Friday, June 20, 2014

Girls In The Dark



Judul : Girls In The Dark
Penulis : Akiyoshi Rikako
Penerjemah : Andry Setiawan
Penerbit : Haru
Tebal : 279 Halaman
Cetakan : Pertama, Mei 2014
ISBN : 978 602 7742 31 4
Sinopsis :
Apa yang ingin disampaikan oleh gadis itu…?

Gadis itu mati.

Ketua Klub Sastra, Shiraishi Itsumi, mati. Di tangannya ada setangkai bunga lily.

Pembunuhan? Bunuh diri?
Tidak ada yang tahu.
Satu dari enam gadis anggota Klub Sastra digosipkan sebagai pembunuh gadis cantik berkarisma itu.

Seminggu sesudahnya, Klub Sastra mengadakan pertemuan. Mereka ingin mengenang mantan ketua mereka dengan sebuah cerita pendek. Namun ternyata, cerita pendek yang mereka buat adalah analisis masing-masing tentang siapa pembunuh yang sebenarnya. Keenam gadis itu bergantian membaca analisis mereka, tapi…

Kau… pernah berpikir ingin membunuh seseorang?

***
Sebuah Klub Sastra yang eksklusif, karena untuk menjadi anggotanya syaratnya hanya satu. Yup, hanya satu, yaitu diajak langsung oleh Ketua Klub yang sekaligus siswi yang kembali mendirikan klub itu setelah sempat terhenti sebelumnya. Ketua Klub itu adalah Shiraishi Itsumi, yang merupakan anak pengelola dari sekolah khusus putri tempat klub sastra itu berada.

Namun kemudian, Shiraishi Itsumi tiba-tiba ditemukan meninggal dengan menggenggam bunga Lily ditangannya. Kematian itu bisa diduga karena ia melakukan bunuh diri, tetapi bisa juga karena dibunuh. Namun, jika dibunuh siapakah yang melakukannya?6 anggota Klub Sastra yang bisa dikatakan cukup dekat dengan Shiraishi Itsumi kini digosipkan salah satunyalah yang menjadi tersangka pembunuhan itu.

Akhirnya untuk mengungkap semua, Ketua Klub Sastra yang baru, yang dulunya adalah teman paling dekat dengan Shiraishi Itsumi dan anggota pertama Klub Sastra mengadakan sebuah jamuan yang memang rutindiadakan oleh klub tersebut, namun ada yang berbeda dengan jamuan kali ini. Semuanya akan terungkap.

Ceritanya menarik, walau awalnya saya sempat salah persepsi. Saya kira buku ini masuk genre horror, ternyata bukan. Masuk genre thriller.

Kesan pertama saat baca akan berasa aneh, mungkin salah satunya karena buku ini adalah buku terjemahan, novel aslinya adalah novel jepang. Bukan karena terjemahannya yang aneh ya, tapi mungkin ada hal-hal yang biasa dilakukan di Jepang yang tidak saya ketahui jadi terasa aneh.

Membaca satu demi satu cerpen dari anggota klub, semuanya polanya sama.Mereka begitu memuja Shiraishi Itsumi, dan kemudian mulai menceritakan keanehan-keanehan yang mereka rasakan sebelum ditemukannya Shiraishi Itsumi dalam keadaan meninggal.

Hal yang serunya saat membaca cerpen-cerpen tersebut adalah saya ikut menebak-nebak, analisa si A ini akhirnya akan menjadian siapa sebagai tersangkanya. Satu dan yang lainnya memang ada bagian yang saling terkait, tetapi juga saling bertentangan.


Kamu harus benar-benar membaca sampai akhir cerita untuk mengetahui jawabannya. Saya, yang suka menebak bagaimana akhir cerita, kali ini ikut dibuat bingung. Cerita siapa yang benar? Dan saya cukup dibuat kaget dengan endingnya. ;)

Bahkan mungkin untuk mengenal bagaimana karakter masing-masing tokoh-pun akhirnya sedikit lebih sulit. Tetapi, sedikit banyak tertolong oleh cerita singkat di endinya. Jadi saya akan mencoba menampilkan imajinary cast versi saya. Dan semoga keterangan untuk imajinary cast ini tidak menjadi spoiler bagi yang belum membaca bukunya.

Sebelumnya, maafkan jika saya tidak dapat memberikan banyak komentar tentang artis yang saya jadikan imajinari cast kali ini, karena memang saya tidak begitu mengenal artis-artis jepang. Saya berusaha mencara artis yang sekiranya dari foto yang saya tampilkan memberi sedikit gambaran tokoh dalam novel Girls In The Dark ini. Semua hanya berdasarkan foto yang saya temukan dari mesin pencari Google.

1. Shiraishi Itsumi
Bisa dikatakan tokoh utama dari novel ini. Walau mungkin kehadirannya hanya sebagai bagian dari cerita pendek atau kenangan dari tokoh lainnya, tetapi pusat cerita dari buku ini adalah dia.

Bagaimana Itsumi dimata teman-temannya, dan sedikit cerita diakhir cerita membuat saya memilih Nozomi Sasaki sebagai pemeran Itsumi. Cantik, tetapi dari sorot matanya saya menemukan bagaimana Itsumi seperti yang digambarkan diakhir cerita.

2. Sumikawa Sayuri
Tokoh yang digambarkan sebagai pelengkap Shiraishi Itsumi. Kadang terlihat ada kerapuhan dalam dirinya, namun seperti ada hal yang tersembunyi dari dirinya.

Tokoh ini mungkin tidak banyak disebutkan dalam cerita pendek teman-temannya, namun ada hal yang menarik dalam dirinya. Saya memilih April Xia Da untuk pemeran Sayuri ini. Cantik, tetapi jika disandingkan dengan Nozomi Sasaki sebagai pemeran Itsumi, maka ia tetap bisa menjadi bayangan Itsumi.



