Sunday, January 11, 2015

Gone Girl

Pernah bertanya pada pasangan anda, apa yang dia pikirkan pertama kali tentang diri anda? Selama ini, walau mungkin kita tak pernah langsung bertanya, tetapi yang paling mungkin ada diimajinasi kita adalah kalau nggak tentang kita yang enak diajak bicara, atau paling klise karena penampilan kita atau paling busuk mungkin seperti karena harta kita.

Tapi, bagaimana jika seorang pria melihat seorang wanita dan yang pertama kali ia pikirkan adalah bentuk tengkorak kepalanya? Yup, tengkorak kepalanya… aneh, bin serem pastinya ya.

Dan itulah yang pertama kali dipikirkan Nick saat berkenalan dengan Amy, dalam buku Gone Girl. Kisah perkenalan yang akhirnya membawa mereka bersama dalam sebuah pernikahan. Pernikahan yang bahagia, sepertinya. Tapi apakah seperti itu?



Judul : Gone Girl
Penulis : Gillian Flynn
Penerjemah : Ariyantri Eddy Tarman
Penerbit : Gramedia
Tebal : 616 Halaman
ISBN : 978 602 03 1072 5
Bisa dibeli di : KoBu (TokoBuku By Scoop)

Hari itu adalah ulang tahun pernikahan Nick dan Amy yang kelima, dan ada kejutan yang harus diterima oleh Nick di hari itu. Amy menghilang.

Saat seorang istri menghilang dengan tiba-tiba mungkin banyak spekulasi yang menguar, tetapi yang paling banyak dipikirkan oleh orang adalah bahwa ia dibunuh. Dan sang tertuduh adalah suaminya sendiri.

Namun, benarkah Nick yang membunuh Amy?

Nick dan Amy memiliki kebiasaan rutin disetiap ulang tahun pernikahan mereka. Mereka melakukan perburuan harta karun, dimana Amy meninggalkan petunjuk demi petunjuk untuk Nick hingga akhirnya ia menemukan hadiahnya.

Dan petunjuk itu tetap ada, walau Amy sendiri hilang entah kemana.

Nick ditengah pencarian Amy, Nick juga melakukan perburuan harta karunnya sendiri. Awalnya petunjuk-petunjuk itu terlihat biasa, namun ternyata ada banyak hal tersembunyi dibalik semua petunjuk itu.

Petunjuk-petunjuk itu membuat terus bertanya, “benarkah Amy dibunuh? Benarkah Nick yang melakukannya?”

***

Sempat ingin menyerah dihalaman-halaman awal, ceritanya terasa begitu lambat. Sangat lambat. Cerita yang di bagi dalam 3 bagian dan disetiap bagiannya diceritakan dalam dua sudut pandang, Amy dan Nick.

Pada bagian pertama, “Si Anak Laki-Laki Kehilangan Si Anak Perempuan”, sudut padang Amy didapat dari buku hariannya saja. Dan dari semua cerita dalam buku harian itu menggambarkan tentang bagaimana pernikahan mereka selama 5 tahun.

Sampai dengan akhir bagian pertama semua petunjuk seakan ingin menunjukkan bahwa apa yang kita pikirkan tentang Amy, tentang Nick adalah benar. Namun, kejutan ternyata ada dibalik bagian ke dua.

Kejutan demi kejutan kemudian diberikan. Rasanya tak masuk akal penulis bisa menyampaikan cerita sedemikian rupa. Cerita yang gila, tokoh yang gila. :))

Perasaan seperti diombang-ambing oleh cerita ini, bosan kemudian dibuat penasaran setengah mati dengan apa yang sebenarnya terjadi.

4/5 Bintang untuk kejutan yang tak pernah habis. :D

Sinopsis :
Nick Dunne
Istriku menghilang. Tepat pada hari ulang tahun pernikahan kami yang kelima. Ketika pulang hari itu, aku mendapati sisa-sisa pergumulan di ruang duduk. Polisi mencurigaiku. Banyak kejanggalan muncul dari hasil penyelidikan. Parahnya, semua bukti mengarah kepadaku. Apa yang istriku lakukan terhadapku?

Amy Dunne
Dalam buku harian, aku menulis dia mungkin akan membunuhku. Kalau suatu hari aku ditemukan mati... yah, itu bukan lelucon yang lucu. Setahun belakangan aku sudah mempersiapkan diri. Agar suamiku tak macam-macam denganku.

Nick harus mengerahkan segala upaya untuk lepas dari penghukuman media dan publik, menghindar dari penjara dan bahkan hukuman mati. Menyelami isi kepala istrinya yang rumit dan perfeksionis, hanya itu satu-satunya cara.

1 comment: