Buku ini juga mengajarkan ku bahwa segala hal terjadi karena alasan, jika kita tak tahu alasan yang sebenarnya dibalik seseorang melakukan satu hal negatif atau menjadi seseorang yang berkelakuan buruk, sepertinya kita tidak pantas untuk menilainya secara sembarangan. Karena belum tentu apa yang mereka lakukan murni kemauan mereka sendiri, banyak faktor-faktor lain yang memaksa mereka untuk menjadi sesuatu yang buruk itu atau melakukan hal buruk itu.

    3. Love You Till I Die - Teresa Bertha
    Tidak semua bagian dalam novel ini yang membuatku menangis. Hanya ada satu part yang membuatku menangis, sampai harus menutup bukunya untuk beberapa menit. Adegan saat Adrienne/Violin meminta maaf kepada ibunya yang hampir gila karena ditinggal kabur olehnya. Sedikit banyak sifatku agak mirip dengan Adrienne, suka membangkang. Dan aku sangat sedih sekali melihat perubahan sikap ibunya Adrienne yang tadinya seorang yang cekatan dan disiplin, mengalami penurunan mental. Semua hal yang berhubungan dengan orang tua, selalu membuatku ingin menangis.

    4. Her Sunny Side - Koshigaya Osamu
    Ini yang membuatku sempat menangis juga meski awal-awal cerita sempat merasa sedikit bosan. Twist dan ending yang tidak tertebak dalam novel ini benar-benar membuatku sedih. :")

    5. Evergreen - Prisca Primasari
    Cerita-cerita dari masing-masing pegawai kafe Evergreen yang membuatku menyadari, betapa kecilnya masalah yang menimpaku jika dibandingkan dengan masalah mereka namun aku seringkali mengeluh dan protes kalau hidup tidak adil. Namun aku tidak menyadari, bahwa ada banyak orang di dunia ini yang memiliki kisah serupa dengan mereka. Sama seperti tokok-tokoh dalam novel Evergreen, banyak dari mereka yang jarang mengeluh dan tetap melanjutkan hidup dengan semangat, meski dilanda banyak masalah hidup yang berat.

    Fabiola Izdihar
    @wolfhan88
    fabizdihar@gmail.com
    The Chronicles of Audy: 4R

    ReplyDelete
  34. Twitter : @vindafilazara
    E-mail : vindanafila19@gmail.com

    Pertanyaan : “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”

    Jawaban :

    Salaam. Bismillahirrahmanirrahim.
    Dari awal saya mencintai buku hingga detik ini, ada satu buku yang sangat menguras emosi dan perasaan saya.
    Pernah kenal dengan karya-karyanya bang Ma'mun Affany ? Saya. Saya sangat menyukai karyanya. Buku yang berjudul " 29 JUZ HARGA WANITA " menceritakan tentang perjalanan hati seorang pemuda desa sederhana, awam dengan agama, sekolah belum sempat tuntas, bahkan hari-harinya hanya terisi pekerjaan sebatas kuli bangunan.

    Tanpa diduganya hatinya harus berlabuh pada seorang santri pesantren, ayu lagi santun.
    Kegigihannya dalam memperjuangkan cintanya, pada akhirnya meluluhkan hati sang gadis.
    Namun siapa sangka, jika ditengah gemuruhnya cinta mereka yang telah halal, kebahagiaan harus terenggut? Apa yang kau rasakan ketika belahan jiwa tak lagi mengingatmu sebagai satu satunya anugerah terindah dari-Nya ? Dan ada apa dengan 29 Juz ?
    Percayalah, Ma'mun Affany akan membawamu menuju arti cinta yang sesungguhnya dalam kisahnya. Selamat membaca :)

    Dari dua buku yang di sandiwarakan diatas, saya lebih memilih The Chronicles of Audy 4R. Kenapa? Berdasarkan sinopsisnya, sepertinya ceritanya renyah untuk dibaca. Bikin penasaran. Semoga dapat deeh~ aamiin :D

    share link : https://twitter.com/vindafilazara/status/479664836343627779

    ReplyDelete
  35. email: biondyalfian[at]yahoo[dot]com
    twitter: @biondyalfian
    tweet GA+blogtour: https://twitter.com/biondyalfian/status/479678644290203648
    buku pilihan: Audy 4R

    Wah, susah nih. Soalnya belum pernah baca buku yang sampai bikin nangis sih. Terakhir yang bikin berkaca-kaca itu novel "Jody dan Anak Rusa". Suka banget sama hubungan kekeluargaan keluarga Baxter, juga hubungan Jody dan Flag, anak rusa peliharaannya.

    Endingnya sedih gitu sih. Menguras emosi.

    ReplyDelete
  36. email : maulida.rin@gmail.com
    Twitter : @Rinchan34
    Buku Pilihan : The Chronicle of Audy : 4R

    Kalau ditanya novel apa yang pertama kali buat aku nangis, jawabannya langsung novel kak Orizuka yang judulnya The Truth About Forever. Aku yang sudah terlanjur jatuh cinta pada tokoh Kana dan Yogas rasanya sulit menerima jika Kana dan Yogas harus berpisah tiba-tiba, dan dengan cara seperti itu. Awalnya aku sudah sempat ikhlas kalau nanti Yogas meninggal karena penyakitnya. Tapi, Yogas malah meninggal karena sebuah kecelakaan. Ditinggalkan Yogas secara tiba-tiba membuatku seolah bisa merasakan kepedihan Kana. Jalinan kisah cinta yang tulus itu harus berakhir dengan cara seperti ini. Dan, bagian yang terus melekat diingatanu dan selalu membuat aku menangis adalah, ketika Kana menemukan rekaman suara Yogas yang dibuat sebelum dia meninggal. Itu benar-benar menguras air mata aku.

    ReplyDelete
  37. Buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?
    = Buku 3600 Detik dan Hafalan Sholat Delisa
    - Buku 3600 detik sedih banget karena ceritanya itu bener - bener nyangkut , Kisah perjalanan yang luar biasa , Sad Ending pula . Perempuan yang sangat broken akhirnya bisa berubah karena seorang laki - laki , tapi itu tidak bertahan lama kebahagian mereka karena Tuhan sudah mengingkan laki - laki itu dan akhirnya ....
    - Hafalan Sholat Delisa
    jujur pas nonton film nya aku ga terlalu sedih , gimana ya jadi tuh masih biasa - biasa aja tapi pas baca bukunya aku nangis kejer , Ya ampun .. Benar - benar kukuh islam nya Delisa , dia tetap melanjutkan Sholatnya walaupun sebener nya badai berada di samping nya . Dia juga berusaha untuk tidak berlarut - larut dalam kesedihan , aku bener - bener sedih pas Delisa tetap tersenyum walaupun ibu dan kakak perempuan nya itu sudah tidak ada , ia tetap ceria .