3. Natani Mirei
Seorang gadis penerima beasiswa hingga akhirnya bisa masuk ke sekolah yang bisa dikatakan elit. Awalnya saya langsung membayangkan gadis dikisah F4 (drama Korea kalo gak salah ya? Aduh! Jadi ketahuan deh jamannya, hehe).

Saya memilih Emi Tekei sebagai pemeran Natani. Dari beberapa foto Emi Tekei, saya mendapatkan foto ini yang membuat saya memutuskan dia menjadi Natani Merei. Yup, sesimple itu alasan saya. Hahaha.




4. Kominami Akane
Gadis yang pandai memasak, namun cukup mengejutkan ketika diawal ceritanya ia mengakui bahwa dirinya membenci Itsumi. Namun akhirnya ia bisa masuk dalam klub sastra juga karena ajakan Itsumi, saat toko ayahnya mengalami kebakaran.

Semua tokoh dalam buku ini sepertinya memiliki sesuatu yang tersembunyi, begitu juga dengan Akane. Saya menangkap Akane seseorang yang tidak memiliki kesempatan untuk berkembang dalam keluarganya, hingga akhirnya ia melakukan suatu hal yang bisa dibilang ekstrim.

Saya memilih Aragaki Yui untuk tokoh Akane.



5. Diana Detcheba
Satu-satunya gadis yang menjadi peserta pertukaran pelajar di sekolah ini dan bergabung dalam klub sastra. Saya langsung membayangkan pemeran Luna dalam kisah Harry Potter, karena Diana bisa dikatakan cukup unik.

Jadi saya memilih Evanna Lynch untuk tokoh Diana Detcheba.


6. Koga Sonoko
Seseorang yang berambisi menjadi seorang dokter, dan ada yang menarik dalam diri Sonoko menurut saya. Yaitu saat ia menuturkan bagaimana ia membaca sebuah cerita, sangat khas! Hal tersebut juga yang membuat Itsumi tertarik padanya.

Saya memilih Keiko Kitagawa.


7. Takao Shiyo
Seorang penulis muda, namun begitu menentang karyanya untuk diterjemahkan bahkan difilmkan. Dalam cerita pendeknya, Takao menggambarkan kedekatannya dengan Itsumi layaknya kakak adik. Maka saya memilih Aya Uteo untuk memeranan Takao.


Sedang untuk pemeran guru sastra mereka saya memilih :


Hiroshi Tamaki ;) 
Yey!!! Selesai sudah memilih Imajinary Castnya, kalau versi kamu bagaimana? Hehe.

Sekarang saatnya GiveAway!!

Sebelum membacakan aturan mainnya, saya kasih tahu dulu tentang hadiahnya. Ada 2 buku (The Chronicles of Audy 4R & Always With Me) dari penerbit haru dan 2 sampul Girls In The Dark dari Em Green Label. Hadiahnya diperuntukkan 2 orang pemenang ya.

 Sekarang cara mengikuti Give Awaynya:
1. Follow Penerbit Haru via twitter dan atau Like FP Penerbit Hari via FB
2. Jawab pertanyaan yang akan saya berikan nanti dikolom komentar (ikuti format jawaban ya).
3. Tuliskan juga : Nama, akun twitter dan email kamu beserta buku apa yang kamu pilih dari 2 buku yang sudah saya sebutkan di atas.
4. Twit GA ini paling tidak 1x selama berlangsungnya GA dengan mention saya (@noninge) dan @penerbitharu

Pertanyaannya :
1. Rekomendasikan buku dengan tema horror/thriller yang BUKAN terjemahan.
2. Rekomendasikan 1 buku haru yang sekiranya belum saya baca. (Untuk tahu buku yang sudah saya baca bisa cek melalui GR saya atau klik di SINI)

Format jawaban :
Nama :
Twitter :
Email :
Jawaban :
1.
2.

Jawaban saya tunggu sampai tanggal 26 Juni 2014.

Selain GA dari saya, juga ada GA yang bekerja sama dengan Haru. Di mana kalian harus mengikuti semua rangkaian blog tour ini dan mengumpulkan puzzle yang tersebar disetiap blog.

Dan puzzle yang kalian dapatkan kali ini adalah :



Keterangan lebih lengkap klik di SINI
Jangan lupa ikuti blog tour Girls In The Dark lainnya.

50 comments:

  1. Nama : Noelade Ratri Hananugraha
    Akun twitter : @NoeladeRatr
    Email : noeladehananugraha@yahoo.com
    Buku yang dipilih : Always With Me

    Jawaban :
    1. Rekomendasi Novel Horror :
    - Johan Series (Obsesi, Pengurus MOS harus mati, Permainan Maut dan Teror) - Lexie Xu
    - Omen Series (Omen 1 sampai 5) - Lexie Xu
    - After School Horror - Nana R. Praptini
    - Before The Last Day - Lexie Xu
    - The Tales From The Dark - Lexie Xu

    2. Rekomendasi Novel Haru :
    - 4 Ways To Get a Wife
    - Explicit Love Story
    - The Last 2%

    ReplyDelete
  2. Nama: Fabiola Izdihar
    Twitter: @wolfhan88
    Email: fabizdihar@gmail.com
    Jawaban:
    1. - Linimasa - @kisahhorror
    - Danur - Risa Saraswati
    - Aku Tahu Kamu Hantu - Eve Shi
    - Lost - Eve Shi
    - Abatoar - @kisahhorror
    - Johan Series (Obsesi, Pengurus
    MOS Harus Mati, Permainan
    Maut, Teror) - Lexie Xu


    2. You Are The Apple of My Eye - Giddens Ko
    Cerita masa muda tentang Shen Jia Yi dan Ke Jing Teng ini menurutku sangat bagus. Aku jadi bisa tahu bahwa orang semalas Ke Jing Teng pun kalau mau belajar bisa jadi sangat pandai. Keseruan masa muda yang katanya diambil dari kisah nyata si penulis, yang membuatku sangat menyukai novel ini.

