Tuesday, January 28, 2014

Fabel : Si Buaya Raksasa



--- Posting Bareng BBI 2014 ---
Januari 2014
Tema : Fabel




Judul : The Enormous Crocodile (Si Buaya Raksasa)
Penulis : Roald Dahl
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Penerbit : Gramedia
Tebal : 64 Halaman
ISBN : 978 979 22 2127 5


Sinopsis :

"Aku takkan kenyang kalau belum makan setidaknya tiga anak kecil"

Si Buaya Raksasa makhluk paling rakus di hutan dan ia suka sekali makan anak-anak! Ia juga senang membual dan menganggap dirinya sangat pintar karena punya banyak rencana rahasia dan taktik cerdik. Tapi sebetulnya ia tidaklah sepintar binatang-binatang lain. Mereka berencana menghancurka rencana busuknya dan memberinya pelajaran yang takkan bisa dilupakannya.

***

Cerita tentang seekor buaya raksasa yang sangat suka memakan anak kecil. Buaya ini bisa dikatakan memiliki banyak akal licik demi mendapatkan keinginannya, selain itu dia juga cukup sombong.<br />Suatu hari ia meninggalkan sungai hendak melakukan rencana cerdik (menurut)nya untuk memakan bukan hanya satu orang anak tetapi tiga orang anak. Ia mulai sesumbar pada semua hewan yang ia temui.

Namun, apakah rencanyanya dapat berjalan lancar?

Buaya itu memang cerdik, namun ia tidak lebih cerdik daripada hewan lainnya.

~.~

Hal menarik dari buku ini adalah, aku bacanya bareng Ziandra. Walau buku ini sudah lumayan lama aku miliki dan sudah pernah aku baca, tetapi belum pernah aku tunjukkan pada Ziandra. Hingga kemarin, saat
akhirnya aku ambil buku ini dari boxsetnya. Karena saat itu aku sedang membaca buku lain (aku tipe yang tidak bisa membaca buku lebih dari 1 secara bergantian. :D ) dan hampir selesai jadi buku ini aku siapkan di rak bagian bawah, supaya tidak lupa dan akhirnya harus menunda lagi membacanya.

Ziandra mungkin awalnya tertarik dari warna sampulnya yang kuning ngejreeeeng. Akhirnya dia ambillah buku itu, dan mulai buka-buka sambil duduk santai. Rupanya dia suka!!



Setelah buka dari awal sampai akhir, dia akhirnya datengin aku, seperti buku miliknya yang lain dia minta aku
menceritakan. Walau tentu saja nggak mau lama-lama berdiam disatu halaman. Selama ini memang buku miliknya di satu halaman hanya ada keterangan gambar singkat.

Jadilah aku minta dulu bukunya, aku bilang sini ibu’ baca sebentar nanti ibu’ cerita ke mas. Dan akhirnya aku baca buku itu kilat sekitar 5 menit doank! Itupun karena aku pernah baca sebelumnya, jadi untuk mengerti
bagaimana ceritanya lebih mudah. :)

Bukunya cukup menarik buatku juga Ziandra, terlebih ilustrasinya. Ziandra suka karena menampilkan lumayan banyak hewan. Saat menceritakan pada Ziandra yang masih 2thn3bln tentu aku nggak mengajar dia
membaca tapi di buku ini aku bisa tau kalau dia sudah bisa membedakan besar-kecil, nama-nama hewan yang ada, menghitung (dari jumlah anak yang ada).

Dan Ziandra suka dengan endingnya… dan selalu teriak duar!! :))

Untuk anak seumur Ziandra mungkin belum terlalu mengerti tentang tidak boleh sombong, tidak boleh berniat buruk, tentang saling melindungi… tetapi banyak hal lain yang bisa diajarkan.

3/5 Bintang



4 comments:

  1. belom baca ini juga. ini ga ada kata-kata kasarnya ya mbak? coz di buku lainnya ada kata2 kasar yang kurang cocok buat anak kecil yang dah paham baca

    ReplyDelete
  2. kata-kata kasar gmn maksudnya? ada beberapa kata seperti "buaya busuk" gitu masuk kasar nggak? kalo buku ini cocok sih buat anak kecil yg sudah bisa dan paham baca tapi tetap harus dengan pendampingan orang tua.

    ReplyDelete
  3. wuih...unyu banget posisi Ziandra! ;) #SalahFokus

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/30/review-the-frog-princess/

    ReplyDelete
  4. bahahha. aku suka buku ini jugaa, ilustrasinya berwarna dan tipis. *dikeplak

    ReplyDelete