    Twitter ; @AditaYulG_
    Email ; aditayulinda9jhs@gmail.com
    Buku yang dipengen itu ; 4R -Banyak banget yang bilang buku itu bagus , aku kepengen sekali

    ReplyDelete
  38. Nggak ada sih kayaknya buku yang dibaca sampai nangis, soalnya kisah hidupku ada yang lebih tragis daripada novel-novel fiksi yang aku baca *eh lebay deh gue* :p

    Kalau yang bikin berkaca-kaca sampai mata merah (tapi nggak sampai mengeluarkan air mata) ada. Judulnya 'Autumn in Paris' karya Ilana Tan.
    Bagaimana mungkin kalian bisa jatuh cinta kepada seseorang yang kalian anggap dia itu menyenangkan dan bikin nyaman, tapi ternyata kalian nggak akan pernah bisa menikah dengannya?
    Begitulah premis yang aku tangkap dari novel 'Autumn in Paris' yang ternyata Tara jatuh cinta pada Tatsuya, seorang anak laki-laki yang ber-ayah sama dengannya. Artinya, bagaimana mungkin mereka menjalin hubungan jika statusnya adalah saudara kandung? Dilengkapi dnegan salah seorang tokoh yang meninggal pada akhirnya (eitss, nggak mau spoiler ah). It's sad ending enough.

    Twitter : @nhenie
    Email : nh3_n1e@yahoo.co.id
    Buku yang dipilih : SeoulVivor

    ReplyDelete
  39. Holaaa! Saya pengunjung baru blog ini, mau ikutan Giveawaynya juga :)
    Email : nabilaaamelias@gmail.com
    Twitter : @NaMelia98
    The Chronicles of Audy : 4R

    Dari sekian banyak buku yang kubaca, sampai sekarang belum ada buku yang bikin banjir air mata. Tapi ada beberapa buku yang bikin aku menitikkan air mata :

    1. Totto Chan - Gadis Cilik di Jendela
    Aku udah agak-agak lupa ceritanya, karena aku baca ini pas kelas 6 SD. Tapi masih inget jalan ceritanya. Novel ini menceritakan tentang Tetsuko Kuroyanagi atau yang akrab disapa Totto Chan. Totto Chan adalah gadis yang sangat lucu, periang, nakal, aktif, suka ingin tau dan banyak tingkah. Suatu hari, wali kelasnya yang sudah kewalahan berkata bahwa Totto Chan dikeluarkan dari sekolah. Lalu mama Totto Chan memindahkannya ke sekolah berbentuk gerbong kereta yaitu Sekolah Tomoe Gakuen. Di sekolah ini, Totto Chan banyak mendapatkan pengalaman. Novel ini banyak moral valuenya, ngajarin kita untuk bebas, mandiri, saling tolong menolong dan peduli kepada sesama. Novel ini bikin aku menitikkan air mata karena kisah Totto Chan bersama teman-teman barunya yang sangat mengharukan. Apalagi pas bagian Totto Chan ketemu Yasuaki Yamamoto, temennya yang cacat. Menjelang akhir hidup Yasuaki, Totto Chan berusaha membuat Yasuaki senang. Sampai akhirnya Yasuaki meninggal. Ya ampun :'( Terus salut banget sama kepala sekolahnya Tomoe Gakuen, Pak Kobayashi. Dia selalu berusaha ngajarin murid-muridnya lewat hal-hal kecil tapi ngenaaaa banget :'))

    2. Totto Chan Children's
    Buku ini juga aku baca pas kelas 6 SD. Jadi udah lupa lupa gitu. Sama kayak buku pertamanya, buku ini juga ngajarin banyak hal. Apalagi pas si Tetsuko mulai jadi duta UNICEF. Dia keliling dunia waktu zaman perang dunia II untuk nengok kondisi anak-anak pada masa itu. Yang bikin menitikkan air mata itu pas dia ngeliat anak-anak afrika yang busung lapar justru harus nyari air jauh buat bertahan hidup, terus kemiskinan dibeberapa negara yang bikin miris. Gak hanya itu, dia juga mengunjungi salah satu tempat yang penuh tengkorak manusia yang habis dibunuh. Terus ada juga pas dia ngunjungi salah satu panti dan ngadopsi salah satu anak panti tersebut. Buku ini juga didukung foto-foto asli ketika Tetsuko keliling dunia. Liat foto-fotonya bikin pingin nangis. Kita wajib bersyukur, karena tanpa kita sadari, sebenernya banyak anak yang nasibnya nggak seberuntung kita. Ya Allah, salut sama Tetsuko! :')

    3. The Truth About Forever
    Ini salah satu novel karya penulis indo, Orizuka, yang bikin aku syediiih dan menitikkan air mata. Soalnya, di ceritakan bahwa Yogas sang tokoh utama divonis kalau umurnya gak lama lagi. Tapi bukannya mempergunakan waktu dengan baik sebelum ajal menjemput, dia malah gunain sisa waktunya buat balas dendam. Terus dia ketemu Kana. Cewek yang ingin dia hindari, tapi malah semakin dekat dengan dia. Sampai akhirnya mereka deket terus si Yogas ketemu orang yang ngehancurin hidupnya. Klimaksnya pas si Yogas meninggal. Kerenlah novel ini!

    4. Autumn In Paris & Sunshine Becomes You
    Dari 5 Season Series yang paling nyesek dan bikin aku menitikkan air mata, ya 2 ini! Di Autumn In Paris aku menitikkan air mata karena dua tokoh utamanya harus berpisah setelah mengetahui kalo mereka bersaudara padahal mereka saling mencintai. Sampai si Tatsuya itu meninggal. Ya ampun! Jalan ceritanya gak ketebak :') Terus yang Sunshine Becomes You itu juga. Padahal Mia sama Alex udah saling cinta sampai akhirnya Mia divonis umurnya tinggal dikit. Apalagi kalo inget bagian endingnya, duh! Gak usah ditebak deh, nyesek abis! -____- :(

    5. Novel Klasik - Heidi
    Ini menceritakan tentang seorang anak berumur 8 tahun. Dia sangat senang ketika dititipkan dengan kakeknya dipuncak Alpen. Tapi yang bikin nangis ketika si Heidi dipaksa untuk beradaptasi di Frankfurt padahal dia sangat merindukan kehidupannya di gunung

    Hmm, sebenernya ada lagi sih. Tapi aku lupa. Waduh kebanyakan ya? Maaf deh Kak. Hehehe. Nah, novel-novel diatas reccomended banget! Wajib baca!

    Link promo GA :
    https://twitter.com/NaMelia98/status/479913026485616640

    ReplyDelete
  40. Hai, ikutan mba, salam kenal :D

    Email : aiformaningrum@gmail.com
    Twitter : @aidafa29

    Buku yang telah membuatku menangis itu;
    1. The Fault in Our Star > Buku terjemahan pertama yang kubaca (Setelah Toto Chan) tapi aku bisa mengikuti bahasanya yang agak aneh hehe dan itu membuatku menangis! Apa lagi pasca Hazel ditinggal August
    2. Semoga Bunda Disayang Allah dan Ayahku Bukan Pembohong > Buku karangan Bang Tere selalu mengesankan. Tak henti-hentinya menangis, sungguh inspiratif!
    3. Autumn In Paris dan seputar tetraloginya > Sudah lupa, sih. Tapi aku ingat ini novel yang membuatku jatuh cinta dengan buku apalagi romance. Kisahnya Tatsuya itu jleb banget
    4. Bangkok: The Journal > iya, Bangkok bikin aku nangis. Soalnya kan kental akan keluarganyaaa. Touching banget;))

    Kira-kira itu sih. Dan yang membuat menangis itu apa ya.... Tema mungkin berpengaruh. Seperti family, broken romance, sick-lit suffering gitu. Tapi sebetulnya novel yang membuat nangis itu relatif! Relatif bagaimana si penulis merangkai kata yang mengundang air mata, relatif bagaimana mood kita saat membaca (menghayati atau tidak). :D

    Buku yang dipilih: Chronicles Audy 4R
    Semoga beruntuuuung...
    Link share :
    https://twitter.com/aidafa29/status/480106555220582400

    ReplyDelete
  41. Halo Mbak Inge, aku ikutan ya ^^
    Makasih udah jadi host di blog tour kali ini ^^

    Sebenernya buku yang berhasil bikin aku nangis itu enggak banyak, yang banyak malah yang behasil bikin aku nyesek. Padahal perasaan nyesek sehabis baca buku itu lebih menderita daripada perasaan nangis habis baca buku T.T
    Kok malah ngelantur? :3 Kembali ke topik utama. Ini dia sebagian buku yang berhasil bikin aku nangis termehek-mehek:

    1. The Not-So-Amazing Life of @aMrazing-nya Alexander Thian yang bab "Dummy Seharga Dua Juta"
    Kenapa? Karena aku tersentuh sama pengorbanan seorang bapak yang ingin memberikan hadiah handphone kepada anaknya yang autis dengan uang hasil tabungannya selama ini. Tapi ternyata bapak itu malah ketipu sama orang yang ngaku-ngaku jual handphone asli seharga 2 juta, padahal handphone itu handphone dummy--handphone replika--yang cuma laku dijual seharga 50 ribu.
    Hebatnya, bapak tersebut bukannya marah-marah malah dia ikhlas dan mendoakan orang yang nipu bapa tersebut.
    "Nggak ada gunanya marah sama penipu atau orang yang jahat sama kita, Dek. Rezeki setiap orang sudah ada yang atur. Yang penting, hari ini anak saya senang walaupun tanpa handphone baru."
    Jadi keinget sama pengorbanan bapak untuk aku selama 16 tahun ini :'( Bapak rela kerja capek-capek banting tulang untuk memenuhi semua kebutuhan aku, untuk buat aku seneng, untuk memberikan yang terbaik untuk aku, dll :'(

    2. Amore-nya Margaret
    Kenapa? Karena di buku ini Ibu si tokoh utama meninggal T.T
    Paling enggak kuat kalo ada cerita yang orang tuanya meninggal :'(
    Apalagi baca ini waktu masih awal SMP, masih sensitif-sensitifnya.
    Jadi mbayangin kalo Ibuku meninggal :'(
    Ibu yang selalu ada buat aku, Ibu yang selalu memberikan yang terbaik buat aku, Ibu yang selalu sayang, cinta dan perhatian sama aku, Ibu yang .... (banyak banget) :'(

    3. ROMA: Con Amore-nya Robin Wijaya
    Kenapa? Karena aku sebel, aku sakit hati, aku kecewa T.T
    Gimana jadinya jika seseorang yang selama 2 tahun ini berstatus kekasih kamu itu suka dan pergi-pergian sama perempuan lain yang baru dikenalnya di belakang kamu tanpa kamu ketahui, tanpa dia memberitahu? Dan saat kekasihmu menyadarinya, itu sudah terlanjur jauh. Kamu hanya bisa melepasnya, merelakannya dengan perempuan lain.
    Ya, itulah yang dialami Marla--karakter pembantu dalam buku ini. Dan itulah yang bikin aku nangis karena membayangkan menjadi Marla. Karena itu juga aku enggak bisa bersimpati dengan karakter utama dalam buku ini :3

    Ila Aulia Rahmah
    @ilaciouss
    la_aulia97@yahoo.com
    Buku pilihan: SeoulVivor

    ReplyDelete
  42. Kemarin yang baru selesai itu IT HAPPENED TO NANCY. Novel ini juga bergenre Sicklit. Tokoh Nancy harus mengidap HIV AIDS pasca berhubungan badan dengan Collin. Gila aja, umurnya baru 14 tahun. Dan ML yang mereka lakukan, Nancy seperti diperkosa. Yang membuat saya menangis itu pas Nancy kepayahan dengan sakitnya hingga membuat duburnya berdarah. Malu sama teman-teman, risih dengan sang ibu hingga merasa dirinya sudah tak mampu bertahan. Poin sedihnya adalah anak perempuan 14 tahun harus menderita sakit yang tidak ada obatnya.

    Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Email: hapudincreative@gmail.com
    Buku Pilihan: SeoulVivor

    Semoga beruntung i GA ini dan terima kasih atas GA-nya

    ReplyDelete
  43. Hallo Mbak Inge'
    Hallo Z' kuadrat ^_^ *kiss*

    Ikutan GA-nya ahhh..
    *lagi ngincer sesuatu*

    "buku apa yang sudah membuatku menangis?"

    "wogh, banyak Mbak Inge (secara emang dasarnya cengeng) ~ kayanya baca buku horor aja nangis #heh

    seriusan, klo ditanya buku apa aja yang sudah membuatku nangis itu banyak, more than one #lalumenyanyi

    aku urut berdasarkan yang paling baru aku baca sampai yang pualing lawas yah..