    ReplyDelete
  3. Nama : nadya rezita
    Twitter : @narez3424
    Email : nadya.rezita@yahoo.co.id
    buku yang dipilih : The Chronicles of Audy 4R
    Jawaban :
    1. Karya lexie xue johan series ( seluruh series nya )
    Karya lexie xue omen xeries
    ( #1.#2.#3.#4.#5)
    Danur karya risa saraswati
    Jangan ol tengah malam
    Teror jam 12 malam @kisah horor
    2. Cheeky romance
    Sweet melody 1 & 2
    The last 2%
    So, i married the antifan
    My boyfriend wedding dress

    ReplyDelete
  4. Nama : Aubrey Biancanitta
    Twitter : @biancanitta
    Email : biancanitta@gmail.com
    Jawaban :
    1. Ghost Dormitory(Kisah Mencekam di Asrama Berhantu )
    Blood Memory(Kenangan Terburukmu Tertimbun di Sini)
    The Author's Terror(“Selesaikan naskahmu, jika kau ingin selamat ....”)
    2. The After Dinner Mysteries= Kisah Reiko yang menyelesaikan kasus bersama atasannya, Komandan Kazamatsuri. Tetapi atasannya tidak bisa diandalkan, akhirnya Reiko mengadu kepada Pelayannya dalam menyelesaikan kasus.Cerita tentang detektif, konyol. Bikin ketawa deh! Yang lucu itu bagian Reiko dan Pelayannya, Kageyama.

    Aku memilih buku Always With Me.

    ReplyDelete
  5. Nama : Anita Rifa'atul Sidiqqa
    Twitter : @haloohan
    Email : anita.sidiqqa1213@gmail.com
    Jawaban :
    1. 24 Wajah Billy (Cerita tentang orang yang berkepribadian ganda)
    2. The Last 2%

    ReplyDelete
  6. nama lengkap : usriyah
    twitter : @1004_usriyah
    email : usriyah1004@gmail.com
    buku yang di pilih : always with me
    jawaban:
    rekomendasi novel horor :
    - seluruh karya lexie xue.( omen series )
    - kisah horor : teror jam 12 malam
    - kisah horor : di antara dua dunia

    rekomendasi novel haru :
    -the last 2%
    -cheeky romance
    -wishing her to die

    ReplyDelete
  7. Nama : Arfina Tiara Dewi
    Twitter : @ipinkaramel
    Email : Arfina.tiara123@gmail.com
    Jawaban :
    1. buku 12 pas karya Loyenk Rap
    buku Boneka Kuntilanak
    buku Lost karya Eve Shi
    Nightmare
    Kuncung Pocong
    Kematian Kedua by Oke Sudrajat
    Psycopat Diary by Vasca Vannisa
    Reserved Table
    Catatan Indigo

    2. Dandelion Wish
    buku yang ku pilih Always With Me karena aku belum pernah baca ;)

    Thanks

    ReplyDelete
  8. Nama : Rizki Oktavia
    Twitter : @rizKorea
    Email : rizki_oktavia@ymail.com
    Jawaban :
    1. Novel After School Horror karya Nana R. Praptini
    2. Novel rekomendasi > The Last 2%
    Buku yang diinginkan "Always with me"
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  9. Nama :Adita Yulinda
    Twitter : @AditaYulG_
    Email : aditayulinda9jhs@gmail.com
    Buku yang dipilih : Always With Me

    Jawaban :
    1.kisah horor : teror jam 12 malam
    Aku Tahu Kamu Hantu
    2. Wishing her to Die

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  10. Nama :Fransisca Susanti
    Twitter : @siscacook
    Email : siscawiryawan@ymail.com
    Jawaban :
    1.Cerita Horror Kota (karangan 10 penulis), Oteba (karangan Marga T., thriller tentang dokter kembar yang psikopat, sebenarnya ini trilogi,jadi harus baca dari Kishi,Saskia,dan Oteba...novelnya memang sudah lama, tapi seru bgt! campuran romance,thriller,tentang dokter2)
    2.Wishing Her To Die, The After Dinner Mysteries

    Buku yang dipilih : The Chronicles of Audy 4R

    Trims banyak =)

    ReplyDelete
  11. Nama : Lusi Gusma Ningsi
    Twitter : @uchylusiy
    Email : uchylusiy@gmail.com
    Jawaban :
    1. Novel horror/thriller yang saya rekomendasikan, judul nya "Nightmare in the Snowfields" karya Mutiq Jujazki.
    biar kakak bisa tau sedikit jalan ceritanya, aku kasih link yang menuliskan deskripsi nya..
    http://novelhorrorthrillerpopuler.blogspot.com/2013/08/nightmare-in-snowfields-mutiqjujazki.html

    2. novel yang saya ingin kan itu "The Chronicles of Audy 4R"
    karena saya belum memiliki novel ini.. :)

    semoga kakak suka dengan jawaban saya.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak, ini link share dari saya..
      https://twitter.com/uchylusiy/status/479855687875321857

      Delete
  12. Format jawaban :
    Nama : Zeni Tri Lestari
    Twitter : @Zeni_TL
    Email : zeni.lestari12@gmail.com
    Jawaban :
    1.Novel Lost dari kak Eve Shi, meskipun horornya gak terlalu kental, tapi seru abis (y)

    2. Sweet Melody 1 &2

    Novel yang saya inginkan itu always with me.. karena saya belum baca...

