Tuesday, January 28, 2014

Menunggu


Judul : Menunggu
Penulis : Dahlian & Robin Wijaya
Penerbit : GagasMedia
Tebal : 304 Halaman
ISBN : 978 979 780 590 6

Sinopsis :

Aku sedang merindukanmu, apakah kau tahu itu? Saat bulan penuh di atas kepala, aku menggantungkan doa untukmu di antara bintang-bintang. Semoga suatu saat hatimu akan menoleh kepadaku, menyadari bahwa akulah akhir dari penantianmu.

Aku ingin memelukmu, meraihmu, dan menyembunyikanmu dalam dekapanku. Aku tak akan melepasmu pergi, aku janjikan itu padamu. Dan kesabaranku kian menipis seperti batu yang terus menerus digerus air. Aku sudah menunggu terlalu lama, nyerinya semakin lama kian terasa nyata.

Aku mencintaimu... karenanya aku selalu merindukanmu. Namun, seperti pertanyaan yang kubisikkan pada rembulan malam itu : apakah kau juga sedang merindukanku?

***

Dua cerita yang saling lepas, tetapi memiliki satu kesamaan yaitu tentang waktu yang diperlukan untuk mengungkapkan cinta yang cukup lama, walau ya… dengan alasannya masing-masing.

Dahlian, bercerita tentang Risa dan Aby. Risa dan Aby ini saling mengenal karena Dhani, yang merupakan kakak Risa dan sahabat Aby. Lucunya mereka saling menjauh hanya karena kesalah pahaman yang bisa dikatakan sepele. Mereka saling mencintai, tetapi Risa yang dari awal mengenal Aby sudah suka walau perbedaan umur mereka lumayan jauh dan waktu itu Risa bisa dikatakan masih anak-anak. Aby, yang awalnya baik pada Risa tiba-tiba bersikap dingin karena ia merasa suka pada adik sahabatnya itu, dan merasa bahwa rasa yang dimilikinya terlarang.

Robin Wijaya, mengangkat cerita sahabat jadi cinta antara Lenka dan Gantar. Mereka sudah bersama sejak duduk dibangku kuliah. Hingga akhirnya ketika mereka lulus, mereka berpisah karena Lenka kembali ke Jakarta sedang Gantar kembali ke Semarang. Mereka berpisah tanpa sempat mengungkapkan rasa cinta yang mereka miliki. Hubungan mereka sempat terputus sejak Lenka tiba-tiba tidak dapat dihubungi. Selang 5 tahun kemudian mereka akhirnya bertemu kembali, dan Gantar bertekad untuk mengungkapkan cintanya pada Lenka.

~.~

Cerita Dahlian dari beberapa bukunya yang sudah aku baca bisa dibilang masih setipe. Lumayan jengah dengan apa yang dilakukan Risa untuk menarik perhatian Aby, walau beberapa cara yang ia lakukan bisa dikatakan wajar. Tetapi ketika akhirnya ia merubah penampilannya untuk menarik perhatian Aby, duh. Terlebih Risa sudah lulus kuliah, kenapa kok pemikiran untuk memikat Aby justru dari segi penampilan?

Suka dengan karakter Aby, walau memang awalnya terlihat picik sih. Memberikan pilihan pada dirinya sendiri antara sahabat atau cinta, walau ternyata ia salah paham atas ucapan Dhani.

Kemudian tentang endingnya, menurutku sedikit kecepetan kali ya. Mungkin karena ini sebuah novella jadi nggak sedikit terbatas jatah halamannya. :p

Sedang untuk kisah Lenka dan Gantar, cukup menarik walau tema sahabat jadi cinta sudah begitu jamak. Robin mampu memberi sentuhan tersendiri untuk ceritanya. Sedikit aneh menurutku saat Gantar begitu yakin bahwa Lenka akan menerimanya, sedangkan ada jeda beberapa tahun sejak mereka berpisah. Seakan tidak berpikir bahwa apa mungkin dalam 5 tahun masing-masing dari mereka masih sendiri. Suka dengan ending yang lumayan nggak tertebak, dan membuat cerita ini lebih tampak nyata.


3,5 (3 di GR) / 5 Bintang untuk perjuangan Risa & Aby juga Lenka & Gantar.

2 comments:

  1. Robin wijaya yang baru ini ngeluarin versus bukan ya, Nge? duh nama tokohnya Dahlian.. *jadi inget dahlia buku biru

    ReplyDelete
  2. Yup bener Versus buku barunya Robin. Eh aku belum baca buku biru... buku yg pernah rame gegara blog penulisnya itu kah?

    ReplyDelete