Saturday, June 16, 2012

Perkara Mengirim Senja




Judul : Perkara Mengirim Senja
Penulis :
Penerbit : Serambi
Tebal : 188 Halaman
ISBN : 9789790245020
Pertama kali tahu tentang buku ini dari twitter, saat salah satu penulisnya yang aku follow gencar banget ngepromosiinnya :) Setiap twit dia tentang buku ini, yang kemudian di kasih hastek #PerkaraMengirimSenja (kenapa nggak disingkat PMS yak, hehe), semakin buat penasaran buat pengen baca. Terlebih lagi dengan foto-foto bagian-bagian buku yang nantinya menjadi ilustrasi untuk setiap cerita... aaaaak... makin penasaran. :D

Buku ini merupakan buku kumpulan cerpen yang merupakan persembahan untuk salah satu penulis top Indonesia, bahkan Asia, yaitu Seno Gumira Ajidarma (SGA). Kenapa dipilih SGA? Pertanyaan ini akan menemukan jawabannya dalam buku Perkara Mengirim Senja bagian kata pengantarnya. :D

Pengen bahas semua kumcernya, tp ntar kebanyakan bakal spoiler *ngeles* jadi bahas beberapa judul yang aku suka yak ^^

1. Gadis Kembang (Valiant Budi Yogi)

Bercerita tentang suami Taya yang menjadi bahan pembicaraan orang karena berselingkuh dengan seorang gadis kembang, seorang gadis dengan tato bergambar kembang. Keren! Permainan jalan cerita membuat ada banyak efek kejut dalam cerita pendek ini. ^^ Ada kejutan saat akhirnya Taya menemui gadis yang dikatakan orang-orang tengah berselingkuh dengan suaminya, dan akan ada kejutan lebih saat di akhir cerita. :D

Oia ada pesan terselip dalam cerita ini yang aku tangkap yang memang begitu marak saat ini. Tentang lagu anak-anak yang ada sekarang yang tak seharusnya mereka nyanyikan.

Kalimat yang aku suka : Kasian memang sering kali menyakitkan.


2. Perkara Mengirim Senja (Jia Effendie)

Cerita dalam cerpen ini terbagi dalam beberapa sudut pandang. Dimulai dari seorang yang mendapati sebuah senja yang indah dan ingin memotongnya kemudian memasukkannya kedalam amplop. Tapi ada satu hal yang membuatnya bingung, pada siapa potongan senja itu akan ia kirimkan karena ia tak memiliki pacar.

Kemudian cerita beralih tentang seorang lelaki yang kesibukannya terganggu pada saat telepon genggamnya berbunyi disaat yang tidak tepat.Telpon itu berasal dari seorang yang menjual senja, lelaki itu mengira itu SPG. Lucunya yang awalnya ia menutup telepon karena seorang perempuan dihadapannya merasa mulai kesal, hingga akhirnya saat penjual senja itu menelpon kembali justru perempuan dihadapannya juga lah yang akhirnya tertarik untuk membeli senja yang ditawarkan.

Ada kejutan di akhir cerita ketika akhirnya penjual senja itu mengirimkan sepotong senja dalam sebuah amplop dan lelaki itu menemukan potongan senja itu tergeletak di keset depan rumahnya. ^^

Pemilihan kalimat-kalimat yang indah, tetapi entah kenapa agak sedikit nggak "ngeh" awalnya tentang cerita ini, baru ketika baca untuk kedua kalinya baru dech "dapet" gimana maksud cerita ini. :D

Kalimat yang aku suka : Karena ombak tak pernah berencana menetap di pantai, ia selalu bergulung ke lautan.

3. Selepas Membaca Sebuah Pertanyaan untuk Cinta, Alina Menulis Dua Cerita Pendek Sambil Membayangkan Lelaki Bajingan yang Baru Meninggalkannya. (M. Aan Mansyur)

Judulnya yang panjang cukup membuat penasaran, dan memang pada bagian ini ada dua judul yang ditulis oleh M. Aan Mansyur.