    ReplyDelete
  13. Nama : Dewi Triantini
    Twitter : @DewiTriantini
    Email : dewi_anime@yahoo.com

    1. Jarang sih baca yang horror, mungkin ini ni ;;) Johan Series
    2. Semuanya mahh bagus, mungkin aku saranin Sweet Melody 1 & 2 dan You Are The Apple of My Eye, filmnya aja booming ^^

    Aku pengen novel Always With Me, soalnya belum baca,, hehehe :D

    ReplyDelete
  14. Format jawaban :
    Nama : laurencia audrey
    Twitter :@yuri_audrey
    Email :laurenciaaudrey@yahoo.com
    Jawaban :
    1.Rekomendasi buku horor:
    Pengurus mos harus mati-lexie xu
    Midnight story
    Nightmare side
    Linimasa
    Lost- eve shi

    2. Rekomendasi buku: cheeky romance-kim eun jeong
    People like us -yosephine monica
    Wishing her to die-jung soo hyun
    After dinner mysteries
    Buku yang diinginkan: the chronicles of Audy 4R. Soalnya always with me udah punya :)

    NB: sorry min aku cuma tahu judulnya lupa penulisnya spa X(

    ReplyDelete
  15. Nama : Farah Fahma
    Twitter : @FarrMaSi
    Email : farahfahma179@gmail.com
    Jawaban :

    1. Rekomendasi buku horor : Malam Karnaval Berdarah karyanya Lexie Xu. aku ngga suka horor dan taunya cuma satu buku itu.
    2. Rekomendasi buku haru :
    oppa & I : Love Signs ~ Orizuka & Lia
    oppa & I : Love Missions ~ Orizuka & Lia
    A Dandelion Wish ( Terjemahan) ~ Xi Zhi
    Who Are You ~ Lim Eun Hee

    ReplyDelete
  16. Yah mbaknya lagi, kali ini jadi Host Girls In The Dark Blog Tour ya :D
    Bismillah, saya ikutan :)
    Nama : Ade Aprilia Puspayanti
    Twitter : @Dephiil119
    Email : adephia119@gmail.com
    Buku yang dipilih: bingung >< kakak aja pilihin salah satu (kalo saya menang) saya belum punya dua2nya atuh dan duaduanya menarik XD
    Jawaban :
    1. Buku? novel? yang uda di film-in novel horror indo mah bagus2 , tapi jangan film horror jaman sekarang juga ya mesum lah :v Kuntilanak kak yg filmnya dimainin Jullie Estell (ntah gmna tulisannya), kalo buku saya ga update, justru krn ga pernah baca pengen ikut GA ini :| saya terakhir baca cerita serem tu di komik, haha serem lah judulnya Ibitsu :v hwehehe maaf malah ngomongin komik saya bener2 buntu x(
    2. yang sekiranya? kakak uda baca yg mau saya rekomendasiin =_= saya mau rekomendasiin apa men? ahh kakak blm baca You Are The Apple Of My Eye? Baca kak! itu terjemahan tp bagus, makna seorang remaja, agak o'on sih =_= tp gapapa darah muda gt loh hahahahah (?)
    sekian, terimakasih, maaf ga guna, wassalam :v

    ReplyDelete
  17. Nama : Mufita Ramadhina
    Twitter : @itaramadhina
    Email : Mufita91@gmail.com
    Jawaban :
    1.aku nggak pernah baca buku horor Indonesia :(, jadi nggak punya buku yang bisa direkomendasiin..

    2. Buku yang aku inginkan "always with me"

    ReplyDelete
  18. eh ketinggalan satu pertanyaan...
    3. Buku haru yang aku rekomendasiin buat mbak adalah "Cheky Romance"
    Buku ini adalah buku yang paling aku suka dari semua koleksi buku haruku ^^ Ceritanya lucu dan so sweet banget..^^

    ReplyDelete
  19. Nama : sandra febry adriani
    Twitter : @sandra129499os
    Email : littlesaengie@gmail.com
    Jawaban :
    1. Novel horror yang bagus karya penulis Indonesia coba kakak beli buku After School Horror deh kak , ditulis oleh Nana R Praptini oleh Penerbit Bukune ya walaupun tebalnya 162 halaman + terdiri dr 8 cerita tapi yang WOWnya kak itu berdasarkan pengalaman penulis sendiri dan teman teman terdekatnya kak ! :) jadi recommended deh :3
    2. Coba deh kakak baca buku The Dinner After Mysteri , ceritanya kayak misteri gitu kak main detektif2 an . Ceritanya itu seru karena mengungkapin suatu kasus .. Apalagi detektifnya seorang perempuan . Aku aja baru liat sipnosisnya udah dedg2 an apalagi semua ceritanya , pasti seru deh :D

    Aku mau buku Always With Me kak :) Semoga Menang <3

    ReplyDelete
  20. Nama : Khoirunisa
    Twitter : @nenesaboteur
    Email : nene.jeyek@gmail.com
    Jawaban :
    1. Katarsis, penunggu puncak ancala, series Omen dan Johan Series nya lexie Xu, My Creepy Diary, Catatan Indigo, The Ho[S]Tel 2
    2. Wishing Her To Die
    Pengen sampulnya Girls In the Dark --'

    ReplyDelete
  21. Nama : Muhsinatud Diyanah
    Twitter : @diyan402
    Email : diyanarkyu@gmail.com
    Jawaban :
    1. gak banyak yang bisa aku rekomendasikan ttg novel dengan genre horor karena aku orang yang cukup awan dengan genre ini :D dan aku lebih suka novel dengan genre romance, sick lit atau pun fantasi. novel horor rekomendasiku yang setahu ku keren adalah Chips are down, the shining harya Stephen King
    2. Wishing her to die ( Jung Soo Hyun) , a dandelion wish ( Xi Zhi )
    Buku yang aku dipilih : The Chronicles of Audy 4R , mupeng pengen baca :lol

    share link : https://twitter.com/diyan402/status/479986731618287617

    A la semaine prochaine, wish me luck O:-) matur suwun :-)



