Wednesday, February 12, 2014

Confeito


Bintang Judul : Confeito
Penulis : Windhy Puspitadewi
Penerbit : Gramedia
Tebal : 195 Halaman
Sinopsis :

Lima orang beda karakter sobatan. Hana, cewek cuek dan pelupa yang bercita-cita jadi penulis. Ridwan, siplayboy yang cakep dan tajir. Seta, kutu buku pendiam yang menganggap nilai ujian segala-galanya. Leo, si bijak tempat curhat teman-temannya. Angga, cowok jayus spesies Manusia Bodoh (ngikuti istilah Ada Band).

Katanya nih, sahabat itu kan bikin benar-benar bisa jadi diri kita sendiri, nggak perlu ada yang ditutup-tutupi. Tapi apa iya, sahabat masih mau menerima kita saat kita benar-benar membuka semua kelemahan kita?
Hubungan kelima orang ini terjalin seperti sestoples confeito, gula-gula aneka warna yang bentuknya seperti bintang kecil. Ada kalanya mereka merasakan manisnya persahabatan, tapi tak jarang juga menghadapi benturan dan gesekan seperti yang terjadi saat confeito-confeito itu dijejalkan ke dalam satu stoples.

***
Confeito buku yang akhirnya aku baca lagi, re-read, setelah aku baca Incognito. Bukan karena penasaran, karena toh sudah pernah baca, tetapi lebih ke ingin mengingat kembali.

Jadi sebagai saran, memang sebaiknya membaca buku ini lebih dulu baru baca Incognito. Bukan karena kedua buku itu berhubungan, tetapi lebih kememinimalisir kekecewaan. :D Karena buat aku buku Incognito lebih baik daripada buku ini.

Kali ini tulisan Windhy seperti halnyaIncognito masih menghadirkan banyak kutipan dari buku, novel maupun komik. Kali ini sepertinya lebih banyak buku sastra. Dan karena hal ini juga jadi pengen baca lagi buku Windhy yang lain. :D

Buku ini berkisah tentang persahabatan, 5 orang yang sudah pasti memiliki banyak perbedaan, tetapi sebagaimana layaknya sahabat mereka mampu menerima pribadi masing-masing dan saling melengkapi. Di ceritakan bagaimana mereka menerima berbagai kekurangan dan kelebihan masing-masing, walau tentunya juga diselipkan bahwa walau mereka sudah seperti keluarga tetapi tetap ada hal-hal yang menjadi privasi satu sama lain. Dan mereka menjaga itu.

Di ceritakan menggunakan sudut pandang orang pertama dari masing-masing tokoh, menariknya karena tokoh utamanya ya kelima orang itu dan jadi tidak ada kejomplangan porsi cerita antara yang satu dengan yang lain. Semuanya dikemas pass.

Endingnya dibuat menggantung, dan jadi bertanya-tanya setelah sekiaaaaan lama sejak pertama kali buku ini terbit (2005) apakah Windhy akan membuat lanjutannya. :D #ngarep

3/5 Bintang untuk persahabatan yang indah.


1 comment:

  1. waah, penasaran. aku udah lama ga beli teenlit terbitan baru, hehe. paling baca edisi lama :D nyari ah, makasih mba inge :D

    ReplyDelete