- Celana Dalam Rahasia Terbuat dari Besi
Tentang seorang bernama Rahasia yang menikah dengan seorang lelaki cerdas namun kolot, Tiran, seorang wartawan. Hal yang unik tentang Rahasia yaitu ia memegang teguh pesan ayahnya. "Diam dan diamlah di depan suamimu!"
Selain Rahasia begitu unik, keunikan juga ada dalam kehidupan berumah tangganya, yaitu ketika Tiran mengharuskan ia memakai celana dalam yang terbuat dari besi dan tergembok. Diceritakan bagaimana rutinitasnya sebelum suaminya pergi dan mengunci gembok celana dalamnya, kuncinya dibawa oleh sang suami.
Rahasia yang benar-benar memegang teguh perkataan sang ayah, hanya tersenyum dan diam tentang keharusannya memakai celana dalam besi yang tergembok, juga walau ia mengetahui suaminya berselingkuh dan semua kebohongan Tiran.
Hingga akhirnya Tiran menceritakan keinginannya membuat artikel tentang bagaimana menghindari adanya perselingkuhan dalam rumah tangga, yaitu dengan celana dalam yang terbuat dari besi dan tergembok. Senja menanggapi hanya dengan senyuman dan diam. Tapi ada kejutan dalam diam Rahasia kali ini! :)

Kalimat yang aku suka : Ada lebih banyak kata-kata dalam diam.

- Sehari Setelah Istrinya Dimakamkan

Bercerita tentang keadaan seorang suami yang begitu kehilangan istrinya yang telah meninggal. Ia mengenang bagaimana baiknya istrinya karena telah menerima apa adanya dirinya, dan bagaimana semua orang menyukai istrinya itu. Semua kenangan tentang istrinya itu terus bergelimangan saat ia mengeluarkan satu persatu isi tas yang terakhir kali di pegang oleh istrinya.
Hal paling lucu dan mengejutkan terjadi saat ia mengeluarkan benda terakhir yang ada dalam tas istrinya!

4. Empat Manusia (Faizal Reza)
Sesuai dengan judulnya, cerpen satu ini terbagi menjadi empat bagian dengan empat sudut pandang. Entah karena dari cerpen-cerpen pertama temanya sudah bertebar dengan perselingkuhan jadinya cerita dalam cerpen ini seperti sudah tertebak. Tapi tetap menarik bagaimana penyajiannya dari ke empat sudut pandang yang berbeda itu. :)

Satu kalimat yang aku suka : Bukankah dalam cinta seringkali terjadi hal-hal diluar logika?

5. Senja dalm Pertemuan Hujan
Sempat dibuat bingung dengan cerita pendek satu ini. Isinya tetap perselingkuhan, tetapi permainan kata-katanya bikin puyeng, hehe... Ia dan Dia, tanpa nama, jadi harus jeli mana yang sosok perempuan mana yang laki-laki. Oia, sepertinya laki-laki ini selingkuhnya nggak cuman dengan satu orang dech. *masih nggak yakin juga*

Kalimat yang aku suka : Aku adalah potongan senja yang akan kau ambil untuk pacarmu. Tinggal seperempat. Tiga perempatnya telah hancur oleh hujan yang kau ciptakan.

6. Gadis Tak Bernama (Theoresia Rumthe)
Menjadi seorang yang bekerja sebagai peneliti senja tak mengantarkan gadis tak bernama ini juga memiliki hubungan yang romantis dengan kekasih-kekasihnya. Cerita tentang hubungannya mengawali cerpen ini, hingga akhirnya diceritakan tentang pekerjaannya dan bagaimana dia bisa begitu menyukai senja.
Sampai suatu saat, senja yang ia teliti telah terpotong, dan ia pun melakukan suatu tindakan penyelamatan dengan cara yang sama sekali tidak terduga.
Ini adalah cerpen yang paling aku suka, sedikit lebih panjang dibandingkan yang lainnya. Awalnya nggak sadar kalau yang menuliskannya adalah @perempuansore tapi begitu selesai dan lihat penulis yang tertera dan cek ke bagian tentang penulis di bagian belakang buku, dan yup... memang @perempuansore penulisnya. Gak kaget sie, karena memang suka dengan tulisan-tulisan di blognya. :)

*Tiga Bintang dari Lima Bintang*

Kenapa cuman tiga? Karena beberapa cerpen membuat sedikit kebingungan :p kadang seperti harusnya agak lebih panjang nih, kok rasanya ceritanya dimampat-mampatkan. Selain itu kurang keterangan ini inspirasinya dari karya SGA yang manaaaa >,<

Tapi yang juara adalah ilustrasinya, paling suka bagian Empat Manusia ^^

1 comment:

  1. Sepetinya buku bagus banget... saya tertarik tentang celana dalam dari besi... kayak apa sih... ?

    ReplyDelete