    ReplyDelete
  22. Nama : Widia Apriliani
    Twitter : @WidiaAPRLN
    Buku : the cronicles of audy 4r

    1. horror : Penunggu puncak Ancala
    2. Recommended : Wishing her to die

    ReplyDelete
  23. Nama : Ila Aulia Rahmah
    Twitter : @ilaciouss
    Email : la_aulia97@yahoo.com
    Buku pilihan : Always With Me

    Jawaban :
    1. Rekomendasi Novel Horror
    Danur, Maddah, sama Sunyaruri-nya Teh Risa Saraswati :)
    Ketiga buku di atas itu nyeritain tentang pengalaman Teh Risa sendiri yang bisa melihat bahkan berteman sama makhluk tak kasat mata selama ini :)

    2. Rekomendasi Buku Haru :
    Simple Thinking About Blood Type-nya Park Dong Seon, mbak :D
    Buku ilustrasi tentang perbedaan sifat dan pemikiran orang yang ditinjau dari golongan darahnya mbak :)
    Dijamin, Mbak Inge pasti ketawa atau angguk-angguk kepala minimal 1 kali deh kalo baca buku ini, apalagi kalo yang dibaca itu tentang sifat dan pemikiran yang merupakan mbak banget ;)
    Itung-itung jadi buku penghibur sehabis baca buku bertema horror/thriller ;P

    ReplyDelete
    Replies
    1. O iya kak, makasih udah jadi host di blog tour ini ^^

      Delete
  24. Nama : Endah Nur Fajriyah
    Twitter : @enndh
    Email : endahnurfajriyah@gmail.com

    Jawaban :
    1. After School Horror by Nana R. Praptini
    2. so i married the anti fan karya Kim Eun Jeong
    seoulmate & seoulmate is you karya kak Lia Indra Andriana
    buku yg dipilih : Always With Me

    ReplyDelete
  25. Nama : Ayu Arista
    Twitter : @AyuArista16
    Email : ayuarista805@yahoo.co.id
    Diantara 2 buku aku pilih buku : Always With Me

    Jawaban :
    1. Rekomendasikan buku dengan tema horror/thriller yang BUKAN terjemahan.
    - Obsesi – Lexie Xu
    Kyknya aku cuma pernah baca novel misteri… gk pernah baca novel horror :D
    2. Rekomendasikan 1 buku haru yang sekiranya belum saya baca.
    - Oppa&I, Oppa&I Love Missions, Oppa&I Love Sign – lia Indra Andriana & Orizuka
    - Cheeky Romance – Kim Eun Jeong
    - 4 Ways To Get a Wife – Hyun Go Wun
    - So, I Married the Anti-fan – Kim Eun Jeong
    - My Boyfriend Wedding Dress – Kim Eun Jeong
    - Bi! - Fei
    - Paper Romance – Lia Indra Andriana
    - Close to You – Clara Canceriana
    - Seoulmate – Lia Indra Andriana
    - Seoul Cinderella – Lia Indra Andriana

    ReplyDelete
  26. Nama : Neni S
    Twitter : @nhenie
    Email : nh3_n1e@yahoo.co.id

    Jawaban :
    1. 4 tahun tinggal di rumah hantu - pijar88
    2. You are the apple of my eye
    Film nya aja bikin tersedu-sedu, apalagi novelnya. Keren deh pastinya. Autobiografi dari penulisnya.

    Pilih buku Always With Me ^_^

    ReplyDelete
  27. Nama : Lin Ulfah Minnati
    Twitter : @eubbbeeeee
    Email : paulleyn.paul8@gmail.com
    Buku yang dipilih : Always With Me

    Jawaban :
    1. Satin Merah by Brahmanto Anindito & Rie Yanti (budaya Sunda nya lumayan kental, lebih ke mistery-thriller daripada horor, novel thriller asli Indonesia yang paling saya suka), juga Katarsis by Anastasia Aemilia (bagus banget! mungkin karena saya suka sama genre psycho-thriller ya, tapi emang bagus kok)
    2. Khokkiri by Lia Indra Andriana (emang pada dasarnya saya suka cerita tentang psikologi sih, tapi ini beneran bagus)

    ReplyDelete
  28. Nama : Winda Scorfi
    Twitter : @windascorfi
    Email : merahbatako@gmail.com

    Jawaban :
    1. Novel horror bukan terjemahan
    - After School Horror – Nina R. Praptini
    - Nightmare Side #1, #2, #3 – Tim Ardhan Radio
    - Danur – Risa Saraswati

    2. 1 Novel rekomendari dari Penerbit Haru
    - 4 Ways To Get A wife

    Pilihan buku: The Chronicles of Audy 4R

    Link share:
    https://twitter.com/windascorfi/status/480244684820733953

    ReplyDelete
  29. Nama : Dyah Muawiyah
    Twitter : @dyahmuawiiyah
    Email : dyaahmuawiyah@gmail.com

    Jawaban :
    1. Aku Tahu Kamu Hantu dan Lost karangan Eve Shi. Keduanya ber-genre horor. Tidak melulu horor, tapi tetap ada selipan kehidupan remaja (anak SMA). Sejauh ini satu-satunya novel horor lokal yang kusuka cuma karangan Eve Shi :D
    2. Simple Thinking about Blood Type by Park Dong Sun (bisa membantu pita memahami orang lain berdasarkan golongan darah. Khokkiri by Lia Indra Andriana (mengusung tema berkepribadian ganda, ternyata kepribadian ganda itu tidak se-simpel yang kita bayangkan). (Not) Alone in Other Land by Lia Indra Andriana, Fei, Andry Setiawan (cerita singkat ketika ketiga penulis berada di Korea, China dan Jepang. Cocok bagi yang suka ketiga tempat tersebut).

