Sunday, June 18, 2017

Nimona

Sesuatu yang unik, akan mendapat pandangan aneh jika berakibat tak baik pada sekitarnya. Namun tak menutup kemungkinan, beberapa orang yang tak dapat menerima keunikan atau bahkan perbedaan dengan orang lain langsung memberi cap aneh pada sesuatu yang unik tadi.

Mungkin cap aneh adalah sebuah awal, yang kemudian akan berujung pada pengucilan atau mungkin yang marak terjadi sekarang, pembullyan.

Mungkin itu yang awalnya terjadi pada Nimona.


Judul: NIMONA
Penulis: Noelle Stevenson
Penerjemah: Yudith Listiandri
Penerbit: Spring
Tebal: 272 halaman
ISBN: 978-602-60443-5-8

Sinopsis
Nimona adalah seorang pengubah bentuk muda yang bisa berubah menjadi apa saja. Bersama dengan Lord Blackheart, mereka ingin membuktikan bahwa Sir Ambrosius Goldenloin dan Institusi Penegakan Hukum dan Kekesatriaan bukanlah pahlawan yang mereka pikirkan.

Namun, saat rencana-rencana kecil mereka berubah menjadi sebuah pertarungan sengit, Blackheart menyadari bahwa kekuatan Nimona sangat tidak stabil dan misterius, sama seperti masa lalu gadis itu. Dia juga harus menerima bahwa keliaran Nimona mungkin lebih berbahaya daripada yang dia pikirkan.
***
Kisah berawal dari seorang gadis kecil yang "melamar" menjadi asisten dari Lord Blackheart. Dan ia akhirnya ikut serta dalam misi pertama yang kemudian seperti langsung menunjukkan seberapa berbahayanya Nimona. Karena bagi Blackheart dalam setiap misinya dia tidak ingin sampai memakan korban jiwa, dan itu berbeda dengan Nimona.

Misi dari Blackheart dari awal mungkin sudah jelas ya, ingin menunjukkan bahwa institusi yang telah mncampakkannya, juga Goldenlion, sahabatnya dulu bukanlah seorang pahlawan seperti yang dikira oleh masyarakat. Namun yang menarik adalah bagaimana misi demi misi yang dijalankan oleh Blackheart dan Nimona dalam membuktikannya.

Selain itu, juga ditunjukkan tentang bagaimana Blackheart dan Goldlion yang awalnya bersahabat menjadi saling bermusuhan, walau mungkin yang terlihat mereka seperti tak benar-benar bermusuhan. Satu sama lain masih saling melindungi.

Hingga akhirnya institusi berupaya untuk menghentikan Blackheart dan Nimona, yang akhirnya seperti menunjukkan sendiri bagaimana institusi itu sebenarnya dan awal mula Nimona menjadi si pengubah bentuk.
***
Suka dengan ceritanya, terlebih ini berbentuk komik dan buat saya yang jarang baca komik model begini ini bener-bener bikin penasaran dengan komik jenis serupa. Gambaran tentang Nimona, seorang gadis kecil yang entah di komik ini dan karakternya, yang seakan begitu labil dan sembrono. Juga Blackheart yang mungkin dari namanya dan penokohannya ia adalah penjahat, namun disetiap misinya ia selalu menjaga agar tak ada jatuh korban. 

Menarik tentang Goldlion dan institusi, mereka yang berada dalam satu misi namun ternyata Goldlion seakan hanya dimanfaatkan oleh institusi. Hal ini terlihat mungkin sejak pertengahan cerita. Apa yang dilakukan Goldlion seperti dianggap merugikan institusi.

Yang tak kalah menarik adalah cerita tentang Nimona, ketika ia akhirnya menunjukkan siapa sebenarnya dirinya. Nyentil banget lah komik ini. Dan suka dengan apa yang akhirnya dilakukan oleh Blackheart. Untuk Blackheart ini sungguhlah berlaku banget kalimat "apalah arti sebuah nama", hehe.

Kalau kamu pecinta komik, kamu musti baca komik ini. 4/5 bintang untuk Nimona dan Blackheart.


No comments:

Post a Comment