    1. People Like Us, karena Amy harus meninggal *emang sih itu sudah ketahuan dari awal* bukan ~ bukan itu alasannya, karena Ben akhirnya sadar kalo dia suka sama Amy, dan itu setelah Amy meninggal, sementara Amu cuma ninggalin sepucuk surat buat Ben *oh, my GOD bahkan waktu nulis ini aja aku masih bisa mewek* #ambiltisu

    2. Love, Affair and The Reunion (Ifa Avianty), ini aku gak baca seri pertamanya, cuma baca seri kedua dan terakhir ini. Sedihnya yang bikin air mata meluber kemana-mana, karena ini banyak banget kisahnya yg merepet ke aku (heh!) soal mempertahankan komitmen pernikahan, mempertahankan pasangan sampai harus kehilangan sahabat yang terdekat. #huwaahh. #ambiltisu

    3. Montase (GagasMedia), sedih karena, iya sang tokoh utama ditinggal mati/ pergi oleh seseorang yang tadinya bukan siapa-siapa, dan, hanya meninggalkan sepucuk surat. Demi apah, klo ternyata kemarin pas baca People Like Us, adalah kali kedua aku nangis gegara cerita yang berhubungan dengan Surat Terakhir #salahpokuswoey
    Mkasudnya, aku pas nangis kejer.nya kan emang pas adegan si tokoh utama baca surat terakhir, yeee #malahnyolot. Oke, abaikan Mbak Inge.
    yang bikin nangis itu ketika surat Haru harus menunggu selama 2 tahun untuk dikirimkan ke Rayyi, bayangkan, setelah selama itu Haru sudah pergi dari Rayyi tanpa kabar, tiba-tiba ada surat untuk Rayyi (2 tahun kemudian) ketika Rayyi menuruti isi surat itu rupanya Haru sudah lama meninggal. #huwahhh #ambilsekarungtisu

    4. Totto Chan's Children, versi terjemahan: buku ini benar-benar menyedihkan ~ menceritakan tentang perjuangan dan pengorbanan anak-anak di Afrika yang serba kekurangan (cerita di buku ini saking sedihnya sampai nempel erat di kepalaku) gak mungkin klo gak nangis dah baca buku ini, apalagi diselingi beberapa gambar/ foto tentang kondisi anak-anak Afrika yang kurus kering sakit, dan ahh... *too painful for me* #bacasendirideh #sodorinbukunya

    kayanya itu aja deh Mbak Inge, aku tak sanggup bersedih hari ini #apasih #laluditendang

    Nama: Winda Scorfi
    Email: merahbatako@gmail.com
    Twitter: @windascorfi
    Buku Pilihan: Audy 4R *plus sampul buku Emerald* #rekues #dikeplak

    Thank you Mbak Inge buat GA-nya, sukses selalu *kiss*

    ReplyDelete
  44. E-mail: phelinafelim@gmail.com
    Twitter: @phelinafelim

    Novel yang pernah membuat aku nangis adalah The Truth About Forever karena kebohongan-kebohongan Yogas dan semua perangainya yang berubah-ubah membuat Kana bingung dan sakit hati. Yang lebih mengiris hati adalah Yogas melakukan hal itu karena ia berpikir bahwa masa lalu yang dialaminya, membuat dirinya tidak pantas dicintai oleh seorang Kana. Sosok tegar Kana juga membuat hatiku trenyuh. Ia tetap percaya bahwa semua yang dikatakan Yogas tidak pernah benar. Ia yakin akan cintanya dan ia yakin Yogas juga mencintainya. Dan di saat semuanya terbongkar, Kana tetap mau mencintai pria itu. Membayangkan Yogas menangis, sungguh membuat air mataku ikut menetes.

    Aku hampir tidak pernah menangis setiap kali membaca novel, sesedih apapun itu. tapi novel The Truth About Forever berbeda. Aku seakan-akan diajak untuk merasakan apa yang dialami oleh Kana dan aku sangat mengerti sakitnya dibohongi oleh orang yang sangat kita cintai.

    Buku pilihan: SeoulVivor

    ReplyDelete
  45. Nama : Melani Ika Savitri
    Twitter : @aii_vitri
    e-mail : lani.vitri@gmail.com

    buku yang bikin saya nangis, ada beberapa sih, salah tiganya: Hafalan Shalat Delisa (Tere Liye), Tenggelamnya Kapal Van der Wijk, Sang Pemimpi (Andrea Hirata). nangisnya terutama di adegan-adegan yang berhubungan dengan perpisahan (antara kekasih, ibu, ayah) dan hal-hal sedih yang terkait orang tua (adegan si ikal di sang pemimpi yang mengecewakan sang ayah).
    buku yang saya pilih Seoulvivor. salam kenal :)

    ReplyDelete
  46. Salah satu buku yg udh buat aku nangis yaitu novel Autumn in Paris. Waktu itu sih aku ga kepikiran kalau novel ini ceritanya sedih. Karena dari awal tuh ceritanya romance banget. Apalagi disaat si cowo nyeritain tentang si cewe yg dia suka atau waktu dia ngajak kencan lewat surat yg ia kirim ke radio. Tp pas dipertengahan aku kok ngerasa ada yg aneh yah sama hubungan kedua orang ini. Eh ternyata tebakan aku bener. Ga kaget sih, tp tetep aja aku nangis bacanya. Dan yg paling nyesek itu pas endingnya. Sempet ga rela sih, aku ngerasa knp endingnya harus kaya gitu. Ending yg ga bisa di tebak.

    Buku yg di inginkan : The Chronicles of Audy 4R
    Akun twitter : @enndh
    Email : endahnurfajriyah@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Buku yang pernah membuat pipiku mendapat banjir kiriman dari mata:
    1. Forgiven-Morra Quatro. Will terlalu care terhadap Carla sampe nutupin hal penting, ujung-ujungnya hidupnya malah berantakan. Salah satu adegan yang bikin aku nangis adalah waktu anak Carla menggambar bareng Will di penjara.
    2. komik Naruto, volume 43 kalau ga salah, yang menceritakan kebenaran mengenai Itachi yang sangat melindungi adiknya, Sasuke, dengan caranya sendiri walaupun cara itu mungkin bagi sebagian besar orang dianggap salah. Itachi membunuh semua anggota klannya sendiri termasuk orangtuanya, tapi gak bisa membunuh Sasuke.
    3. Buku yang pertama kali membuatku terharu, nangis, sampai mengubah visi hidupku adalah Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia. Buku ini menceritakan perjalanan Totto-chan sebagai duta UNICEF dan bertemu anak-anak sangat kurang beruntung di seluruh dunia. Buku ini menggambarkan cara pandang anak-anak terhadap berbagai masalah pelik. Dengan segala masalah yang mereka hadapi, mereka memiliki harapan walaupun tidak tahu kapan harapan itu terwujud. Salah satu kutipan favoritku adalah
    Kami Bertanya, "Tidakkah kau takut tertular AIDS?"
    Dan inilah jawaban Nicole, " Aku memang takut, tapi kalau aku tertular AIDS, aku masih bisa hidup beberapa tahun lagi, kan? Kau tahu, keluargaku tidak punya makanan untuk besok."