    Buku yang diinginkan : Always with Me. Soalnya udah punya Audy : 4R . Sekian kak, terima kasih :)

    ReplyDelete
  30. Nama : Ana Rosdiana
    Twitter : @Ana_On3
    Email : aanaa929@gmail.com

    Jawaban :
    1. After School Horror ( Nana R Praptini)
    2. Wishing Her To Die (Jung Soo Hyun)

    Pilihan buku : Always With Me

    ReplyDelete
  31. Nama : Phelina Felim
    Twitter : @phelinafelim
    Email : phelinafelim@gmail.com
    Jawaban :
    1. Lost (Eve Shi)
    2. The Truth About Forever (Orizuka)

    Pilihan buku: The Chronicles of Audy 4R

    ReplyDelete
  32. Nama: Aulinka Ihza
    Twitter: @chalnk
    Email: ihzaulinka@gmail.com
    Pilihan buku: The Chronicles of Audy 4R

    Jawaban:
    1. "Aku Tahu Kamu Hantu" karya Eve Shi dan "Danur" karya Risa Saraswati. Sebenernya untuk "Danur", entah benar-benar bisa dikatakan ber-genre horror atau bukan. Soalnya meski menceritakan tentang pertemanan dengan sosok dari dunia lain, novel ini justru bikin nggak takut (untuk beberapa saat). >.<

    2. My Boyfriend's Wedding Dress, The After-Dinner Mysteries, dan Wishing Her To Die. Ther After-Dinner Mysteries lebih seru nonton doramanya (Nazotoki Wa Dinner No Ato De) kalau menurutku. Tapi nggak ada salahnya untuk baca novel ini. Barusan ke toko buku tadi sore, dan The After-Dinner Mysteries ini masuk recommended books. :D

    ReplyDelete
  33. Nama : Farah
    Twitter : @_wolfhara
    Email : aurelliamaudyna@gmail.com
    link share: https://twitter.com/_wolfhara/status/480351771169001473
    Pilihan buku: Audy 4R


    Jawaban :
    1. Katarsis karangannya Anastasia A. Ini genre-nya thriller. Bacanya bikin aku merinding terus ketakutan sendiri karena ceritanya bener-bener gila! Dari usus yang berceceran sampai yang macam-macam. Ini pertama kalinya aku nemu buku thriller anak negeri yang oke banget!


    2. a) Oppa & I trilogy - ini ceritanya bener-bener bikin senyum sendiri. Pokoknya ceritanya bangus banget! Mungkin di buku 1&2 feelnya enggak seberapa, tapi pas di buku terakhir kita dapat banyak kejutan yang bikin gregetan.
    b) You Are The Apple Of My Eye - Mungkin kalau kakak kangen atau pengen ngenang masa-masa sekolah dulu atau cinta pertama, buku ini cocok banget! Mungkin enggak bikin cengeng (atau nangis alay) tapi buku ini bikin kita ngerasa hampa dan nyesek banget.
    c) So, I Married The Anti Fan - Kalau suka k-drama atau setidaknya pernah nonton drama "Full House" buku ini cocok banget. Pas kita baca ini, kita serasa nonton sebuah drama, tapi dengan imajinasi kita sendiri. Feelnya juga dapat banget! Ceritanya keren, dan ada banyak kelucuan-kelucuan yang kita temukan di dalamnya.

    ReplyDelete
  34. Nama : Yuniar Saraswati
    Twitter : @yurizkyyy
    Email : aniar196 [at] gmail [dot] com
    Jawaban :

    1. Satin Merah

    Satin Merah ini novel duet Brahmanto Anindito dan Rie Yanti, genrenya sebenarnya sih psychology-thriller... tapi misteri dan thrillernya kerasa banget, novel ini ngangkat tema budaya sastra Sunda juga. novel ini bisa dibilang unik juga karena para penulisnya menggabungkan unsur sastra, teori menulis dan misteri. Misteri yg diangkat itu seperti yg ada di novel2 detektif. Novel ini boleh dibilang novel yg mencerdaskan meskipun agak bisa membuat bosan di beberapa bab tpi gak menghilangkan taste novel ini yg worth to read.

    2. rekomendasi buku terbitan haru
    - You Are The Apple Of My Eye
    yah, buku ini emang gak akan bikin kita mikir dan penasaran banget kayak pas baca Girls in The Dark (jelas dong, genrenya aja beda wkwk :p ) tapi buku ini bisa bikin senyam-senyum kalo inget cinta pertama pas masih skolah dulu hehehe, tapi endingnya gak nyangka bgt dan membuat rasa sesak timbul di dada~

    -Wishing Her To Die
    sebenarnya aku belum baca buku ini sih, tapi udah penasaran bgt krn judulnya gak biasa dan baca2 dari reviewer lain sepertinya worth to read :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya... novel pilihanku: The Chronicles of Audy 4R.
      wish me luck :)

      Delete
  35. Nama : Clara Lavinia
    Twitter : @claclairee
    Email : claire_loc@yahoo.com
    Pilihan buku : The Chronicles of Audy 4R
    Link share : https://mobile.twitter.com/claclairee/status/480916677559726080?p=v

    1. Emm,sejujurnya sejauh ini aku belum pernah membaca novel ber genre horror/thriller,tp ada beberapa judul yg sering ku lihat saat mw membeli buku scr online/gramed dan barusan saja aku membaca goodreads mengenai buku trsbt untuk memastikannya hehehe :D,berikut list rekomendasi ku :
    - Lost by Eve Shi
    - Serial Omen nya Lexie Xu
    - After School Horror by Nana R Praptini
    - 4 Tahun Tinggal Di Rumah Hantu by pijar88

    2. 2. Wishing Her To Die. Cerita di novel ini menceritakan tentang 1 tubuh yg di huni 2 jiwa dengan karakteristik yg berbeda sekali. Yoo Jae-hee yg memiliki kehidupan yg tidak sempurna,menetap di tubuh Lee Min-ah yang memiliki kehidupan yang sempurna dan kaya.

