Monday, February 26, 2018

Double A

Apa jadinya jika sahabatmu memintamu menjadi pacar bohong-bohongan dari pacarnya? Apa jadinya jika sahabatmu memintamu menutupi bahwa ia telah selingkuh? Apa salah jika menuruti permintaan salah itu hanya karena ingin membantu sahabat dan melihatnya bahagia, dan tak ingin kehilangan seorang sahabat? Tapi, pertanyaan lainnya, sampai kapan?

Hal itu mungkin yang dirasaka oleh Anna, sebagai sahabat dari Tiara, dalam buku Double A.


Judul : Double A
Penulis : Iolana Ivanka
Penerbit : Inari
Tebal : 328 Halaman
ISBN : 9786026682109
Sinopsis

Anna terjebak di tengah-tengah saat berita tentang Tiara, sahabatnya, sedang pacaran tersebar di seantero sekolah. Anna diminta oleh Tiara pura-pura pacaran dengan Adrian, pacarnya. Alasannya, karena Bu Rahma - ibu Tiara sekaligus guru di sekolah mereka - melarang pacaran.

Meski enggan, akhirnya Anna menyanggupi meskipun dia menilai Adrian itu bukan cowok baik-baik. Baru mengiakan, Anna sendiri ketimpa musibah.

Karena pekerjaan, ayah Anna diharuskan pindah ke kota lain sehingga Anna dititipkan ke sahabat ayahnya. Sialnya, anak dari sahabat ayahnya adalah Adrian.

Anna dan Adrian akan tinggal serumah!

Ini petaka!
***
Buku ini mungkin tergolong buku teenlit ya, dengan tokoh utama yang masih duduk di bangku sekolah. Satu hal yang saya suka dari buku ini adalah konflik yang dihadirkan memang khas konflik anak sekolahan pada umumnya. Kisah persahabatan antara Anna dan Tiara, walau ya terkesan timpang dalam persahabatan itu. Dari awal entah mengapa terkesan sekali Tiara memanfaatkan Anna.

Saya rasa penulis benar-benar bisa menghadirkan tokoh antagonis dalam diri Tiara. Benar-benar bisa membuat saya ikut jengkel pada sosok Tiara. Tokoh cowoknya pun yang dihadirkan bukan lah yang too good to be true. 

Hanya saja yang cukup membuat saya gak habis pikir tentang klub jurnalistik, walaupun benar sekolah seakan tidak memiliki wewenang karena kegiatan itu tidak dalam naungan sekolah tetapi seakan sekolah lepas tangan begitu saja. Sedang di awal digambarkan bahwa pihak sekolah juga memantau klub tersebut.

Lalu tentang hubungan Tiara - Adrian - Anna, saya suka dengan perkembangan konflik dan kedekatan masing-masing mereka yang bisa dihadirkan mengalir oleh penulisnya.

Selain itu, kisah tentang keluarga dan kedekatan dengan orang tua melengkapi cerita dalam novel ini. Tentang mimpi dan cita-cita, tentang harapan dan motivasi benar-benar banyak hal dihadirkan secara tak langsung oleh penulisnya. 

3,5 ⭐️⭐️⭐️⭐️

No comments:

Post a Comment