    Afifah Mazaya
    @FifNoor
    56mazaya@gmail.com
    Buku yang diinginkan: SeoulVivor

    ReplyDelete
  48. buku yg membuatku nangis sebenernya banyak.. salah satunya 'the fault in our stars' karna tokhonya yg sama" sakit.. begitu juga dgn endingnya..

    trus autumn in paris yg tokohnya ga bisa mencintai dgn sempurna karna mereka bersaudara kandung..

    dan 3600 detik .. sick lit juga temanya. ceweknya ini broken dan susah diatur sampe ketemu cowok yg ternyata sakit dan perilakunya berubah setelah bertemu dgn cowok ini.

    yangchen85@yahoo.com
    twitier: @Litaa_FAN
    buku yg diinginkan : the chronicles audy 4r .. yg menurut review lucu banget
    link share : https://twitter.com/Litaa_FAN/status/480553610367864832

    ReplyDelete
  49. Buku yang pernah buat aku nangis, udah pasti buku A Child Called It, yang berisi kisah nyata seorang anak bernama Dave Plezer. buku ini juga ditulis sendiri oleh Dave, dan mempunyai 3 seri. A Child Called It adalah seri pertamanya, yang berhasil membuat air mata saya tak berhenti mengalir di setiap paragrafnya. Bagaimana bisa seorang ibu memperlakukan anaknya seperti seorang binatang? Anehnya, sang ibu hanya melakukan ini pada Dave. Sedangkan kakak-kakaknya diperlakukan secara wajar. Sang ibu juga tidak pernah memanggil Dave dengan namanya, dia selalu memanggil dengan 'itu' atau 'it' yang setara seperti memanggil benda atau binatang. Sang ayah juga tak bisa berbuat apa-apa. Karena di rumah, sang ibulah yang paling berkuasa. Bagian yang paling menyayat hatiku *ciah* itu di bagian, si ibu nyuruh Dave buat makan kotoran adiknya sendiri! Ini buku recomended banget buat yang jarang nangis. Kita juga bisa merasakan kejinya seorang ibu disini.
    Seri kedua, berjudul The Lost Boy. Ini juga gak kalah sedihnya (meskipun bagiku seri pertama lebih bikin air mata habissss). Di buku ini menceritakan titik awal perjuangan Dave untuk melarikan diri dari ibunya yang kejam. Kebayang kan, gimana tersiksanya dia di rumah yang udah kayak neraka.
    Seri terakhir berjudul A Man Named Dave. Ini cerita pas dia udah sukses. Perjuangannya untuk bertahan hidup gak sia-sia. Karena akhirnya, Dave menjadi orang yang berhasil. Ia tak ingin ada anak-anak yang bernasib sama seperti dirinya. Yeay!

    twitter: @FSiskaaa_
    email: andesidabf@gmail.com
    buku yg diinginkan: The Chronicles of Audy 4R
    link share: https://twitter.com/FSiskaaa_/status/480929756032950272

    ReplyDelete
  50. Halo kak inge, salam kenal :D
    Coba ikutan, yaa...

    Nama : Ayun Susanti
    Twitter : @yunay1107
    Facebook : Yuna Lazuardi Lockhart
    Email : ayunsusanti.yuna@gmail.com
    Buku yang di inginkan : Seoul Vivor

    Aku pernah baca buku terjemahan jepang yang judulnya 'Aku Terlahir 500gr Dan Buta'. Awalnya aku baca buku ini di perpus sekolah. Dan, you know ? Saking sedihnya paragraf2 di buku itu, aku bahkan sukses menangis hanya dengan membaca 1 bab pertama!

    buku ini berdasarkan pada true story yang menceritakan soal seorang ibu yang berjuang mati-matian untuk mempertahankan hidup anaknya yang lahir setelah hampir keguguran.

    bagian yang paling menyayat hati, menurutku ada di saat si ibu melahirkan anaknya tanpa suami. dan disitu benar-benar diceritakan bahwa bayi itu memang lahir seberat 500gr, prematur, dan buta. selain itu yang membuat aku meneteskan air mata untuk pertama kalinya, adalah saat di deskripsikan bahwa bayi itu hanya memiliki kepala sebesar telur dan jari-jari yang sebesar batang korek api.

    trus yang paling mengejutkan adalah rentetan prestasi yang dicapai si anak tersebut ^^

    semoga menang yah kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. link share : https://twitter.com/yunay1107/status/480956737545986048

      Delete
  51. Nama : Lin Ulfah Minnati
    Twitter : @eubbbeeeee
    Email : paulleyn.paul8@gmail.com
    Buku yang dipilih : Seoulvivor

    Sebenarnya ada banyak buku yang berhasil bikin saya nangis, tapi satu yang paling ngena di hati. Eclair karya Prisca Primasari.
    Bagaimana seorang kakak memperjuangkan keinginan terakhir adiknya yang sedang sekarat. Sengaja meninggalkan rutinitasnya di kampung halaman untuk mencari keberadaan teman-teman adiknya di berbagai belahan dunia, menggiring mereka menemui adiknya. Perjuangannya itu, pengorbanannya sebagai seorang kakak.
    Sampai sekarang novel itu jadi salah satu novel favorit saya.

    ReplyDelete
  52. Nama: Ainil Azra M
    Twitter: @ainilazra
    Email: ainil_azr@yahoo.com
    Buku yang dipilih: Seoulvivor

    Jujur, saya adalah orang yang sensitif. yah, jadi gak heran lah kalo banyak buku yang buat saya menangis karena terlalu menghayatinya *ea
    tapi buku yang membuat saya menangis baru-baru ini adalah The Truth About Forever dari Orizuka. buku ini benar-benar seperti mempermainkan hati pembacanya. disitulah keahlian orizuka, ia bisa memunculkan konflikdan ending di saat yang tepat dan tidak terduga.
    Ya, ending yang tidak terduga. kenyataan bahwa si tokoh utama meninggal justru bukan karena penyakit HIV, akan tetapi dengan jalan yang sangat baik. serta pemilihan kata yang mendayu-dayu membuat mau tidak mau membuat siapapun akan menitikkan air mata.
    Buku orizuka tidak pernah membuat saya bosan.

    ReplyDelete
  53. “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”

    Sebenarnya tergantung dengan ceritanya dan seberapa aku menghayatinya. Tapi di antara novel yang aku baca hanya ada satu novel yang bikin aku nangis sejadi-jadinya. Novel ini termasuk novel non-fiksi/autibiograf. Penulisnya juga orang Jepang namun sudah diterjemahkan. Dan ini novel sudah tak asing lagi di dengar.
    Yakni novel "Aku terlahir 500 gr dan buta" karya Miyuki Inoue. Kisah di novel itu tuh menginspirasi banget, maka tak heran kalau novelnya jadi best seller.
    Tadinya aku nggak terlalu tertarik sama cerita non-fiksi, apalagi biografi. Tapi setelah baca novel itu, segala pemikiran aku berubah. Aku nggak akan pernah tahu itu novel kalau nggak ada orang yang tinggalin novel ini begitu saja. Jadi, pas aku pindah rumah, aku nemuin buku ini udah di rumahku. Yah...mungkin itu buku punya pemilik rumah sebelum aku. Awalnya agak enggan baca. Tapi pas, baca sinopsis yang di belakang novel, aku jadi tertarik banget. Keberhasilannya itu semua berkat sang ibu. Meski ia punya kekurangan, tapi ia mampu melahirkan banyak prestasi. Salah satunya di bidang tulis-menulis. Karangannya yang selalu bertemakan ibu, pasti ia langsung bisa menyandang juara. Luar biasa bukan? Aku saja, yang akhamdulillah nggak ada cacat, belum tentu bisa berprestasi seperti itu.
    Dari novel itu aku dapat pembelajaran, kita boleh punya kekurangan. Tapi jangan sampai kekurangan itu menghancurkan hidup kita dan jangan sampai kita malas-malasan dan berputus asa. Awalnya penulis itu juga malas dan putus asa, karena pikirannya ia bukanlah orang yang beruntung. Namun, ibunya yang selalu menididknya keras dan disiplin berhasil membuat anaknya sukses. Karena sebenarnya hati ibunya selembut kapas.
    Jujur deh, segala cerita yang bersangkut paut dengan orang tua aku akan mudah mengalirkan air mata. Nggak hanya di novel aja, di film pun, aku akan nangis saat itu juga. Nggak peduli di bilang cengeng. Daripada aku nahan air mata. Kan nggak baik buat kesehatan...hehehe