    ReplyDelete
  36. Nama : lita
    Twitter : @Litaa_FAN
    Email : yangchen85@yahoo.com
    Jawaban :
    1.- Aku tahu kamu hantu - eve shi
    - Lost - eve shi
    - After school horror - Nana R. Praptini
    2. you are the apple of my eye.. kisah sma yg bikin pengen balik lagi mengulang .. dgn kisah romantis nya

    pilihanku : the chronicle of audy 4r

    ReplyDelete
  37. Nama : Linda Setyo Wulandari
    Twitter : @lindasw1595
    Email : linda.sw1595@gmail.com
    Jawaban :
    1.Novel horor/thriller ini yang aku baca banyakan yang novel terjemahan. Tapi ada 1 novel yang aku suka "The Saman" karya Orizuka itu juga ada filmnya. Novel ini genrenya horor+thriller. Aku gak kasi sinopsis biar penasaran intinya novel ini itu punya alur cerita yang gak terduga sebelumnya + bikin deg degan pastinya.

    2. Banyak ya buku dari penerbit Haru yang belum di baca ya, aku rekomendasikan 2 novel nih . Cheeky Romance (karya Author Korea), sama Oppa & I The Series (Diangkat dari Novel Online Populer di Korean Updates, ada poling karakter juga seru aku dulu sempat ikut fote hehe :D).

    Dicoba ya kak Inge ... ^^

    ReplyDelete
  38. Nama : illene cornelia
    buku yg dipilih : The Chronicles of Audy 4R
    Twitter : @kisaragi_nyann
    Email : mizunoazusa@yahoo.com
    Jawaban :
    1. abatoar - kisahhorror
    linimasa - kisahhorror
    hantu - urbanlejen
    4 tahun tinggal di rumah hantu - pijar88
    danur - risa saraswati

    2. The After-Dinner Mysteries, dan Wishing Her To Die

    ReplyDelete
  39. Nama : Muhammad Nikmal Abdullah Mahfud Lubis
    Twitter : @_nikmal
    Email : mnikmala@gmail.com
    Jawaban :
    1. Nightmare Side 1-3, After School Horor, My Crepy Diary, dan Horor Kota Dunia
    2. Karya Fei yang berjudul Bi! itu rekomendasi banget lo!

    ReplyDelete
  40. Nama : Windy Agustin
    Twitter : @windyagustin8
    Email : windyagustin8@gmail.com
    Jawaban :
    1. - Misteri Perawan Kubur-Abdullah Harahap
    - Misteri Sebuah Peti Mati-Abdullah Harahap
    - Satin Merah-Brahmanto Anindito & Rie Yanti

    2. You Are The Apple Of My Eye

    Buku yang diinginkan : Always With Me

    ReplyDelete
  41. Nama: Agnes
    Twitter: @agnssaxu
    Email: Agnessa_ssi@yahoo.com
    dari dua buku diatas sebenarnya aku suka dua-duanya tapi lebih tertraik sama novel lokal satu ini kali yaitu : The Chronicles of Audy 4R karya Kak Orizuka. hahaha

    Jawaban:
    1. Rahasia Sunyi Karya Brahmanto Anindito (Gagas Media)
    Novel yang satu ini pas banget kalau diminta untuk rekomendasiin novel bergenre Thriller-Horror, novel ini pun BUKAN novel terjemahan, asli karya anak Indonesia :) sedikit sinopsinya ya kak yg aku dapat dari blog tetangga hehe "Cerita di novel ini berawal dari Lautan Angkasawan, seorang pegawai outsourcing yang tanpa sengaja menabrak mobil Lachlan Fowler, seorang ekspatriat sekaligus pengusaha novelties kaya raya asal Australia yang juga merupakan ayah dari mantan kekasihnya yang telah meninggal dunia, Kirey Fowler.
    Menurut analisa polisi, Kirey meninggal akibat kekurangan darah dalam kecelakaan saat berada di Kerinci. Lachlan Fowler tidak puas dengan keterangan versi polisi yang menyebutkan bahwa putrinya meninggal akibat kekurangan darah. Dia merasa ada sesuatu yang tersembunyi di balik kematian Kirey. Untuk itulah, berbekal scrapbook, MP3 Kirey dan laptop Acer Aspire 4741 milik Kirey, Lachlan akhirnya mengutus Lautan menyelidiki kronologi kematian Kirey yang sebenarnya ke Kerinci.
    Perjalanan Lautan ke Kepulauan Sumatra selama beberapa hari itulah yang lantas menyeretnya secara serius ke dalam serentetan peristiwa yang berhubungan dengan Kirey serta rahasia-rahasia gadis itu, mulai dari tokoh Randu, tokoh Roa yang seorang paranormal misterius hingga obsesi terpendam Lachlan yang membuat Lautan mempertaruhkan nyawanya." untuk lebih lanjut lihat saja diblog ini :
    http://dimensisunyi.blogspot.com/2013/11/di-balik-rahasia.html
    aku sebenarnya belum baca novel ini karena aku gak suka sama sesuatu yang berhubungan dengan horor dan sejenisnya, agak takut sih tapi pas aku lagi cariin kakak novel dengan genre horor aku baca-baca kenapa jadi ikutan tertarik ya, kata penulis blog itu novel ini juga bernuansa Indonesia banget.

