Monday, June 16, 2014

Love Disorder



Judul : Love Disorder
Penulis : Clara Canceriana
Penerbit : Bentang Belia
Tebal : 240 Halaman
Sinopsis :

Susah, ya, memang kalau cewek naksir duluan? Cowok itu emang kebal, enggak peka, atau gimana, sih? Iya, Troy yang aku maksud, temanku yang aku tembak enam tahun yang lalu, sekarang ketemu lagi di Jogja.

Dia makin ganteng. Dan, WOW! Sekarang dia kuliah di kedokteran. Tapi, tunggu… kok Troy tinggal bareng anak kecil. Who’s that girl? Yang bener aja dia udah punya anak? Kekeke, aku makin kacau.

Sepertinya proyek penyelidikan dan PDKT terselubung ini harus dimulai dengan rencana yang matang, rapi, dan terkendali. Come on Patricia, you can win your first love, soon! Yeah!

***

Kisah tentang seorang pemuda yangkesehariannya hanya berkutat dengan diktat dan jurnalnya tentang ilmu kedokteran, suatu hari harus membantu menjaga anak semata wayang dari kakaknya, Tiara. Dan disitulah semuanya menggulirkan cerita berbeda yang akhirnya sedikit mengubah dirinya. Pemuda itu bernama Troy.

Kisah Troy yang menjaga keponakannya itu semakin berwarna saat ada seorang gadis, yang ternyata teman Troy saat SMP dan gadis itu telah menjadikan Troy sebagai cinta pertama dan terakhirnya. Gadis itu bernama Patricia.

Troy, yang awalnya menolak permintaan kakaknya akhirnya setuju dimana ia mengajukan satu persyaratan dan disanggupi oleh kakaknya. Troy mungkin tak menyangka bahwa saat menjaga keponakannya tidak hanya sekedar mengantar – jemput keponakannya sekolah, atau menyiapkan bekal, tetapi kedekatan mereka justru membawa perubahan tersendiri pada Troy. Membuatnya mungkin kembali merasakan arti dari keluarga, yang mungkin sudah mulai ia lupakan karena sedari kecil ia sudah merasakan kesepian karena Ayah, Ibu dan Kakaknya sibuk dengan urusan mereka sendiri-sendiri.

Selain kedekatan Troy dengan Tiara, ternyata ada satu hal lagi yang diluar dugaannya. Bahwa rumah Patricia, Pat, tepat berada di depan rumah kakaknya. Awalnya mungkin karena Tiara, yang akhirnya memberikan kesempatan Pat untuk lebih dekat dengan Troy. Pat bisa dengan terang-terangan menyatakan perasaan yang dimilikinya tidak hanya di depan Troy, bahkan di depan Tiara juga sahabatnya (yang ternyata menyukai Pat), Dimas.

Namun karena sifat Troy yang lempeng, dan kurang peka akhirnya banyak momen saat Pat menyatakan perasaannya Troy tidak menanggapinya, bahkan bersikap datar. Sampai akhirnya ada saat dimana Troy secara tersirat seakan menolak Pat. Hingga akhirnya hubungannya dengan Pat merenggang.

***

Buku ini mungkin tak hanya menceritakan tentang kisah cinta Troy dan Pat, tetapi juga ada tentang kisah cinta antar keluarga. Menunjukkan bahwa semua yang terjadi pada seorang anak nantinya itu berawal dari pada yang terjadi di rumah mereka. Bagaimana hubungan Troy dengan teman-temannya sepertinya merupakan cerminan bagaimana hubungan Troy dengan keluarganya.

Satu hal yang saya suka dari buku ini tentang keluarga yang diangkat oleh Clara adalah tentang kesempatan. Mungkin sudah banyak orang berucap, “kesempatan mungkin tak akan datang 2 kali”. Namun terkadang kita dihadapkan pada dua pilihan yang keduanya bisa mendapatkan label di atas.”

Saat kakak Troy, harus memilih antara mengikuti pelatihan cangkok jantung terhadap anak kecil yang bisa jadi sangat jarang terjadi atau menghadiri pentas drama anaknya. Dan semua kembali lagi kepada skala prioritas. Mungkin hal seperti ini banyak terjadi dan dialami.

Tentang masalah cinta Troy dan Pat, sebenarnya saya kurang dapet feelnya sih. Kemudian tentang pertengkaran Troy dan Pat, entah mengapa saya nggak dapet apa sebenarnya pokok masalahnya. Troy menolah Pat secara tersirat?

Cinta yang hadir di hati Troy mungkin salah satu contoh cinta yang tumbuh karena seringnya terjadi kebersamaan antara dirinya dan Pat. Bagaimana Pat selalu berusaha berada di dalam keseharian Troy, namun sekali lagi yang aneh adalah mengapa Pat akhirnya sebegitu mudah menyerah?

Sedikit yang sebenernya nggak terlalu mengganggu sih, cuman terkadang istilah kedokteran yang digunakan membuat sedikit terdistraksi dari apa yang tengah dibaca.

Btw, suka dengan bookmarknya yang unik.

2,5 (3 di GR) / 5 Bintang.

No comments:

Post a Comment