    Bdw aku pilih buku The Chronicles of Audy 4R dong. Nggak ada alasan buat nggak baca cerita kak Orizuka. Aku suka banget sama semua novelnya. Dan novel ini belum sempat aku baca. So, wish me luck to get this novel :) :) :)

    E-mail: nurdiani.soffa@gmail.com
    Twitter: @feicloudsm

    ReplyDelete
  54. banyaknya sih novel-novel karya Tere Liye yang berhasil bikin aku nangis seperti Hafalan Sholat Delisa, karena biasanya novel yang bertemakan keluarga lebih gampang nyentuh ke hati dan gak sadar bikin air mata berlinang.
    Aku udah baca Audy 4R dan kepingin punya bukunya. novel ini kocak banget, tapi ada bagian 'tentang keluarga' yang lagi-lagi berhasil bikin aku nangis, ketika para R mengenang orang tua mereka sedangkan ada salah satu yang diam aja karena nggak punya satu pun kenangan yang masih bisa dia ingat tentang orang tuanya.

    @auliaaRatri
    aulian_rhatri@ymail.com

    ReplyDelete
  55. Ada 3 novel yang berhasil bikin aku nangis dalam berbagai tipe:
    1. Sad Tears = Summer by Loveyta Chen
    Aku pernah baca beberapa novel sicklit, tapi satu-satunya yang berhasil bikin nangis novel Summer ini. Padahal novel ini ceritanya biasa aja, tentang kembaran cewek yang saling bertolak belakang, yang satu sehat yang satunya lagi sakit. Sakitnya juga biasa, kanker. Tapi yang membuat spesial adalah gaya bahasanya yang "diam2 menghanyutkan". Alurnya dijelaskan pelan2 tapi itu tujuannya untuk membangun emosi pembaca. Nah, saat sampai di bab2 akhir cara itu tokcer! Emosi pembaca sudah berada di puncak dan saat aku membaca kalimat terakhirnya yang sederhana tapi nusuk dan ngenaaaaaa, berderailah air mataku. Sampai sesenggukan, pula :') konsep permainan emosi novel Summer ini kuberi nama "Naik Turun Gunung"

    2. Overlaughing Tears = Cheeky Romance by Kim Eun Jeong
    Kelakuan dokter featuring ibu hamil berstandar Nasional bener2 ngocok perut! Saking ngakaknya, air mataku juga ikut2an terguncang dan akhirnya meledak bareng tawa wkwkwkwk

    3. Happy Tears = The Iron Knight by Julie Kagawa
    perjuangan Ash yang penuh pengorbanan demi hidup bersama Meghan benar2 membuat speechless sekaligus breathless. Dan pada bagian epilognya, saat Ash akhirnya berhasil ke Mag Tuiredh, dan dia bilang "Im home" aku langsung nangis :''''))))) aku jadi kayak bertransformasi menjadi Meghan, yang kebahagiaannya mengetahui bahwa Ash bisa hidup bersamanya dengan melewati rintangan yang 'impossible' dan Ash berhasil mengubahnya jadi 'im possible' bener2 gabisa diekspresikan lewat kata2, hanya cukup lewat air mata :'''))))

    Buku Pilihanku: The Chronicles of Audy 4R
    @meliarawr
    ameliaura66@gmail.com

    Share: https://twitter.com/meliarawr/status/481445416982937604

    ReplyDelete
  56. Aku udah berkali-kali nangis gara-gara baca novel dan nggak mungkin aku sebutin semuanya kan? Masalahnya judulnya udah ada yang lupa :o. Mmm novel yang pernah bikin aku nangis itu
    1. Hafalan Sholat Delisa. Gimana nggak nangis, coba bayangin kalau aku jadi Delisa, 90% nggak sanggup kaya dia. Cobaan bertubi-tubi itu datang menghantamnya tanpa ampun. Benar-benar gadis yang tabah.
    2. Mawar Untuk Rosie. Jalan ceritanya dahsyat banget. Yang lebih dahsyat lagi, ceritanya diangkat dari kisah nyata kejadian bom Bali!
    3. Oppa Oppa. Ini sebuah lifestyle kak Icha, seorang reporter yang telah bertemu langsung dengan artis K-pop! Gimana nggak nangis, kpopers mana yang nggak mau ketemu idola. Beruntung banget deh buat kak Icha.
    Rata-rata buku kak Darwis Tere Liye emang bikin aku nangis sampai dimarahi ortu :(. Dari dua buku diatas aku lebih memilih SeoulVivor. Pengen lebih tau tentang Korea^^ kebetulan penulisnya Kak Lia^^ Seneng kalau liat pariwisata disana. Semoga Indonesia bisa seperti Korea, pengelolaan pariwisatanya T.O.P .
    Twitter @galaxyninda
    Email galaxyninda.gmail.com