    2. aku merekomendasikan The Last 2% Karya Kim Rang tarrrrrrrraaaaaaaaaaaa~ kenapa aku rekomendasiin novel ini karena novel yang satu ini keceeeeeeeeee abis hahaah, pertama kali aku lihat novel ini saja sudah tertarik, tertarik sama covernya maksudnya walaupun belum baca sinopsinya tapi udah tertarik banget gak tau kenapa ada suatu ikatan (cielahhhh) hahaha, jadi novel ini tuh bercerita tentang Eun Jeongha hahaha si ratu undian yang sedikit kasian kisah hidupnya walaupun keberuntungan selalu menyertainya tapi mungkin tidak untuk kisah cintanya yang tiba-tiba dihianati oleh Minsu pacarnya hahaha sampai akhirnya dia mendapatkan vocher gratis menginap dihotel Arizona, hotel berbintang lima loh dan bertemu dengan seorang pria kaya raya tampan pula bernama Seongwoo duh, jadi ngayal kapan punya cowok kayak Seongwoo. udah segitu aa ya sinopsinya hehehe, dijamin kalau baac novel ini tuh rasanya gak mau berenti buat pengin lagi pengin lagi untuk membacanya sampai akhir hahaha.

    ReplyDelete
  42. Nama : Rizky Novianti
    Twitter : @Miss_Angora
    Email : Rizkynovianti26@gmail.com
    Aku pilih The Chronicles of Audy 4R Kak Orizuka soalnya belakangan ini aku jatuh cinta klepek-klepek sama karyanya xD

    1. Lost by Eve Shi
    Kenapa? Soalnya aku merinding banget bacanya! Segala kejadian yang bikin bulu kuduk berdiri ditampilin dari awal, jadi gak numpuk di belakang. Kedua tokohnya juga aku suka, Maura yang mungil tapi strong girl dan Julian yang errr kaku, dingin dan bikin melted. Recommended banget deh!

    2. Cheeky Romance by Kim Eun Jeong
    Kim Eun Jeong berhasil bawa pembaca ngakak abis dengan kejadian-kejadian konyol di setiap halamannya! Menurutku, dibanding novel Haru lainnya, novel inilah yang paling 'ringan' karena genrenya comedy. Tapi jangan salah, ada romance juga diselipkan! Dari sinopsisnya aja udah bikin ngakak guling-guling kok! xD

    ReplyDelete
  43. Nama : Nurdiani Soffa
    Twitter : @feicloudsm
    Email : nurdiani.soffa@gmail.com

    Aku pilih novel Always With Me. Novel terjemahan favorit yang masuk wishlist aku. Tapi sampai sekarang, aku belum pernah baca. Miris. So, wish me luck to get this novel :) :) :)

    1. Rekomendasi buku genre horror
    - Novel "www.gombel.com" karya Wiwien Wintarto. Awalnya rada males baca buku ini. Soalnya tebel banget novelnya. Tapi pas baca lembar demi lembar. Sumpah keren banget! Alurnya itu asik dan mengalir, apalagi beliau menggunakan bahasa simpel yang biasanya digunakan sehari-hari. Penjabaran konfliknya juga bagus banget! Pokoknya teka-tekinya dapet banget deh! Kalau kakak baca novel ini dipastikan nggak akan jenuh dengan ketebalan novelnya. Kesan horrornya juga dapet banget! Rasa tegang, kasihan, seram, campur aduk pokoknya.
    - Novel "dua sisi susi" karya Donatus Nugraha dkk. Itu merupakan kumcer. Tapi setiap cerpen itu punya cerita yang khas banget. Ada yang sadis banget dan ada juga serem banget. Pokoknya perpaduan yang bagus. Banyak teman aku yang nggak berani baca novel ini. Dan itu malah bikin aku tambah penasaran. Tapi ternyata semua cerita cerpennya keren-keren. Dan nggak ada yang perlu ditakuti. Kakak mesti baca kumcer yang satu ini :D

    2.Rekomendasi novel Haru:
    - Semua series novel oppa & I karya Orizuka dan Lia. Ceritanya teenlit banget! Jadi gabungan antara cinta dengan pasangan serta cinta dengan keluarga. Di sini yang aku suka cerita antara saudara kembar cowok dan cewek yakni Jae In dan Jae Kwon yang masing-masing punya konflik dan masing-masing mengejar cintanya. Mereka berdua itu lucu banget! Kakaknya bertindak layaknya seorang kakak yang melindungi adiknya dan adiknya meski bersikap dingin, ia sebenarnya sangat menyayangi kakaknya yang menurutnya aneh karena suka joget-joget nggak jelas kalau lihat MV girlband Korea..wkwkwk.
    Gaya bahasanya juga santai dan mudah dipahami. Baca ceritanya ini dipastikan ketawa, sedih dan senyum-senyum sendiri. Seriusan loh kak, soalnya aku udah mengalaminya...hehe.

    ReplyDelete
  44. Nama: Dea Widyaastuti
    Twitter: @dea_widya834
    Email: deawidyaastuti@gmail.com
    Jawaban :
    1. Rekomendasi novel horror/thriller
    - Tetralogi Johan Series terdiri dari Obsesi, Pengurus MOS Harus Mati, Permainan Maut, dan Teror karya Lexie Xu
    2. Rekomendasi novel Haru
    karena aku belum pernah baca bukunya Haru jadi aku merekomendasikan novel People Lke Us sama Girls In The Dark, soalnya setelah baca reviewnya kayaknya dua novel ini keren banget, makanya aku ikut blog tour ini.

    ReplyDelete
  45. Nama : Aida FF
    Twitter : @aidafa29
    Email : aiformaningrum@gmail.com
    Jawaban :
    1. Satin Merah, Menjadi Selamanya, dan Tales In The Dark (ini kumcer sih ya. Tapi keren kok:D Biasanya jadi parno setelah baca, tapi tetap seru. Hehehe
    2. Wishing Her To Die dan You're The Apple Of My Eye:)) yang lain nggak terlalu direkomendasikan sih:D sukanya ya dua itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sampai ketinggalan. Harus milih ya, aku mau buku Audy 4R :D

      Delete