    ReplyDelete
  57. Nama : Ana Indriyani
    Email : ai_ana@ymail.com
    twitter :@anaindriyani

    mejawab pertaanyaan buku apa yang membuat menangis?
    jika ditanya apa yang membuat menangis masih ada pertanyaan tambahannya tuh kak,, karena apa?
    sedih, bahagia, atau terharu dengan kisahnya. jadi aku jawabnya random deh,,hehe
    saya ambil 3 judul, yang 2 adalah karya tere liye. dan satunya karya donny dhirgantoro.
    yang membuat menangis bagaimana penulis memunculkan pelajaran2 hidup dalam novelnya...
    1. rembulan tenggelam di wajahmu..
    karya ini masih menjadi favorit saya sampe sekarang. buku ini mengisahkan tentang pentingnya makna meminta maaf dan memaafkan serta mengharai kesempatan dalam hidup, singkatnya Ray itu uda mau mati, nah dia diberi kesempatan untuk menempuh perjalanan kembali kemasa lalu. di perjalannya itu ia akhirnya dapat melihat apa yang selama ini tidak dilihatnya dan mendengarkan sisi lain dari kehidupannya yang tidak pernah ia ketahui. ia melihat bagian2 hidupnya yang mengantarkan dia pada jawaban dari pertanyaan terbesar dalam hidupnya.
    2. hafalan shalat delisa
    secara garis besar, ceritanya sama dengan filmnya,,
    saya suka sekali dengan gaya didik emak di cerita ini dan kepolosan delisa.
    3. 5 cm
    ini buku yang juga sudah difilmkan,,tapi membaca novelnya lebih mengharukan,,
    awalnya saya merinding membayangkakn perjalanan mereka (saya juga suka naik gunung jadi kebetulan tau), lagu2 yang tertorehkan, dan bagaimana rasa nasionalisme pada indonesia di tunjukkan melalui kata2nya. jadi saat mereka sampai puncak pun jadi serasa ikut sampe di atas sana dan nangis juga, hehe.

    saya rasa itu dulu aja deh...
    semangat !

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pilih bukunya saya mana aja oke deh :D

      Delete
  58. Hai kak, ikutan ya ^^

    Email : intankamala@gmail.com
    Twitter : @inokari_

    Buku yang udah sukses bikin aku nangis adalah Life Without Limits karya Nick Vujicic.

    Alasannya,

    Lewat buku ini, aku seolah melihat langsung kehidupan Nick. Nick yang terlahir dengan “batasan yang amat kentara” tetap mampu bersyukur. Alih-alih marah dengan keadaan yang ia miliki, ia malah mampu mengoptimalkan apa-apa yang mampu ia lakukan : termasuk dengan menjadi motivator yang menginspirasi banyak orang.

    Nick mampu menunjukkan pada dunia, bahwa batasan dalam hidup tak lain tak bukan adalah batasan yang kita buat sendiri, selebihnya tak ada. Terharu sekaligus malu, ternyata ada loh, orang yang “harusnya” hidupnya nelangsa, tapi kalo dilawan ternyata malah jauh lebih bisa berbahagia ketimbang orang-orang yang fisiknya normal.
    Inspiratif deh kak :’)

    *note:

    Kalo menang, aku pengen The Chronicles of Audy 4R kak. Iseng baca-baca reviewnya, keknya keren ^^

    ReplyDelete
  59. Salam kenal kak^^
    Aku ketinggalan berita Tournya:( Masih bisa kah? Ikut ya^^
    Bismillah..
    “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”
    Aku termasuk orang yang lemah perasaan, jadi klau nonton ataupun membaca kisah yang sedih2, udah deh tuh air asin langsung jatuh dari pelupuk mata-_-. Aku juga gak tau kenapa bisa sampai segitunya. Jadi kalau ditanyak, buku apa aja yang udah membuatku menangis, jwabnnya banyak kak^^ semua buku yg sedih2 hahaha. Tapi ada 1 buku yg membuatku nangis tersedu-sedu bahkan sampai kebawak mimpi. And Thanks to mbak Agnes Devonar dengan novelnya Surat Kecil Untuk Tuhan. Pertama tau novel ini dari kawan yang bengkak matanya pagi2 disekolah krna novel ini (tanggung jawab kak Agnes-_-) dia nyarani aku skaligus memperingatkan aku, kalau novel ini bisa buat mata aku makin cipit Haha. Dgn itu aku gak ingin membacanya, takut nangisnya gk berhenti. soalnya tmen aku yang tomboy dn gk suka melow2 aj bsa nangis, nah gmna aku?.
    But, Krn rasa penasaranku mengalahkan rasa takutku akhirnya aku ke beli deh. dan membacanya dlm waktu 1 hari. selama membaca SKUT, aku udh ngabisi berlembar-lembar tisu. Novel yg mebuatku lbh memaknai arti kehidupan. Nyawa yg aku punya hny 1 , sayang jika dihabisi hanya utk bermanja-manja dn berfoya-foya. Lbh baik lakukan sesuatu hal yg mungkin tdk dpat aku lakukan nanti. Novel yg membuatku sadar, Gak akan ada nanti, It's Now or Never. Novel yg mengatakan padaku bahwa sebesar apapun cobaan, kita harus berani menghadapinya, bkn langsung menyerah. Itu semua krna kisahnya Keke si gadis remaja dgn perjuangannya yg melawan Kanker ganas serta Kk Agnes yang merangkum kisahnya utk dibagi kpada ank2 indonesia yg patah semangat dan menyia-nyiakan hidupnya.
    Aku mau novelnya mbak Orizuka, The Chronicles of Audy 4R^^ Pengen baca><, slama ini hny melihat sinop dn riview dri google:( dan novelnya sangat keren mnurutku^^ Smoga aku bisa mendapatkannya^^
    Email : adeanugrahsiahaan@ymail.com
    Twitter : @adeanugrah11


    ReplyDelete
  60. “buku apa yang sudah membuatmu menangis, kenapa?”
    Jawaban: Buku 'The truth about forever' alasannya? karena saya waktu itu ingin baca buku yg berakhir sad ending dan buku ini bertema kan 'Sick-Lit'
    aku sangat tertarik baca buku ini setelah baca kalimat di bawah judul nya 'kebencian membuatmu kesepian' . awalnya ku kira nih novel ceritanya musuh-musuhan,,ejek2an,dan akhir nya naksir2an dan jadian dehh. yaa kan lagi ngetren2 nya Benci jadi cinta hihihi..
    Tapiternyata nggak seperti yang aku pikir. Hal yang di luar dugaan itu emang lebih seru dari yang kita bayangkan. Balik ke novel. Kalau kita telaah dari salah satu kalimat di judulnya ‘forever’ aku langsung kepikiran tentang satu hal, waktu.

    Yogas, adalah tokoh utama dalam novel ini.dia telah di vinis kalau umur nya gak bakal lama lagi.Kalau dipikir-pikir, saumpama jadi Yogas aku pasti gunain sisa waktu yang berharga ini buat ngelakuin apa aja yang harus aku lakuin. Tapi beda dengan Yogas, dia malah menggunakan sisa hidupnya yang nggak panjang ini buat balas dendam sama orang yang telah membuatnya harus menanggung penderitaan ini. Dia diam-diam pergi Yogyakarta, mencari orang yang harus bertanggung jawab atas hidup dan mimpi-mimpinya yang telah hancur. Bahkan, kalau perlu Yogas rela mati bersama orang itu.
    Di tengah pembalasan dendamnya, dia bertemu gadis yang sangat ingin dia jauhi, bahkan dia berusaha menghindar darinya. Kana, seberapa kerasnya Yogas berusaha menjauhinya tapi entah kenapa malah hal itu membuatnya semakin dekat dengan gadis berpawakan kecil itu. Tanpa dia sadari cinta yang selama ini ia kubur dalam-dalam di hatinya perlahan-lahan muncul kembali.
    Yogas berpikir bahwa setelah bertemu gadis itu, hidupnya telah berubah. Menjadi lebih bermakna. Kana lah yang membuatnya kembali bersemangat untuk hidup dan kembali meraih mimpi-mimpinya. Seiringan denga itu banyak hal-hal baik yang menyambut Yogas. Ditengah kebahagiaan yang sekarang dirasaan Yogas, tiba-tiba orang yang telah merusak hidupnya muncul. Sesaat hal itu membuatnya kalap dan berniat membunuh orang itu. Namun, kenyataan yang bahkan lebih pahit lagi menyambut Yogas. Kenyataan itu lah yang membuat Yogas harus memilih anatara cinta atau benci. ‘Jadi, Yogas…pilih yang mana? Sementara kamu berpikir…. Tik’ begitulah kalimat terakhir yang tertulis pada sinopsis pada sampul belakang novel terbitan Gagasmedia ini. Karena benci dan cinta nggak akan pernah akur.

    yahhh pokok nya sedih banget deh,,nangis terus bawaan nya :D sampe seminggu aku galau terus kalo ingat novel ini (hihihi alay banget yaa).

    Email : qadariahromalini@gmail.com
    Twitter : @qodariahromalin

    buku yang diinginkan : the chronicles audy 4r, soalnya belum pernah baca nih buku dan suka banget sama buku nya kak ori, ya mudahan aja menang dan bisa dapat nih buku, Aamiin :)

    ReplyDelete
  61. Nama: Dea Widyaastuti
    Twitter: @dea_widya834
    Email: deawidyaastuti@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/dea_widya834/status/481001794882260992

    Salam kenal Kak, ikutan GAnya ya.
    Biasanya kalau baca novel yang menekankan tentang kasih sayang orang tua kepada anaknya atau sebaliknya, perjuangan hidup anak manusia untuk menggapai mimpinya, sama kisah tentang orang2 yang kurang beruntung tapi masih bisa menaklukan kehidupan, pasti aku NANGIS. Kadang aku malu kalau ditanya sama adekku, mbak lagi baca apa sih kok nangis? mesti ujung-ujungnya aku dibilang cengeng sama adikku.#CurhatSeorangKakak
    Aku juga lebih bisa nangis kalau baca novel daripada film walaupunceritanya sama. Soalnya cara penulis mendeskripsikan keadaan si tokoh dengan bahasa sederhana tapi sarat makna, membuatku ikut merasakan apa yang dirasakan sang tokoh. Salut buat para penulis handal seperti Tere Liye, yang sudah buat novel yang berkualitas. Salah satunya novel "Moga Bunda Disayang Allah". Aku baca ini novel karna banyak temen yang merekomendasikan. Jadi, kalian juga wajib baca ya.#promosi
    Novel ini bercerita tentang Melati, seorang gadis kecil yang harus menerima kemalangan,saat masih batita ia kehilangan penglihatan sekaligus pendengarannya. Hal itu membuatnya benar2 terputus dengan sesuatu yang dinamakan "dunia". Kehidupannya hanya diwarnai dengan kegelapan dan kesunyian. Walaupun ia beruntung karena mempunyai orang tua yang sangat berkecukupan dan sangat menyayanginya, namun tak ada yang mengerti Melati selain Karang. Kasih sayang? Mengerti? Apa itu? Bundanya saja Melati tak tahu. Coba bayangkan kalau kita yang tertimpa kemalangan itu.
    Aku ingin novel The Chronicles of Audy 4R, kayaknya bukunya bagus.
    Nice review, moga blog tournya sukses dan kapan2 diadakan lagi. Terima kasih kakak karena sudah menjadi perantara buatku untuk mengikuti GA dari penerbit Haru.

    ReplyDelete
  62. Sejauh ini ada dua buku yang sudah membuat saya menangis. Yang pertama Daun yang Jatuh Tak Pernah Menyalahkan Angin karangan bang Tere Liye dan yang kedua Bidadari Santa Monica karya Alexandra L. mungkin buku yang ketiga adalah People Like Us *masih nabung dulu*

    Buku Daun yang jatuh tak pernah menyalahkan angin membuatku menangis karena ceritanya yang menyentuh. Cerita tentang seorang gadis yang memiliki perasaan ke seseorang namun perasaannya tak pernah terbalaskan… di novel itu bang Tere berhasil membuat saya seolah menjadi tokoh utamanya sehingga dapat juga merasakan apa yang dia rasakan dengan ending twist yang sangat logis…

    Sementara Bidadari Santa Monica adalah novel sad ending pertama yang saya baca. Saya menangis tepat saat tokoh utama lelaki di novel tersebut di bunuh dan mati. Dan untuk pertama kalinya saya jatuh cinta dengan tokoh fiksi yang too good to be true sehingga rasa sedih saya setelah membaca novel itu masih bertahan selama 1 minggu-an. Saya masih gak bisa terima atas kematian Efraim, cinta pertama saya terhadap tokoh di novel, meskipun hanya tokoh fiksi :(

    @yurizkyyy

    niaryurisuki [at] gmail [dot] com

    Yuniar Saraswati

    ReplyDelete
  63. Seinget aku, aku pernah nangis karena baca novel (karena ceritanya). Kayaknya pernah, mungkin beberapa kali. Tapi paling inget itu ketika aku baca novela #CrazyLove: Move On. Dibagian cerita "You Are After Us", karena....... ceritanya nggak ketebak. Aku pikir, itu cowoknya yang bakal meninggal, ternyata ceweknya. Lalu sudut pandang orang pertamanya, aku bener-bener ketipu ketika si tokoh utama itu udah meninggal, tapi masih terus melanjutkan ceritanya sampai akhir. Bener-bener ketipu sama sikap so sweet mereka. Panggilan "Honey" dan "Bee", itu bener-bener bikin aku bergidik geli dengernya, tapi mulai terbiasa karen alur ceritanya enjoy. Bikin klop deh sama ceritanya.

    Ohya, ada lagi. Oppa&I, iya, bener. Mau tau dimana aku nangisnya? Itu ketika Jae In bilang "Nae Oppa". Iya, kalimat paling terakhir. Aduh, sumpah deh, aku udah deg-degan, ketika akhirnya itu. Aku ngerasain banget penderitaan Jae Kwon. Salah paham yang bikin dia bingung. Dan akhirnya semua terungkap. "Nae Oppa", itu menurutku pengakuan yang tulus, sampe aku nangis. Maksudnya, itu tuh pasti kata yang pengen banget Jae Kwon denger dari awal cerita, dan woah banget~

    email: meliyanti_t@yahoo.com
    twitter: @timeya17
    Aku pengen novel 4R ^-^, walau telat kayaknya yah, udah ada lanjutannya itu novel ><

    ReplyDelete